Cara Memberi Harakat Pada Tulisan Arab di Word Dengan Mudah

Cara Memberi Harakat Pada Tulisan Arab di Word Dengan Mudah - Bahasa arab merupakan salah satu bahasa yang sering digunakan utamanya bagi anda yang mempelajari agama Islam. Pastinya akan sering mengetik menggunakan bahasa tersebut. Bagi yang sudah terbiasa sudah akan cepat seperti mengetik bahasa Indonesia. Bagi yang belum terbiasa tentunya letak dan poisisi huruf akan membingungkan.

Cara Memberi Harakat Pada Tulisan Arab di Word Dengan Mudah


Agar tidak membingungkan anda bisa memunculkan keyboard Arab virtual di laptop. Sehingga dengan mengacu pada keyboard yang tampil dilayar Anda akan lebih mudah mengetik. Namun sebelumnya anda harus menambahkan bahasa Arab ke menu language sehingga keyboardpun bisa menampilkan bahasa tersebut.

Jika anda merasa kesulitan meggunakan cara ini anda bisa membeli stiker keyboard bahasa Arab yang bisa dibeli di toko komputer atau bisa membeli secara online di marketplace. Dengan menempel  stiker tersebut ke keyboard anda sudah tidak perlu lagi menampilkan virtual keyboard di layar.

Cara Memberi Harakat Pada Tulisan Arab di Word Dengan Mudah


Penulisan  bahasa arab di microsoft word tidak bisa langsung sekaligus otomatis, antara huruf dan harakat terpisah. Jadi terlebih dahulu harus mengetik tulisannya setelah selesai baru bisa memberikan harakat. Cara ini bisa lebih cepat dibanding anda mengetik teks arabnya kemudian langsung harakatnya. Nah pada postingan ini kami akan memberikan anda cara melakukannya.

Tips Memberi Harakat Dengan Cepat


  • Jari kelingking sebelah kiri tekankan pada tombol Shift
  • Jari yang lain digunakan untuk mengetik kombinasi tombol yang lain
  • Jari tangan kanan gunakan untuk menekan tanda panah atas, bawah kanan dan kiri untuk memindah dari huruf ke huruf

Cara Memberi Harakat Pada Tulisan Arab di Word Dengan Mudah

Cara memberi harakat pada ketikan arab

Untuk menetik bahasa Aran keyboard sudah memberikan kombinasi tombolnya. Jadi untuk mengetik harakat tinggal anda gabungkan kombinasi tersebut. Oleh karenanya untuk pengetikan yang lebih cepat jari kelingking pada tombol SHIFT karena kombinasinya menggunakan tombol ini. Berikut kombinasi tombolnya :

Shift + Q         : Fathah
Shift + A         : Kasrah
Shift + E         : Dammah
Shift + W        : Fathah tanwin
Shift + R         : Dammah tanwin
Shift + S         : Kasrah tanwin
Shift + X         : Sukun
Shift + ~          : Tasdid

Akhir Kata


Demikianlah cara memberi harakat pada tulisan Arab di word dengan mudah. Awal memang sangat membingungkan apalagi anda belum hafal dengan kombinasi tombolnya, namun dengan seiring waktu jika anda selalu mengetik menggunakan bahasa Arab maka lama kelamaan anda akan terbiasa dan hafal kombinasi keyboardnya. Semoga bermanfaat.

LihatTutupKomentar
Cancel