Ramadhan Sebentar Lagi, Inilah 8 Keistimewaan Yang Ada Di Dalamnya

Keistimewaan serta keutamaan setiap amal sholeh, menjadi motivasi untuk lebih menyemangati kita untuk melakukannya dan lebih meningkatkan ketaqwaan kita kepada Allah SWT. Seperti halnya dengan datangnya bulan ramadhan. Bulan ramadhan adalah bulan yang paling di tunggu oleh semua umat islam. Hal tersebut disebabkan karena pada bulan suci ini terdapat banyak sekali keistimewaan yang tidak didapatkan pada bulan - bulan lainnya.

Keistimewaan Bulan Ramadhan


Menjalankan puasa di bulan romadhan merupakan salah satu dari rukun islam. Dengan kata lain semua umat islam diwajibkan menjalankannya yang tentunya sudah memenuhi beberapa syarat yang telah ditentukan. Sekilas jika kita membayangkan puasa mungkin hanya terlintas bagaimana kita mehan lapar dan dahaga pada hari itu.

Namun, dibalik semua perjuangan itu ada banyak hikmah yang kita dapatkan dan kita pelajari untuk bekal hidup kita. Salah satunya adalah, dengan kita menjalankan puasa menjadi keseimbangan dalam hidup. Mungkin banyak diantara kita yang lebih disibukkan dengan hal yang berbau duniawi, sehingga kita dapat mudah melupakan tentang ibadah kita kepada Allah. Padahal di dalam agama sudah dijelaskan bahwa hidup haruslah imabang dunia dan akhirat. Dengan berpuasa kita lebih terlatih dan ingat bahwa hidup hanyalah sementara dan akan kekal selamanya di akhirat dan itu membutuhkan bekal yakni pahala.

Keistimewaan - keistimewaan bulan ramadhan tentu kita sudah banyak mendengarnya diberbagai ceramah agama dan hadits tentang keitimewaan bulan suci tersebut. Namun, dikesempatan kali ini kami akan menjelaskan lebih detail apa saja keutamaan bulan romadhan dan keberkahan bulan ini. Oleh sebab itu, sangat rugilah kita jika kita termasuk poda golongan yang menyia - nyiakan terhadap datangnya bulan romadhan. Nah, apa saja keistimewaan pada bulan romadhan? Berikut penjelasannya.

Keistimewaan Bulan Ramadhan


1. Malam Lailatul Qodar


Keutamaan Malam Lailatul Qadar

Salah satu keistimewaan yang ada di bulan romadhan adalah dengan hadirnya malam kemuliaan yakni malam laitul qodar. Malam lailatul qodar hanya akan hadir di bulan romadhan dan banyak ulama' yang berpendapat bahwa datangnya malam ini bertepatan pada salah satu malam - malam terakhir dan ganjil di bulan romadhan.

Malam itu adalah malam yang lebih baik dari seribu bulan sekaligus sebagai malam diturunkannya Al - qur'an. Seperti firman Allah SWT dalam surat Al-Qadr : 1-3, yang artinya : "Sesungguhnya kami telah menurunkannya (Al-Qur'an) pada malam lailatul qodar (malam kemuliaan). Dan tahukah kamu apa malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan". (QS. Al-Qadr : 1-3).

2. Terbukanya Pintu Surga Dan Tertutupnya Pintu Neraka


Pintu surga di buka saat bulan Ramadhan

Keutamaan bulan ramadhan selanjutnya yang tidak akan didapatkan pada bulan - bulan lainnya adalah terbukanya pintu surga adan tertutupnya pintu neraka. Adapun makna pintu surga dibuka adalah karena di bulan suci ini kita memasuki pada pintu taubat yang terbuka lebar serta tawakkal, syukur dan ridho terhadap kehendak Allah. Sedang pintu neraka ditutup adalah pada bulan suci ini upaya manusia yang menutup pintu maksiat dan syahwat.

3. Pahala Membaca Ayat Suci Al - Qur'an Dilipat Gandakan


Pahala Membaca Al-Qur'an Di Bulan Ramadhan

Pada bulan ramadhan segala bentuk perbuatan baik akan bernilai lebih, tidak terkecuali bagi siapa saja yang membaca ayat suci Al - qur'an. Membaca ayat suci al - qur'an pada bulan ramadhan akan dilipat gandakan hingga 70 kali lipat. Kita dianjurkan memperbanyak membaca Al-Qur'an kalau bisa khatam berkali kali, pelajarilah tips khatam Al-Qur'an dari sekarang sehingga nantinya pada saat puasa anda bisa khatam Al-Qur'an berkali kali. Kita perlu berkaca kepada ulama ulama terdahulu yang banyak menghatamkan Al-Qur'an seperti misalnya Imam Syafi'e yang mengahatamkan Al-Qur'an 60 kali selama bulan Ramadhan.

4. Segala Amal Sunnah Dapat Bernilai Amal Wajib


Pahala Beramal Di Bulan Ramadhan

Segala bentuk amal sunnah yang dilakukan pada bulan ramadhan bernilai sepeti melakukan amal wajib. Hal tersebut dapat kita artikan bahwa bentuk perbuatan baik kita yang dilakukan pada bulan ramadhan, baik itu dzikir, bersedekah dan perbuatan terpuji lainnya mendapatkan nilai yang dilipatgandakan.

5. Bulan Penuh Berkah


Ramadhan Penuh Berkah

Berkah yang ada pada bulan romadhan secara garis besar terbagi menjadi tiga bagian. Diantaranya, 10 hari pertama merupakan hari - hari  penuh rahmat Allah. 10 hari yang kedua merupakan malam - malam yang penuh dengan maghfiroh (pengampunan). Dan 10 hari terakhir pada bulan suci ini merupakan hari pembebasan manusia dari api neraka. Dengan demikian, setiap detik memit jam pada bulan romadhan merupakan waktu yang tidak boleh disia - siakan.

6. Diwajibkannya Berpuasa


Keutamaan Puasa di Bulan Ramadhan

Pada saat bulan ramadhan tiba semua umat islam diwajibkan untuk melaksanakan puasa selama satu bulan penuh. Puasa merupakan amalan utama ramadhan yang wajib di lakukan. Dalam melaksanakan puasa, tentu kita akan mendapatkan banyak hikmah. Diantaranya, melatih disiplin waktu, lebih peduli terhadap sesama, lebih berhati - hati dalam melakukan perbuatan, melatih untuk lebih bersyukur, dan melatih diri untuk hidup lebih sederhana.

7. Setan Dibelenggu


Setan dibelenggu saat bulan Ramadhan

Kita sering mendengar kata kata ini saat bulan Ramadhan bahwa setan dibelenggu, memang ini bukanlah hanya sekedar perkataan turun temurun saja tapi memiliki dasar yang kuat yaitu hadist Rasulullah SAW. yang diriwiyatkan oleh Imam Bukhari :

إِذَا جَاءَ رَمَضَانُ فُتِّحَتْ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ وَغُلِّقَتْ أَبْوَابُ النَّارِ وَصُفِّدَتِ الشَّيَاطِينُ

“Apabila Ramadhan tiba, pintu surga dibuka, pintu neraka ditutup, dan setan dibelenggu.” (HR. Bukhari no. 1899 dan Muslim no. 1079).

Sebagaimana hadist Nabi diatas bahwa setan pada bulan ramadhan tidak bisa menggangu manusia sebagaimana yang dilakukannya selain bulan Ramadhan. Umat Islam tercegah dalam melakukan berbagai dosa dan kemaksiatan karena disibukkan dengan banyak beribadah kepada Allah termasuk berpuasa. Hawa nafsu yang menjadi senjata utama setan untuk menjerumuskan manusia terkekang dan lemah dengan puasa.

8. Terkabulnya Doa Doa


Doa Di Bulan Ramadhan Terkabul

Bulan ramdhan adalah momen untuk memperbanyak doa kepada Allah karena pada bulan yang mulia ini waktu yang mustajab untuk berdoa. Dalam sebuah hadist diterangkan bahwa ada 3 doa yang tidak pernah di tolak oleh Allah, orang yang berpuasa hingga berbuka, pemimpin yang adil dan orang yang terdhalimi.

“Ada tiga orang yang do’anya tidak ditolak : (1) Pemimpin yang adil, (2) Orang yang berpuasa ketika dia berbuka, (3) Do’a orang yang terzalimi.” (HR. Tirmidzi)

Oleh karena itu selama berpuasa perbanyaklah berdoa kepada Allah panjatkanlah semua hajat di bulan ini insya Allah akan dikabulkan oleh Allah. Selain itu ada 2 waktu lainnya  yang juga sangat mustajab untuk berdoa yaitu pada waktu sahur, dan sebelum berbuka puasa.

Bulan ramadhan sebntar lagi, ini merupaka momen yang sangat ditunggu oleh semua umat islam. Tentunya kita harus melakukan persiapan menyambut datangnya bulan ramadhan sedini mungkin agar puasa di tahun 2020 ini bisa maksimal. Dan semoga dengan bertambahnya pengetahuan kita tentang keistimewaan dan keutamaan bulan ramadhan dapat menjadi penyemangat kita untuk melaksanakan ibadah lebih baik lagi. Dan semoga di bulan ramadhan ini kita menjadi insan yang lebih baik lagi dari tahun - tahun sebelumnya.
LihatTutupKomentar
Cancel