Terkena Radang Tenggorkan Saat Puasa, Ini 10 Makanan Yang Bisa Anda Konsumsi

Radang tenggorokan sering kali muncul saat melaksanakan ibadah puasa. Hal tersebut disebabkan karena seharian tenggorokan tidak terkena air dan cenderung kering, panas, gatal hingga nyeri. Dalam kondisi tersebut, anda harus memperhatikan makanan yang akan dikonsumsi, sehingga puasa tidak terganggu.

 Olahan Makanan Yang Baik Untuk Penderita Radang Tenggorokan Saat Berpuasa


Meski pada dasarnya radang tenggorokan bukanlah jenis infeksi serius dan dapat sembuh dengan sendirinya, namun kondisi tersebut sangatlah membuat kita tidak nyaman dan membuat kita malas untuk melakukan aktivitas harian, terlebih lagi saat berpuasa.

Tapi jika dibiarkan hingga parah dalam beberapa kasus penyakit radang tenggorokan dapat menimbulkan komplikasi yang cukup serius, jika kondisi tersebut tidak cepat ditangani.

Masalah tenggorokan sangar erat kaitannya dengan makanan yang dikonsumsi. Untuk itu, sangat penting untuk mengetahui makanan dan minuman apa saja yang boleh atau tidak untuk dikonsumsi.

Olahan makanan yang baik untuk penderita tenggorokan saat berpuasa adalah jenis makanan yang gampang untuk ditelan dan mempunyai tekstur yang cukup lembut.

Dengan demikian iritasi tidak bertambah, bahkan dapat sembuh secara perlahan. Untuk tidak memperparah keadaan hindari juga makanan yang bersantan kental dan gorengan.

Berikut beberapa makan yang bisa anda jadikan sebagai menu berbuka puasa dan saat sahur, sekaligus dapat mengobati radang tenggorokan.

Olahan Makanan Yang Baik Untuk Penderita Radang Tenggorokan Saat Berpuasa


1. Bubur



Radang tenggorokan bukanlah alasan untuk tidak menunaikan ibadah yang termasuk pada rukun islam tersebut.

Mengkonsumsi bubur saat kesahatan tenggorokan terganggu menjadi solusinya. Anda dapat mengkonsumsi bubur dengan berbagai varian rasa, misalkan saja seperti bubur sum - sum, bubur ayam, bubur yang dicampur dengan sayur - sayuran dan jenis bubur lainnya.

Dengan demikian anda tidak akan bosan meski saat berbuka puasa dan sahur hanya mengkonsumsi semangkok bubur.

2. Sup



Seperti halnya bubur, sup juga merupakan olahan makanan yang mempunyai tekstur lembut. selain itu, sensasi hangat pada kuah sup dapat meringankan rasa sakit pada saat menelan.

Untuk proses penyembuhan, kaldu pada kuah sup mengandung gizi yang dapat mempercepat kesembuhan radang tenggorokan. Jadi, mengkonsumsi sup manfaatnya sangat komplit sekali untuk penderita radang tenggorokan.

3. Sayuran Rebus



Sayuran rebus juga menjadi alternatif pilihan untuk menu buka puasa dan sahur saat menderita radang tenggorokan. Pengolahan dengan cara direbus atau dikukus, akan menghasilkan sayuran yang bertekstur lebih empuk dan lembut, sehingga lebih muda dan nyaman saat ditelan. Selain itu, proses pengukusan bebas dari minyak, dan akan mempercepat penyembuhan radang tenggorokan.

4. Oatmeal



Oatmela dapat dijadika pengganti bubur jika terasa bosan mengkonsumsinya saat berbuka puasa dan sahur. Oatmeal merupakan olahan makanan yang aman dikonsumsi untuk penderita radang tenggorokan dan dapat mengenyangkan.

Untuk menambah selera makan, anda dapat mencampurinya dengan sayur - sayuran, buah, dan susu. Dengan demikian anda tidak akan bosan untuk mengkonsumsinya.

5. Wedang Jahe



Saat menderita radang tenggorokan, sementara jangan konsumsi dulu minuman dingin agar proses penyembuhan lebih cepat. Untuk menghangatkan tenggorokan, sebaiknya konsumsi wedang jahe.

Jehe berfumgsi sebagai anti inflamasi dan dapat meredakan tenggorokan. Minumaan jenis ini sangat cocok dikonsumsi saat berbuka maupun sahur.

6. Teh Hijau



Selain sebagai pilihan minuman untuk berdiet, teh hijau juga memiliki khasiat untuk meredakan sakit tenggorokan dan membantu menyegarkan tubuh.

Dengan berbagai khasiat yang dimilikinya, teh hijau merupakan minuman yang cocok untuk dikonsumsi pada saat menderita radang tenggorokan.

7. Putih Telur



Putih telur memiliki tekstur yang lembut dan mengandung protein yang cukup tinggi.

Selain itu, putih telur juga merupakan makanan yang cepat diserap oleh tubuh sehingga dapat menggantikan tenaga yang hilang selama seharian berpuasa.

Putih telur rebus dapat dijadikan menu berbuka puasa dan sahur saat menderita radang tenggorokan.

8. Air Putih



Selama berpuasa pasti akan merasakan dehidrasi dan tubuh menjadi lebih lemah, terlebih saat menderita radang tenggorokan.

Untuk menggantikan ion tubuh yang hilang cukupilah cairan dalam tubuh dengan mengkonsumsi air putih. Untuk penderita radang tenggorokan sebaiknya konsumsi air putih hangat, baik itu saat berbuka puasa dan menjelang tidur.

9. Jus Buah



Mengkonsumsi jus buah saat radang tenggorokan akan sangat membantu untuk proses penyembuhannya. Konsumsilah jus buah yang menagandung vitamin A dan C.

Kandungan kedua vitamin tersebut sangat baik untuk menjaga kekebalan tubuh, sehingga tubuh akan tetap segar meski dalam keadaan beepuasa.

10. Kunyit



Kunyit merupakan salah satu rempah yang dapat mengobati radang tenggorokan. Kunyit mengandung curcumin yang bersifat antioksidan dan anti radang.

Untuk mengkonsumsinya, tambahkan kunyit pada sup, sayur yang memang makanan yang baik untuk dikonsumsi penderita radang tenggorokan.

Radang tenggorokan bukanlah alasan untuk tidak bersemangat dalam melakukan ibadah puasa. Dengan mengkonsumsi makanan yang tepat, maka radang tenggorokan akan cepat teratasi. Dan jangan lupa untuk mengobatinya entah menggunakan obat alami atau medis.

Semoga diberikan kelancaran untuk malaksanakan ibadah puasa.
LihatTutupKomentar
Cancel