Perlu Tau, Ini Suhu Tubuh Normal Pada Manusia Untuk Balita, Anak Dan Dewasa

Beberapa bulan belakangan ini mungkin kita sudah sangat akrab dengan sebutan virus yang cukup ganas yakni corona atau COVID-19. Menurut kawalcorona.com Saat ini di indonesia sudah tercatat 790 orang yang positif terinfeksi virus corona. Ada banyak upaya yang dilakukan guna untuk terhindar dari virus ini. Salah satu upaya yang dapat kita lakukan adalah dengan melakukan pengukuran suhu tubuh. Namun kita perlu tau berapa suhu normal pada manusia untuk balita, anak dan dewasa

Suhu Tubuh Normal Pada Manusia Untuk Balita, Anak Dan Dewasa


Sekalipun cara ini bukanlah sesuatu yang pasti untuk pencegahan terhadap virus corona, setidaknya dengan menggunakan termometer ini dapat mengetahui suhu tubuh dan merasa kita lebih scure. mengingat virus corona yang mempunyai gejala pada saat awal - awal virus ini merebak adalah dengan kenaikan suhu tubuh yang cukup tinggi, sehingga penggunaan thermo gun cukup efektif untuk menghindari virus ganas tersebut. Lantas berapa sebenarnya suhu normal tubuh manusia?

Cegah virus corona, suhu tubuh normal pada manusia untuk balita dan dewasa sangatlah  penting untuk diketahui. Suhu tubuh normal pada seseorang sebenarnya sangat bervariasi, tergantung pada beberapa faktor, seperti faktor usia, tingkat aktivitas dan jenis kelamin. Sedangkan pemeriksaan tubuh dapat dilakukan dibeberapa bagian tubuh seperti, ketiak, anus, dan mulut.

Suhu Tubuh Untuk Orang Dewasa


Suhu tubuh normal untuk orang dewasa biasanya berkisar antara 36.5 derajat sampai 37.5 derajat celcius. Sedangkan suhu tubuh yang mencapai 38.5 derajat celcius dapat dikategorikan demam. 39.5 derajat celcius kategori demam tinggi dan demam sangat tinggi saat suhu tubuh mencapai 41 derajat celcius. Sedangkan suhu tubuh rendah (hipotermia) jika suhu tubuh berada di bawah 35 derajat celcius. Kondisi seperti ini akan terjadi ketika seseorang terkena paparan cuaca dingin, seperti tidak memakai pakaian hangat ketika berda si tempat yang dingin, terjatuih ke dalam air yang sangat dingin, dan berada terlalu lama di tempat yang dingin.

Suhu Tubuh Untuk Anak


Normalnya, suhu tubuh pada anak yang berusia antara 3-10 tahun berkisar antara 35.5 - 37.5 derajat celcius. Sebenarnya perbedaan normal antara suhu tubuh anak dan orang dewasa cenderung sama.

Suhu Tubuh Balita


Terkadang suhu tubuh pada bayi memiliki rentang suhu tubuh yang lebih tinggi dibanding dengan suhu tubuh dewasa. Hal tersebut disebabkan karena bayi memiliki permukaan tubuh yang lebih luas jika dibandingkan dengan berat badannya. Secara metabolik tubuh mereka juga aktitif, sehingga menghasilkan panas. Namun, tubuh bayi tidak terlalu mengeluarkan keringat ketika panas atau demam, dan hal tersebut mengartikan bahwa tubuh mereka mempertahankan panas. Karena alasan tersebut mengapa tubuh bayi lebih sulit turun suhu panasnya ketika demam dibanding orang dewasa. Sedangkan suhu tubuh normal bagi bayi berkisar antara 36.6 - 37.2 derajat celcius.

Baca Juga : Cara Menurunkan Demam Anak Dengan Cepat Yang Terbukti Manjur Berdasarkan Pengalaman

Dalam kebanyakan kasus, memang demam bisa ditangani sendiri di rumah dengan melakukan berbagai upaya untuk menurunkan suhu panas tubuh. Namun jika menunujukkan beberapa tanda - tanda bahaya, seperti suhu tubuh bayi di atas 38.9 derajat celcius, suhu tubuh pada anak di atas 39.5 derajat celcius, demam disertai muntah, demam disertai kejang, dan demam tidak kunjung selama berhari - hari. Jika kedaan tersebut terjadi segera periksakan ke dokter, guna untuk menghindari sesuatu yang tidak diinginkan.

Memahami suhu tubuh sangatlah penting untuk mengetahui gejala - gejala akan terserangnya penyakit serius. Jadi, sediakanlah termometer di rumah anda sebagai langkah awal untuk mendeteksi suhu tubuh anda, apakah dalam keadaan normal atau tidak.
LihatTutupKomentar
Cancel