Cara Merekam Zoom Meeting Di Laptop dan Android

Cara Merekam Zoom Meeting Di Komputer dan Android - Pengguna aplikasi video conference zoom sangat diminati saat ini, banyak orang melakukan meeting dan pertemuan online dengan menggunakan aplikasi ini. Dengan tampilan yang mudah aplikasi ini cocok digunakan oleh orang awam sekalipun termasuk anda.

Cara Merekam Zoom Meeting Di Laptop dan Android


Terbatasnya akses keluar dan berkumpul lantaran karena pandemi corona. membuat orang banyak melakukan rapat dari rumah masing masing, Di dunia pendidikanpun juga tidak ketinggalan, banyak guru yang mengajar online dan siswanya dengan menggunakan zoom, mereka bisa memberikan materi layaknya di dalam kelas. Masalah background dengan rumah yang berantakan bukanlah masalah karena bisa menggantikan dengan background yang tersedia, untuk melakukannya bisa membaca artikel kami cara mengganti background zoom

Selain mengganti background tentunya keinginan lainnya ingin menyimpan apa yang telah mereka bicarakan dalam pertemuan. Anda tidak perlu kawatir karena aplikasi zoom ini telah menyediakan fitur untuk merekam pertemuan anda. Namun sayangnya untuk versi gratisnya zoom hanya memberikan fitur merekam rapat hanya di laptop saja. Sedangkan untuk handphone android dan yang lainnya fitur rekam hanya untuk yang berbayar.

Merekam pertemuan zoom meeting di handphone android tidak menyimpan layaknya di laptop yang langsung tersimpan ke hardisk, namun di simpan secara cloud. Oleh karena itulah zoom memberikan fitur ini jika menggunakan versi yang berbayar. Namun untuk perekamana dalam versi HP hanya boleh dilakukan oleh host rapat dengan izin tuan rumah pemilik ruang rapat.

Cara Merekam Zoom Meeting Di Laptop dan Android


Jadi jika anda masih menggunakan versi yang gratis maka lupakan untuk merekam karena tidak akan tersedia dalam aplikasi zoom meeting di handphone anda. Nah jika anda ingin merekam dalam versi gratis maka silahkan gunakan saja laptop atau komputer untuk membuka akun zoom meeting anda.

Berikut langkah langkah merekamnya :


1. Silahkan join dalam sebuah meeting di aplikasi zoom meeting, jika belum punya untuk laptop silahkan download dulu aplikasinya di sini
2. Kemudian klik menu Record yang ada di bawah atau bisa menekan tombol Alt + R


3. Saat melakukan rekaman maka akan ada menu mini rekam yang ada disebelah kiri atas


4. Pada menu itu ada menu Pause untuk menghentikan sementara dan Stop untuk berhenti merekam
5. Jika ingin berhenti merekam maka klik Stop dan rekam akan berhenti dan hasil rekamannya akan tersimpan di laptop.
6. Ketika meeting sudah selesai maka hasilnya akan di convert oleh zoom ke dalam format MP4.


7. Hasil rekaman bisa anda lihat di laptop pada folder Document dalam forder Zoom



Demikianlah cara untuk merekam zoom meeting di laptop dan di android, jadi untuk yang android jika anda menginginkan fitur perekam maka bisa upgrade ke premium atau berbayar. Untuk harganya bisa melihat gambar di atas yang kami ambil dari situs zoom.
LihatTutupKomentar
Cancel