Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 2 Dibuka, Begini Cara Daftarnya !

Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 2 Dibuka, Begini Cara Daftarnya ! - Buat anda yang kemaren gagal di gelombang pertama anda bisa mendaftar ulang di gelombang kedua ini tapi anda sudah tidak perlu mengikuti proses dari awal lagi.



Atau bagi anda yang sebelumnya mendaftar maka silahkan daftar. Pendaftaran untuk gelombang dua sudah di buka mulai hari ini senin tanggal 20 April 2020 dan akan di tutup tanggal 23 April 2020.

Pemerintah menargetkan 30 gelombang pendaftaran kartu prakerja hingga 2020 nanti, Setelah gelombang ke dua ini akan ada gelombang selanjutnya hingga target yang ditentukan tercapai.

Pada gelombang pertama yang dilaksanakan tanggal 11-16 April sudah ada 5,96 juta pendaftar dengan kouta 200.000 orang. Dari jumlah pendaftar hanya ada 4.42 juta orang yang lolos verifikasi email. Dan jumlah pendaftar yang lolos verifikasi berdasarkan nomer induk kependudukan (NIK) sebanyak 3.29 juta orang.

Dari jumlah tersebut peserta yang lolos pada pendaftaran gelombang pertama kartu prakerja sebanyak 2.07 juta orang namun baru 200.000 orang yang ditetapkan bisa ikut pelatihan gelombang 1.

Peserta yang akan mengikuti pelatihan gelombang 1 akan mendapatkan konfirmasi melalui sms yang dikirimkan ke nomer yang didaftarkan pada waktu registrasi.

Sisa pendaftar yang dinyatakan lulus pada gelombang 1 sebanyak 1,87 orang sudah tidak perlu melakukan daftar ulang. Pemerintah akan mengirimkan link untuk memilih pelatihan tanpa harus melakukan pendaftaran mulai dari awal.

Yang perlu dipahami bahwa kartu prakerja ini bukanlah program untuk menggaji pengangguran, tapi merupakan batuan biaya pelatihan untuk meningkatkan kompetensi kerja.

Syarat Pendaftaran Kartu Prakerja


Pemerintah tidak melakukan perubahan untuk syarat mengikuti perogram kartu prakerja gelombang ke 2 ini. Syarat pendaftarannya sama dengan gelombang pertama yaitu
  1. Warga Negara Indonesia
  2. Umur minimal 18 tahun 
  3. Tidak sedang menempuh pendidikan formal
Awalnya program kartu prakerja diperuntukkan untuk pengangguran muda, namun karena masalah corona virus program ini diberlakukan juga bagi pekerja dan pelaku usaha mikro.

Jadi program ini tidak hanya untuk pengguran saja tapi bagi pekerja, karyawan, dan korban PHK juga boleh mengikuti program ini.

Cara Mendaftar Kartu Prakerja Gelombang 2


Berikutnya setelah anda lulus persyaratan di atas maka anda bisa mendaftar program ini melalui situs resminya 

1. Silahkan akses https://www.prakerja.go.id/ 
2. Kemudian Klik menu Daftar Sekarang

Cara mendaftar kartu Prakerja

3. Masukkan Email dan password
4. Maka anda diminta untuk melakukan verifikasi email.


5. Jika verifikasi berhasil maka anda diminta untuk login kartu prakerja

Login Kartu Prakerja

6. Setelah login masukkan nomer KTP dan pilih tanggal lahir lalu klik lanjutkan
Daftar Ulang Kartu Prakerja

7. Kemudian anda diminta mengisi identitas secara lengkap termasuk foto selfi dengan memegang KTP

Kartu Prakerja Tokopedia


8. Centang persetujuan lalu klik Lanjutkan
9. Selanjutnya verifikasi nomer HP

Cara Mendaftar kartu Prakerja Gelombang 2

10. Setelah berhasil verifikasi maka akan muncul pernyataan sebagai berikut : 

  • Apakah dalam masa pendidikan? 
  • Apakah anda sedang menganggur ? 
  • Apakah anda pegawai/karyawan? 
  • Apakah anda memiliki kontrak kerja ? 
  • Setelah itu klik selesai

11. Kemudian anda bisa memulai test, ada 18 soal yang harus anda jawab. Jangan kawatir soalnya sangat mudah kok !

Kartu Prakerja

12. Setelah selesai maka anda konfirmasi selesai. dan selanjutnya anda klik dashboard
13. Kemudian ada intruksi klik tombol Gabung pada gelombang yang sesuai preferensimu untuk mengikuti seleksi selanjutnya.

Jika Lolos Pendaftaran Apa Yang Saya dapatkan ?


Ini merupakan pertanyaan yang banyak ditanyakan oleh pendaftar, apa yang didapatkan setelah lolos test pendaftaran kartu prakerja ?

Jika pendaftar dinyatakan lolos maka akan mendapatakan bantuan pelatihan sebesar 1 juta. Pendaftar hanya bisa menggunakan bantuan itu untuk mengikuti pelatihan di 8 platform pelatihan digital yang telah bekerjasama dengan pemerintah yaitu :


1. Tokopedia
2. Bukalapak
3. Skill Academy by Ruangguru
4. MauBelajarApa
5. HarukaEdu
6. PijarMahir
7. Sekolah.mu
8. Kemnaker

Kartu prakerja bukan dalam bentuk fisik kartu tapi tapi berupa kartu digital yang berisi 16 kode unik yang nantinya digunakan  untuk membeli pelatihan yang telah disediakan.

Jika biaya yang didapat dirinci, manfaat Program Kartu Prakerja 2020 yakni sebesar Rp 3.550.000, terdiri dari bantuan pelatihan sebesar Rp 1 juta dan insentif paska pelatihan sebesar Rp 600.000 per bulan (untuk 4 bulan).

Lalu peserta Kartu Prakerja 2020 juga akan menerima insentif survei kebekerjaan sebesar Rp 50.000 per survei untuk 3 kali survei atau total Rp 150.000 per peserta.

Kapan insentif akan diberikan ?

1. Insentif akan diberikan setelah menyelesaikan pelatihan yang pertama
2. Telah memberikan ulasan kepada lembaga pelatihan
3. Telah memberikan penilaian terhadap lembaga pelatihan

Sedangkan untuk insentif survei akan diberikan setelah mengisi mengisi survei di akun www.prakerja.go.id untuk mengetahui evaluasi efektivitas program Kartu Prakerja.


Akhir Kata


Apakah anda tertarik dengan kartu prakerja ini ? Silahkan daftar ! ini adalah kesempatan emas untk memperdalam skill kamu. Anda bisa memilih skill mana yang anda ikuti. Jika selesai pelatihan silahkan kembangkan kemampuan yang anda miliki dengan membuka usaha atau mendaftar bekerjaan dibidang tersebut. Demikianlah ulasan kami tentang pendaftaran kartu prakerja gelombang ke 2, semoga bermanfaat.
LihatTutupKomentar
Cancel