Ternyata Ini 5 Kelemahan Virus Corona, Bisa Kamu Manfaatkan Mencegah Penularan

Daftar Isi [Tampil]
Setiap sesuatu pasti memiliki keunggulan dan kelemahan termasuk virus corona atau Covid 19. Dengan mengetahui kelemahannya kita bisa manfaatkan untuk mencegah penularan, kita juga bisa lebih waspada dan tidak terlalu panik dalam menghadapi wabah virus corona.

Ternyata Ini 5 Kelemahan Virus Corona, Bisa Kamu Manfaatikan Mencegah Penularan


Sebenarnya jika memperhatikan sejauh ini apa yang disampaikan oleh para ilmuan, peneliti dan petugas kesehatan terkait dengan pencegahan penularan virus corona sebenarnya adalah memanfaatkan semua kelemahan yang ada di virus corona ini. Kita harus benar mamahami ini dan menerapkannya dalam kehidupan kita sehari hari mengingat obat untuk penyembuhan virus ini belum ditemukan hingga hari ini.

Oleh karena itu cara yang terbaik saat ini untuk menghindar dari penularan virus corona yang sangat cepat adalah dengan membentengi diri dengan melakukan pencegahan semaksimal mungkin dengan memanfaatkan kelemahan yang ada pada virus ini. Apa saja kelemahannya, simak ulasannya berikut :

1. Bisa Dikalahkan Dengan Antibodi


Orang yang terinfeksi virus corona terjadi beberapa perbedaan keparahan yang dialami ada yang ringan dan ada yang berat. Kita mungkin pernah membaca informasi bahwa ada pasien tidak mengalami gejala apapun namun positif corona. Memang dalam penelitian yang dilakukan oleh negara Austalia mengatakan bahwa salah satu kelemahan dari virus ini adalah tidak bisa berbuat banyak menghadapi antibodi atau daya tahan tubuh yang sehat.

Kebanyakan pasien yang mengalami gejala parah adalah pasien yang memang memiliki riwayat sakit sebelumnya dan memiliki daya tahan tubuh yang lemah, seperti memiliki penyakit hipertensi, diabetes, paru paru dan sebagainya.

Ini artinya tubuh sebenarnya memiliki perlindungan tersendiri dalam menghadapi berbagai virus dan bakteri yang masuk ke dalam tubuh. Perlindungan ini akan terbentuk pada hari ke 7-9 sejak gejala pertama muncul. Setelah beberapa hari antibodi ini muncul, maka secara berangsur angsur tubuh pasien akan mulai membaik.

Agar tidak mudah tertular jagalan selalu imunitas tubuh dengan dengan sebaik baiknya, banyak cara yang bisa dikukan untuk meningkatkannya diantaranya adalah dengan menjaga pola hidup tertatur, makan makanan yang bergizi, istirahat yang cukup dan berjemur di bawah sinar matahari pagi

2. Mudah Hilang Dengan Pelarut Lemak


Sehari hari kita terbiasa membersihkan piring dan peralatan dapur lainnya dengan sabun cuci pelarut lemak. Namun tahukah anda bahwa virus corona bisa hilang hanya dengan sabun cuci pelarut lemak. Itulah kenapa kita sangat dianjurkan untuk selalu cuci tangan dengan air dan sabun untuk mencegah penularan covid 19.

Sabun menjadi senjata ampuh sebagai penghancur virus lantaran karena struktur virus corona itu sendiri. Dalam strukturnya virus corona terdiri dari tiga bagian :


  1. DNA atau RNA yang menjadi inti dari virus 
  2. Protein yang merupakan bahan baku virus untuk memperbanyak diri 
  3. Lapisan lemak sebagai pelindung luarnya
Ketiga bagian tersebut pada hakikatnya tidak terikat kuat antara yang satu dengan yang lainnya. Ketika lapisan terluar hancur karena sabun maka virus tersebut juga akan hancur dan mati. Jadi anjuran untuk rajin mencuci tangan bukanlah himbauan asal asalan yang tanpa dasar. Jika anda rajin mencuci tangan maka perpindahan virus bisa dicegah.

3. Bisa Mati Dengan Cairan Disinfektan


Varian virus corona tidak hanya Covid 19 saja, sebenarnya banyak jenisnya seperti virus yang terjadi di beberapa tahun sebelumnya seperti SARS, MERS. Covid 19 sebenarnya merupakan varian baru dari keluarga virus ini. Jadi secara umum memiliki karakteristik yang cukup mirip, diantara bisa lemah jika dihadapkan dengan cairan Disinfektan yang terdiri dari Alkohol 60-70%,  hidrogen peroksida 0,5%, atau sodium hipoklorit 0,1%. Bahkan virus ini bisa mati dalam hitungan menit saja. Cairan disinfektan ini bisa anda buat sendiri dirumah dengan campuran pemutih pakaian dan air.

Berdasarkan hasil penelitian virus penyebab SARS dan MERS bisa bertahan dipermukaan benda seperti metal, kaca dan plastik hingga beberapa hari. Sedangkan untuk Covid 19 belum ada penelitian tentang ketahannanya namun hasilnya diduga tidak jauh dari jenis corovirus lainnya. Oleh karena itu selalu bersihkan permukaan barang barang yang sering anda sentuh seperti telpon genggam, gagang pintu dan yang lainnya.

4. Melemah Di Suhu Panas


Untuk Corona Virus hingga saat ini belum ada hasil penelitian apakah virus jenis ini bisa tahan di suhu panas. Namun kalau kita melihat hasil dari jenis varian virus yang sejenis seperti SARS dan MERS sudah terbukti bisa lemah. Hal ini berdasarkan data yang di publikasikan oleh World Health Organization (WHO), virus penyebab SARS bisa terbunuh pada suhu 56°C.

5. Tidak Bisa Bertahan Lama Dipermukaan


Menurut beberapa ahli kesehatan mengatakan kalau virus corona bisa bertahan berhari hari di permukaan. Namun jika terlalu lama berada di luar pemukaan resiko untuk menginfeksi sangatlah rendah. Oleh karena itu baik WHO dan Kementrian Kesehatan tidaklah melarang pengiriman barang paket antar negara karena resiko penularan yang ditimbulkan dari pengiriman paket tersebut sangatlah rendah.

Nah itulah beberapa kelemahan dari virus corona. Ini perlu anda ketahui agar bisa dimanfaatkan untuk mencegah penularan. Tetaplah dengan kewaspadaan, ikuti anjuran anjuran dari pihak yang berwenang hususnya pemerintah. Jangan meremehkan, selalu lakukan pencegahan di berbagai tempat dan waktu, agar risiko terkena virus ini tetap rendah. (Kp)

Baca Juga :