Lockdown Ternyata Anjuran Rasulullah SAW Saat Menghadapi Wabah Penyakit

Kata lockdown menjadi populer sejak mewabahnya virus corona (Covid-19) di berbagai belahan dunia, banyak negara yang menerapkannya sebagai strategi untuk mengatasi penyebaran virus corona ini. Apa sih lockdown itu ? lockdown merupakan istilah dari bahasa Ingris yang artinya mengunci, bisa diartikan sebagai penguncian suatu daerah atau lebih dikenal dengan isolasi artinya orang yang dari luar tidak boleh masuk dan orang yang berada di dalam daerah itu tidak boleh keluar. Hal ini dilakukan agar wabah penyakit tersebut tidak semakin menyebar kemana mana.

Lockdown Ternyata Anjuran Rasulullah SAW Saat Menghadapi Wabah Penyakit


Ternyata lockdown ini adalah anjuran Rasulullah saat menghadapi wabah penyakit. Strategi ini pernah diterapkan Rasulullah saat terjadi wabah penyakit Ta'un sebagaimana yang terdapat dalam hadist :

إِذَا سَمِعْتُمْ بِالطَّاعُونِ بِأَرْضٍ فَلاَ تَدْخُلُوهَا، وَإِذَا وَقَعَ بِأَرْضٍ وَأَنْتُمْ بِهَا فَلاَ تَخْرُجُوا مِنْهَا

Artinya: “Jika kamu mendengar wabah di suatu wilayah, maka janganlah kalian memasukinya. Tapi jika terjadi wabah di tempat kamu berada, maka jangan tinggalkan tempat itu.” (HR. Bukhari).

Umar Bin Khattap sebagai penerus ke khalifaan Islam juga menerapkan hal yang sama dengan Rasulullah SAW saat mendengar adanya wabah penyakit yang terjadi di Syam saat ingin berkunjungan ke wilayah tersebut, dan Umarpun tidak melanjutkan perjalannya dan memilih kembali guna menghidari penyebaran wabah pernyakit yang terjadi di wilayah tersebut.

Negara China sebagai negara munculnya virus ini telah menerapkan lockdown pada wilayah Wuhan sejak mengganasnya virus corona pada bulan Januari lalu.  Semua transportasi publik  berhenti beroprasi, bandara juga ditutup kecuali untuk mengevakuasi warga asing, akses keluar masuk kota wuhan di tutup. Alhasil Wuhan sudah mulai berangsur pulih, walaupun aturan lockdown masih berlaku hingga kini namun aturan sudah mulai dilonggarkan seiring dengan menurunya kasus infeksi baru corona disana.

Kesuksesan China menerapkan stategi lockdown kini sudah banyak ditiru dan diterapkan di banyak negara yang juga terpapar virus Corona seperti Manila, Malaysia, Italia, Prancis, Arab Saudi dan negara negara lainnya, walaupun dalam penerapannya berbeda beda.

Walhasil ditarik secara kesimpulan bahwa lockdown merupakan langkah yang efektif untuk mengatasi wabah virus corona ini, sudah seyogyanya Indonesiapun harus menerapkan langkah yang sama. apa yang diajarkan Rasulullah 15 abad terbukti ampuh untuk mengetasi berbagai wabah penyakit yang ganas dan mematikan. Islam memang agama yang kaffah yang selalu memperhatikan segala kemaslahatan manusia dari mara bahaya. Wallahu'alam ...
LihatTutupKomentar
Cancel