Tidak Usah Beli ! Begini Cara Membuat Hand Sanitizer Di Rumah Dengan Bahan Sederhana

Sejak mewabahnya virus corona di Indonesia hand sanitizer merupakan produk yang paling banyak diburu orang. Saat ini produk ini menjadi langka dan sangat sulit menemukan, walaupun ada mungkin harganya sudah tidak semurah dulu lagi. Nah dari pada anda pusing dan bingung mendapatkannya lebih baik anda membuatnya sendiri dirumah dari bahan bahan sederhana. Cara membuatnya sangat mudah, andapun pasti bisa membuatnya.

Cara Membuat Hand Sanitizer Di Rumah Dengan Bahan Sederhana

Manfaat Hand Sanitizer


Apa sih manfaat dari hand sanitiser kenapa begitu laris ditengah mewabahnya virus, fungsi atau manfaat dari hand sanitizer adalah untuk membersihkan virus atau kuman yang menempel di tangan kita. Walaupun dianjurkan untuk mencuci tangan dengan sabun, namun banyak juga yang memilih Hand Sanitizer karena menurut sebagian orang lebih mudah dibawah kemana mana dan dipercaya lebih ampuh membunuh virus.

Hand Sanitizer tidak dibuat begitu saja hanya dengan mencampurkan bahan bahannya saja apalagi jika anda bukanlah seorang ahli medis jadi membuatnya harus standar yang ditetapkan karena jika kurang bisa saja tidak akan bisa digunakan untuk membunuh kuman atau virus. Menurut standar WHO sebagai induk organisasi kesehatan dunia merekomendasikan 2 bahan yang bisa digunakan.

Formula 1 


Ethanol 96%: 8,333 ml
Hidrogen Peroksida 3%: 417 ml
Gliserin 98%: 145 ml
1 liter air suling steril (distiled water), bisa didapat dengan merebus air dan mendinginkannya

Formula 2 


Isopropil alkohol 99,8%: 7515 ml
Gliserin 98%: 145 ml
Hidrogen peroksida 3%: 417 ml
1 liter air suling steril (distiled water).

Untuk membuatnya tinggal anda campurkan bahan bahan tersebut dalam jerigin, lalu bagaimana jika anda sulit mendapatkan bahan bahan diatas maka bisa menggunakan bahan bahan sederhana yang mudah didapat yang tidak kalah ampuhnya dengan bahan standar WHO apa saja itu? simak ulasannya di bawah.

Cara Membuat Hand Sanitizer Sendiri Di Rumah Dengan Bahan Sederhana

Bahan-bahan :

  1. Alkohol 70% ( Bisa anda beli di apotik)
  2. Aloe vera gel ( Bisa dibeli di toko kosmetik atau kecantikan )
  3. Essential oil ( Bisa beli di toko bayi atau toko kecantikan )
  4. Gelas takar
  5. Pengaduk (sendok)
  6. Botol spray

Langkah-langkah:

  1. Tuangkan alkohol 70 % dan aloe vera gel kedalam gelas takar. Berapa banyak? Komposisinya adalah 1 Aloevera :3 Alkohol. (Apabila menggunakan 100 ml alkohol 70% berarti menggunakan 30,3 ml aloevera gel).
  2. Aduk kedua bahan tersebut di dalam gelas takar selama 15 hingga 20 menit.
  3. Setelah bahan tercampur dengan baik, teteskan 15 tetes essential oil. Essential oil digunakan untuk menjadikan cairan hand sanitizer wangi.
  4. Tuang ke dalam botol spray.

Demikianlah cara membuat hand sanitizer dengan bahan sederhana, semoga artikel ini bisa membantu anda membuatnya jadi sudah tidak perlu beli lagi. Apakah ini ampuh untuk membasmi kuman dan virus?, ya tentunya untuk melihat keampuhannya harus melalui uji laboraturium namun dari bahan alkohol 70 % saja sudah sangat efektif untuk membunuh virus dan kuman yang ada ditangan.
LihatTutupKomentar
Cancel