Hati Hati Jangan Lakukan 5 Hal Ini Karena Bisa Bikin Puasamu Sia Sia

Hati - hati jangan lakukan 5 hal ini karena bisa bikin puasamu sia - sia. Menjalankan ibadah puasa tidak hanya sebatas menahan lapar dan dahaga selama seharian, namun masih banyak hal yang harus diketahui agar puasa yang kita jalani tidak menjadi sia - sia.

Hati Hati Jangan Lakukan 5 Hal Ini Karena Bisa Bikin Puasamu Sia Sia


Bulan Ramadhan memanglah bulan yang istimewa, di dalamnya kita diwajibkan untuk melaksanakan puasa dan semua amal baik akan dilipatgandakan pahalanya. Akan tetapi, masih banyak kebiasaan buruk yang dapat mengurangi bahkan menghapus seluruh pahala kita.

Dalam melakukan suatu pekerjaan tentu kita harus memahami akan kelebihan pekerjaan tersebut, dan tindakan apa saja yang dapat merugikan yang bahkan membuat kita sia - sia dalam melakukannya. Sama halnya dengan melakukan puasa, kita harus benar - benar mengetahui bagaimana cara melakukan puasa dengan maksimal, dan perbuatan apa saja yang dapat menajadikannya sia - sia.

Menjadikan ibadah puasa seseorang sempurna karena perbuatan yang dilakukan merupakan suatu kewajiban yang harus kita lakukan. Sebaliknya, jika kita belum mengetahui hal apa saja yang membuat pahala kita batal atau sia - sia, sama saja dengan kita belum serius dalam melaksanakannya.

Banyak orang yang puasa hanya mendapatkan lapar dan dahaga saja. Hal tersebut disebabkan karena minimnya pengetahuan tentang aturan dalam berpuasa.

Oleh sebab itu, kami di sini akan mencoba menjelaskan beberapa kebiasaan buruk yang akan mengakibatkan puasa menjadi sia - sia. Berikut penjelasannya :

1. Bergosip Atau Nyinyirin Orang Lain


Begosip memang telah menjadi suatu kebiasaan bagi sebagian orang. Apalagi jika kondisi tersebut didukung dengan berkumpulnya teman - teman yang dirasa sangat cocok untuk mengobrol, serasa dunia hanya milik mereka dan waktu berputar dengn lebih cepat.

Namun, hal tersebut sangatlah dilarang dalam agama terlebih saat melakukan ibadah puasa. Bergosip hanya akan membuat pahal kita menghilang dan jika kita dalam keadaan berpuasa, maka hanya lapar dan dahaga yang kita dapatkan.

Baca Juga : 10 Pertanyaan Yang Sering Di Tanyakan Saat Bulan Puasa Dan Jawabannya

2. Berkata Kasar (Marah - Marah)


Marah merupakan salah satu tanda bahwa seseorang tersebut tidak dapat menahan hawa nafsunya. Sedangkan hsalah satu hikmah berpuasa adalah belajar menahan untuk menahan hawa nafsu, termasuk marah - marah.

Banyak hadits orang berpuasa hanya mendapatkan lapar saja alasannya, karena sering berkata kasar dan emosinya gampang terpancing. Berkata kasar saat berpuasa dapat mengurangi pahala, bahkan menjadikan puasa yang sedang kita lakukan menjadi sia - sia.

3. Berbohong


Alasan orang berpuasa hanya mendapatkan lapar saja selanjutnya karena berkata bohong. Sudah sangat jelas, bahwa berbohong akans sangat merugikan orang lain terlebih untuk diri kita sendiri.

Kebiasaan berbohong biasanya dimulai dari hal kecil, namun lama kelamaan akan menjadi hal biasa dan seolah menjadi kecanduan. Berbohong tidak hanya dapat mengurangi pahala saat berpuasa, akan tetapi juga dapat memabatalkannya.

4. Tidak Menunaikan Sholat


Mungkin kita sering mendengar kultum puasa sia - sia yang disebabkan oleh perbuatan kita sendiri. Nah, kebiasan buruk yang dapat membuat nilai puasa kita menghilang adalah meninggalkan sholat. Sholat merupakan tiang agama, dan itu diwajibkan bagi semua umat islam.

Jika hanya mengerjakan puasa tapi tidak mendirikan sholat, sama halnya dengan kita melakukan sutu pekerjaan yang sia - sia, walau pada nyatanya sangat berat melakukan puasa yang harus menahan lapar dan dahaga.

5. Berkata Sia - Sia Yang Tidak Ada Manfaatnya


Berkata sia - sia yang di dalamnya tidak ada manfaatnya sering kita lontartkan dan banyak menganggap hal tersebut merupakan sesuatu yang sangat sepele. Padahal kebiasaan mempunyai efek besar pada kehidupan kita.

Jika sudah menjadi kebiasaan dalan hidup sehari - hari, maka hanya akan image buruk yang akan melekat pada kiat dan semua orang akan memandang kita sebelah mata, belum lagi tanggungan dosa yang akan kita dapat akibat dari perbuatan tersebut.

Sedangkan dalam melaksanakan ibadah puasa, hal tersebut dapat mengurangi pahala dalam berpuasa. Jadi, sebaiknya berhati - hatilah dalam mengucapkan sesutu, hindari ucapan yang tidak ada manfaatnya.

Jadi, sebagai seorang muslim kita harus mengetahui hal apa saja yang membuat puasa sia - sia, dan amalan apa yang dapat membuat puasa kita bernilai lebih. Dengan demikian kita tidak akan melakukan sesutu yang akan kita sesali nantinya.

Untuk itu, biasakanlah untuk melatih diri kita masing agar tidak melakukan suatu hal yang dapat merugikan bagi diri sendiri maupun untuk orang lain. Perlahan tapi pasti, kebiasaan buruk akan hilang jika kita mau berusaha.
LihatTutupKomentar
Cancel