Bahaya Radang Tenggorokan Jika Dibiarkan Hingga Parah

Bahaya Radang Tenggorokan Jika Dibiarkan Hingga Parah - Radang tenggorokan atau dalam istilah medisnya faringitis streptokokus adalah rasa nyeri, iritasi dan rasa gatal yang terjadi pada bagian tenggorokan. Kondisi ini menyebabkan rasa tidak nyaman saat menelan sesuatu. Rasa nyeri serta iritasi pada tenggorokan disebabkan oleh virus, bakteri, dan reaksi alergi.

Bahaya Radang Tenggorokan Jika Dibiarkan Hingga Parah


Radang tenggorokan dapat dikenali dengan beberapa gejala, diantaranya nyeri pada tenggorokan, nyeri saat menelan sesutu, bercak kemerahan di langit - langit mulut, demam, pembesaran kelenjer getah bening di leher. Radang tenggorokan sering dianggap hal sepele, karena biasanya kondisi seperti ini akan sembuh dengan sendirinya dalam beberapa hari. Namun, jika radang tenggorokan tak kunjung sembuh dalam waktu yang lama, maka akan mengakibatkan komplikasi pada organ tubuh lainnya, seperti radang ginjal, demam rheumatik, infeksi telinga, dan sinusitis.

Radang tenggorokan tidak bisa kita pandang sebelah mata dan berfikir untuk membiarkannya karena akan sembuh dengan sendirinya. Pada kenyataannya radang tenggorokan akan sangat mengganggu aktivitas penderitaya, terlebih saat ingin makan atau minum. Karena ketidak nyamanan terssebut berimbas pada aktivitas lainnya seperti pekerjaan.

Oleh sebab itu, kita wajib mengetahui hal apa saja yang dapat memungkinkan terjadinya radang tenggorokan, termasuk makanan penyebab dari penyakit tersebut. Mengobatinya merupakan hal yang harus anda lakukan baik itu secara alami maupun secara medis, namun disamping itu, anda harus sebisa mungkin mencegahnya terlebih pada anak yang belum mengetahui tentang bahaya penyakit tersebut. Untuk itu, kami disini akan menjelaskan lebih datail beberapa bahaya radang tenggorokan.

Jangan dibiarkan, ini bahaya radang tenggorokan jika terlalu parah dan tidak mendapatkan penanganan.

1. Radang Ginjal


Radang ginjal dapat terjadi setelah tubuh mengalami infeksi bakteri streptokokus. Meski kasus seperti ini jarang terjadi, namun kita haruslah berhati - hati. Mengingat radang ginjal yang tidak boleh kita pandang sebelah mata, maka kondisi seperti ini memerlukan perawatan di rumah sakit.

2. Demam Rematik


Demam rematik meruapakan suatu komplikasi dari radang tenggorokan yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Demam rematik dapat mennyerang siapa saja, baik itu orang dewasa maupun anak - anak. Pada saat tubuh terinfeksi oleh bakteri, sistem kekebalan tubuh akan memproduksi antibodi untuk melawan bakteri yang masuk. Namun, lain halnya jika tubuh mengelami demam rematik, saat kondisi tersebut antibodi berbalik menyerang jaringan tubuh yang sehat, terutama pada bagian jantung, sendi otak, kulit, serta tulang belakang. Kondisi seperti ini harus segera  memperoleh penanganan dari dokter.

3. Infeksi Telinga


Infeksi telinga dapat disebabkan oleh pilek, flu, alergi, dan radang tenggorokan. Munculnya kondisi seperti ini disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri. Infeksi teinga dapat menimbulkan beberapa gejala, seperti sakit telinga dan timbul cairan kuning yang berasal dari telinga serta mengeluarkan aroma yang aroma yang cukup menyengat.

4. Pembengkakan Di Leher


Pembengkaka pada bagian leher tidak hanya disebabkan oleh penyakit gondok atau kanker kalenjar getah bening saja. Namun, kondisi seperti itu juga dapat disebabkan karena radang tenggorokan yang terinfeksi bakteri. Saat mengalami kondisi tersebut biasanya penderita akan mengalami demam tinggi hingga 38 derajat celcius bersamaan dengan itu kalenjar getah bening pun menjadi membengkak. Hal tersebut yang kemudian menyebabkan pembengkakan di leher.

Umumnya, rasa tak nyaman dan akan berkembang 2-3 hari dan setelah itu akan sembug dengan sendirinya. Namun, jika radang tenggorokan tak kunjung sembuh sampai 2 minggu, maka kondisi tersebut dapat disebabkan oleh virus atau juga karena suatu alergi. Dan jika kondisi tersebut terus berlangsung 2-8 minggu, maka disebabkan oleh virus. Dan kondisi yang paling parah, jika radang tenggorokan terjadi sampai 8 minggu atau lebih. Kondisi ini disebut dengan kronik yang disebabkan oleh bakteri streptokokus.

Untuk pengobatan, anda dapat mengkonsumsi obat dari dokter untuk meredakan demam dan nyeri ditenggoroka. Pengobatan juga dapat dilakukan dengan menggunakan bahan - bahan alami, seperti air lemon, air garam, teh, air jahe, kuntyit dan bahan alami lainnya.

Jika anda merasakan sakit pada tenggorokan baik hanya sebelah kiri atau kanan, segeralah mengkonsumsi obat untuk meringankannya, jangan tunggu kondisi yang lebih serius baru akan melakukan pengobatan.

Radang ini merupakan infeksi yang menular, dan dapat menular mealalui kontak langsung dari penderitanya. Nah, untuk pencegahan penularan penderita radang tenggorokan sebaiknya menggunakan masker, dan selalu menjaga pola hidup sehat, seperti mengkonsumsi makanan sehat, menjaga kebersihan lingkungan.
LihatTutupKomentar
Cancel