10 Tips Menjaga Stamina Saat Berpuasa Selama Ramadhan

10 Tips Menjaga Stamina Saat Berpuasa Selama Ramadhan - Menjalankan puasa Ramadhan memang sedikit banyak akan memberikan efek yang berbeda terhadap tubuh, dan cenderung tubuh akan kekurangan stamina. Hal tersebut tentu disebabkan karena dalam seharian tidak ada asupan makanan dan minuman yang masuk dalam tubuh, belum lagi perubahan pola tidur, pola makan, dan aktivitas harian lainnya. Padahal saat  bulan romadhan kita membutuhkan stamina yang cukup untuk melaksanakan serangkaian ibadah.

10 Tips Menjaga Stamina Saat Berpuasa Selama Ramadhan


Meski kondisi tubuh berbeda dengan hari - hari biasanya disebabkan berpuasa, bukan berarti harus bermalas - malasan dan menghabiskan waktu bersantai di rumah. Berpuasa bukanlah alasan seseorang untuk tidak melakukan aktivitas. Akan tetapi kita harus mempunyai tips jitu bagaimana menjaga stamina agar tetap bugar meski dalam kondisi berpuasa.

Cara menjaga stamina saat berpuasa romadhan salah satunya adalah dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi saat berbuka puasa maupun saat sahur. Dengan demikian kesehatan dan metabolisme tubuh tetap terjaga. Selain itu, masih banyak lagi tips - tips lain untuk menjaga kesehatan tubuh saat bepuasa yang harus anda ketahui. Dan berikut beberapa tips sehat untuk menjalankan puasa yang dapat anda praktekkan.

1. Olah Raga Ringan


Meski dalam kondisi berpuasa, demi kebugaran tubuh olah raga harus tetap dilakukan. Hanya saja, harus memilih jenis olah raga yang tidak terlalu menguras energi atau olah raga ringan. Anda dapat berolah raga, seperti bersepeda, joging kecil, dan yoga. Mengingat kondisi tubuh yang sedang berpuasa, jadi waktu untuk berolah raga hanya membutuhkan kurang lebih 30 menit.

2. Tidak Meninggalkan Sahur


Peran makan sahur saat berpuasa sangatlah penting. Makanan yang dikonsusmi saat sahur menjadi bekal untuk tubuh selama seharian. Apalagi jika pemilihan makanannya sangat tepat, yakni makanan yang mengandung karbohidrat kompleks yang dapat membuat perut kenyang lebih lama.

3. Penuhi Kebutuhan Tidur


Mengoptimalkan tidur saar berpuasa juga bagia terpenting untuk menjaga stamina tubuh. Berpuasa memang membuat jam tidur sedikit terganggu, karena harus bangun saat bersahur. Namun, hal tersebut dapat anda siasati dengan tidur lebih cepat dari biasanya.

Baca Juga : Tips Agar Tidak Merasa Haus Dan Lapar Saat Berpuasa Seharian

4. konsumsi Makanan Seimbang


Cara menjaga stamina tubuh selanjutnya adalah dengan mengkonsumsi makanan seimbang. Salah satu makanan seimbang adalah sayur dan buah - buahan. Dengan mengkonsumsi sayur dan buah - buahan secara teratur makan kondisi akan tetap fit.

Hal ini disebabkan karena sayur dan buah memiliki banyak nutrisi, kaya akan anti oksidan, dan kadar air yang cukup tinggi. Selain itu kedua jenis makanan tersebut terhindar dari kandungan minyak, yang akan menyebabkan tubh menjadi lemah dan mudah ngantuk.

5. Hindari Tidur Setelah Sahur


Sebisa mungkin kita harus menghindari tidur setelah tidur, mengapa demikian? Karena tidur setelah sahur akan membuat metabolisme tubuh menjadi terganggu. Selain itu, anda juga rentan mengalami mual, kembung, dan mulas. Sebaiknya lakukan aktivitas kecil setelah sahur, agar tubuhmu dapat mencerna makanan dengan baik yang telah dikonsumsi.

6. Mengutamakan Konsusmi Makanan Ringan Saat Berbuka Puasa


Ketika selama seharian berpuasa, lambung belum siap untuk menerima asupan makanan berat, seperti nasi atau jenis makanan lainnya. Lebih baik mulailah berbuka puasa dengan makanan ringan yang memang baik untuk tubuh, misalnya seperti kurma, madu, dan jenis makanan ringan manis lainnya.

7. Cukup Mengkonsusmi Air Putih


Air putih sering dilupakan saat berpuas, kebanyakan dari kita memilih minuman dingin dan mempunyai rasa yang lebih rasa yang lebih menarik, dan dapat melepaskan dahaga lebih cepat. Namun, air putih juga harus kita konsumsi, cairan dalam tubuh tercukupi dan tidak mengalami dehidrasi. konsumsi air putih yang disarankan adalah 8 gelas atau setara denagn 2 liter.

8. Kurangi Makanan Berminyak


Gorengan sering menajdi pilihan utama dalam berbuka puasa, padahal tersebut tidak baik untuk menjaga stamina tubuh. Kadar minyak dalam makanan yang masuk ke dalam tubuh dapat menimbulkan sel darah merah menggumpal dan terhambat. Akibatnya, aliran oksigen ke dalam tubuh akan berkurang hingga 20 persen. Dan badan akan cepat ngantuk dan lemas.

Baca Juga : 10 Hal Yang Bisa Membatalkan Puasa Ramadhan Yang Wajib Anda Ketahui

9. Mengkonsumsi Putih Telur


Saat berpuasa mengkonsumsi 2 butir telur bagian putihnya saat malam sangat baik untuk menjaga stamina tubuh. Telur merupakan sumber protein terbaik untuk tubuh. Kandungan protein tersebut dapat mengatur sumber energi dan stamina tubuh tetap terjaga meski sedang menjalankan puasa.

10. Konsumsi Multivitamin


Tips menjaga stamina saat puasa yang terakhir adalah dengan mengkonsumsi multivitamin. Mengkonsusmi multivitamin dapat menunjang tidak lemas saat beraktivitas dan akan terhindar dari penyakit yang mungkin akan menyerang.

10 tips diatas sangat penting untuk anda lakukan, agar puasa berjalan dengan maksimal. Selain itu, anada juga harus menghindari beberapa makanan yang tidak baik untuk kondisi tubuh saat berpuasa. Dengan demikian puasa akan lebih nikmat dan ibadah tidak terganggu.
LihatTutupKomentar
Cancel