Cara Membuat Cairan Disinfektan Yang Aman Di Rumah Ala dr. Nahla Shihab

Daftar Isi [Tampil]
Ditengah wabah virus corona ini masyarakat dianjurkan untuk membuat perlindungan diri serta pencegahan agar tidak tertular oleh virus yang sangat berbahaya ini. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menjaga kebersihan lingkungan yang dianggap sering menjadi akses penghuni rumah dan orang lain dengan menyemprotkan cairan disinfektan.

Cara Membuat Cairan Disinfektan Yang Aman Di Rumah


Dibeberapa kota besar memang sedang lagi marak melakukan penyemprotan cairan ini, namun bagaimana dengan daerah yang tidak bisa dijangkau tentunya anda harus membuatnya sendiri. Sebelumnya ramai masyarakat membuat handsanitizer sendiri sekarang anda juga bisa membuat cairan disinfektan sendiri di rumah.

Tentunya anda harus memahami terlebih dahulu cara membuatnya, sekarang banyak sekali bahan yang bisa digunakan untuk membuat cairan disinfektan salah satunya pemutih pakaian yang pupuler yaitu bayclin. Memang bisa membuat dari bahan pemutih pakaian tersebut?

Menurut Dr. Joddy Arya Laksmono peneliti dari LIPI (lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) cairan diisnfektan memang bisa dibuat dari bayclin, hal ini berdasarkan anjuran dari badan kesehatan dunia WHO dimana pada produk pemutih pakaian itu mengandung bahan etanol dan hipoklorit (pemutih) dengan konsentrasi 5 % dimana bahan ini sangat efektif untuk membunuh bakteri, jamur dan virus.

Apakah Aman Menggunakan Bayclin?


Tentunya ini yang harus menjadi pertanyaan sebelum menggunakan bahan bahan untuk membuat cairan disinfektan, bahan yang digunakan harus aman. Tentunya bayclin ini aman karena ini adalah produk yang biasa digunakan ibu rumah tangga untuk memutihkan pakaian. Memang baunya sangat menyengat namun hindari saja terkena anggota tubuh yang mudah iritasi seperti mata dan mulut.

Cara Membuat Cairan Disinfektan



Karena kita sudah memahami tentang bahan yang kita akan gunakan maka selanjutnya kita tinggal membuat, tapi tunggul dulu ya, jangan asal membuat karena kita harus memperhatikan takarannya sesuai standar yang dianjurkan para ahli kesehatan. Dalam membuat cairan diinfektan ini kita akan mengikuti cara yang dibagikan oleh adik kandung jurnalis ternama Najwa Shihab yaitu dr. Nahla Shihab, berikut caranya :

  1. Masukkan 905 ml air ke dalam botol semprot;
  2. Tambahkan 95 ml Bayclin supaya kedua elemen tercampur;
  3. Selesai, kamu kini memiliki cairan disinfektan sendiri berisi 1000 ml.


Gimana mudah bukan ?, tentunya jika anda ingin membuat dalam jumlah besar tinggal membuat perbandingannya sendiri sesuai diatas atau para ahli kesehatan mengatakan perbandingannya adalah 1 : 100. Jangan menambahkan bahan lainnya ke dalam cairan yang sudah dibuat, setelah jadi hindarkan cairan dari panas dan penguapan. Sebelumnya  cek keaslian produk bayclin yang akan anda gunakan karena biasanya dalam kondiri darurat ini banyak oknum yang tidak bertanggung jawab memanfaatkan situasi.

Baca Juga :