10 Hal Yang Bisa Membatalkan Puasa Ramadhan Yang Wajib Anda Ketahui

Daftar Isi [Tampil]
10 Hal Yang Bisa Membatalkan Puasa Ramadhan Yang Wajib Anda Ketahui - Puasa termasuk salah satu rukun islam, yang di dalamnya terdapat aturan - aturan yang harus dilakukan agar puasanya diterima. Sebagai orang islam yang diwajibkan untuk melaksanakan puasa, tentu harus paham akan aturan - aturan tersebut, salah satunya adalah hal - hal apa saja yang dapat membatalkan puasa.

10 Hal Yang Bisa Membatalkan Puasa Ramadhan Yang Wajib Anda Ketahui


Menahan lapar serta dahaga dari terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari bukanlah perkara yang mudah. Oleh sebab itu, jangan sampai hanya karena ketidak tahuan kita akan aturan yang ada dalam puasa membuat perjuangan kita menjadi sia - sia. 

Selain makan dan minum tentu masih banyak hal lain yang dapat membatalkan puasa walau kelihatannya sangat sepele. Dan mungkin masih banyak yang bertanya apa saja dapat memabatalkan puasa, seperti apakah menangis dapat membatalkan puasa.

Hal - hal yang dapat membatalkan puasa mungkin belum kita ketahui semunaya. Oleh sebab itu, kami di sini akan menjabarkan hal apa saja yang tidak boleh kita lakukan saat berpuasa. Berikut 10 hal yang dapat membatalkan puasa beserta penjelasannya yang dikutip dari beberapa sumber.

Inilah 10 Hal Yang Bisa Membatalkan Puasa Ramadhan


1. Muntah dengan disengaja


Pertama adalah muntah dengan disengaja, apa lagi jika muntahannya tertelan kembali. Namun, jika muntahan tersebut benar - benar tidak sengaja atau terjadi secara tiba - tiba, maka hukum puasanya sah, selagi muntahan tersebut tidak terlan kembali.

2. Mengalami Haid


Perempuan yang mengalami haid disaat ia melaksanakan puasa, wajib banginya untuk membatalkan puasanya. Sedangkan dalam hal ini puasa memiliki konsekuensi lain dengan sholat. Jika selama haid sholat yang ditinggal tidak diwajibkan untuk mengqhadaknya, namun lain halnya dengan puasa. Puasa yang ditinggalkan oleh perempuan haid saat bulan romadhan diwajibkan untuk menggantinya.

3. Gila Atau Hilang Akal


Orang gila dapat diartikan bahwa orang tersebut kehilangan akal sehatnya. Jika kondisi tersebut terjadi saat melaksanakan puasa, maka hukum puasanya dianggap batal. Dan orang gila tidak diwajibkan untuk berpuasa.

4. Berhubungan Suami Istri


Salah satu larangan di dalam berpuasa adalah menahan hawa nafsu. Melakukan hubungan suami istri di siang hari saat berpuasa dapat membatalkan puasa. Tidak hanya itu saja, mereka diwajibkan mengganti puasa serta membayar kifarat atau denda.

5. Mengobati Dengan Cara memasukkan Obat Ke Dalam Bagian Tubuh


Yang dimaksud di sini adalah jika memasukkan benda atau obat pada salah satu dari dua jalan yakni qubul dan dubur. Sebagai contoh orang yang sedang menderita ambeien atau orang yang sakit dengan memasang kateter urin. Maka kedua hal tersebut dapat menyebabkan batalnya puasa.

6. Memasukkan Sesuatu ke Dalam Lubang Tubuh Dengan Cara Disengaja


Jika anda memasukkan suatu benda atau jenis lainnya ke salah satu lubang yang berpangkal pada organ bagian dalam, seperti mulut, telingan, dan hidung maka puasanya tidak sah. Untuk itu, lebih berhati hatilah di dalam melaksanakan puasa, agar tindakan anda tidak mengganggu puasa yang sedang anda jalani.

Baca Juga : Jangan Lupa, Ini Waktu Berdoa Paling Mustajab Di Bulan Ramadhan

7. Murtad


Murtad atau mengingkari keesaan Allah tidak hanya dapat memabatalkan puasa saja, namun dapat menyebabkan seseorang keluar dari agama islam.

8. Pingsan


Sama halnya dengan gila, seseorang yang tiba - tiba pingsan di dalam melaksanakan ibadah puasa, maka puasa dihukumi tidak sah. Apalagi jika pingsan memakan waktu yang cukup lama, seperti sehari penuh.

9. Merokok


Sebagaiman yang telah kita ketahui di dalam berpuasa kita dilarang untuk memasukkan dan mengeluarkan apa pun pada tubuh kita. Meski rokok bukanlah sejenis makanan atau minuman, namun dengan merokok kita memasukkan sesuatu ke dalam tubuh kita. Dan juga rokok mempunyai rasa yang dapat dirasakan pada lidah.

10. Bekam


Bekam merupakan suatu metode pengobatan. Yang mana metode pengobatan tersebut akan mengeluarkan darah yang mengandung toksin dari tubuh manusia. Sedangkan di dalam bepuasa kita dilarang untuk mengeluarkan apa pun dari tubuh. Oleh sebab itu, pengobatan seperti ini tidak dianjurkan saat bepuasa, kecuali sudah tiba berbuka puasa.

Menurut imam syafi'i atau lebih dikenal dengan kata bijak dari beliau, bahwa kenyang itu akan membuat badan menjadi berat, mengereskan hati, menghilangkan kecerdasan, mengajak tidur dan melemahkan ibadah.

Dari kata mutiara tersebut, kita dapat menarik kesimpulan bahwa betapa besarnya hikmah dibalik puasa romadhan. Puasa tidak hanya menyehatkan kita secara fisik, namun dapat membuat kita untuk lebih bersemangat lagi dalam beribadah.

Demikianlah sederet hal - hal yang tidak boleh anda lakukan di dalam berpuasa, karena hanya akan membatalkan puasa. Semoga artikel ini dapat memperluas wawasan kita semua tentang puasa.

Baca Juga :