10 Cara Mengetes Madu Asli Atau Palsu Dengan Metode Sederhana

8 Cara Mengetes Madu Asli Atau Palsu Dengan Metode Sederhana - Madu merupakan bahan alami yang memiliki segudang khasiat untuk kesehatan tubuh manusia. Manfaat madu dapat kita rasakan mulai perawatan kulit, membersihkan kulit wajah, menyembuhkan luka, dan sebagai antioksidan.

Oleh sebab itu, banyak berbagai macam produk mulai dari produk kecantikan, produk makanan, produk minuman yang berbahan dasar madu. Tak hanya itu saja, sekarang sudah banyak terjual produk - produk madu asli yang sudah banyak terjual di pasaran.

Namun, hal yang harus anda ketahui adalah cara membedakan antara madu asli dengan madu palsu. Dengan banyaknya produk - produk madu yang ditawarkan ke masyarakat yang berlebelkan madu asli, membuat persaingan begitu ketat. Kondisi seperti ini akan banyak memunculkan pihak - pihak yang hanya mengedepankan keuntungan.

Sehingga banyak madu yang dicampur dengan bahan lain seperti glukosa, sirop gula, molasses, dekstrosa, sirop jagung, pati jagung, invert gula dan bahan lainnya. Jika dilihat dengan kasap mata, mungkin produk madu seperti ini akan kelihatan asli, namun lain cerita jika dilakuakan pengetesan. Oleh sebab itu, kita sebagai konsumen harus lebih cerdas dalam menyikapi hal tersebut.

Cara mengetes madu asli atau palsu dengan metode sederhana dan mudah untuk dilakukan. Dengan melakukan beberapa pengetesan, anda dapat mengetahui apakah madu tersebut asli ataukah palsu. Nah, bagaimana cara melakukannya? Berikut beberapa cara mengetes keaslian madu yang wajib anda ketahui.

Cara Mengetes Madu Asli Atau Palsu Dengan Metode Sederhana


1. Merebus Madu Dengan Menggunakan Sendok



Cara mengetahui apakah madu tersebut asli atau palsu adalah dengan cara rebus madu di atas sendok. Dengan demikian anda dapat mengetahui keaslian madu tersebut. Caranya, tuangkan madu ke dalam sendok lalu panaskan dengan menggunakan api kecil. Jika madu tersebut mengeluarkan busa yang begitu banyak bahkan hampir tumpah, maka dapat disimpulkan madu tersebut adalah asli (murni). Namun jika sebaliknya, madu tersebut hanya mengeluarkan busa yang sedikit, dapat disimpulakan jika madu tersebut telah dicampuri dengan bahan lainnya, dengan kata lain madu tersebut adalah palsu.


2. Meneteskan Madu Ke Air





Cara selanjutnya adalah dengan meneteskan madu ke dalam air. Caranya, siapkan gelas yang berisi air putih, lalu teteskan madu ke dalam gelas tersebut. Jika ternyata tetesan madu jatuh ke dasar air dan tidak tercampur dengan air, maka madu tersebut dapat dikatakan asli. Dan jika tetesan madu tersebut tercampur dan terapung dengan air, maka dapat dipastikan bahwa madu tersebut adalah palsu.

3. Mengetahui Madu Asli Dengan Tisu


cara mengetahui madu asli dengan tisu


Menggunakan tisu juga dapat anda lakukan pakah madu tersebut madu asli atau palsu. Caranya, siapkan tisu yang agak tebal, lalu teteskan madu diatasnya. Jika madu asli, maka kertas tersebut tidak akan menyerap terhadup madu yang diteteskan dan madu tetap berada diatas kertas. Apabila madu tersebut palsu maka kertas akan menyerap madu yang sudah diteteskan.

4. Cek Dengan Semut



Meletakkan beberapa tetesan madu ke dalam piring lalu membiarkan beberapa saat dapat anda lakukan guna mengetes keaslian madu tersebut. Dalam uji coba tersebut kita akan melihat apakah madu tersebut dikerumuni semut atau tidak. Jika madu asli, mungkin tetap dikerubuti semut, hanya saja semut tersebut hanya berjumlah sedikit dan tidak akan masuk ke dalam madu. Karena madu asli mengandung enzim yang beraroma kuat dan semut tidak menyukai aroma tersebut. Dan jika nyatanya pring tersebut dikerumuni banyak semut, bahkan masuk masuk atau nyemplung ke dalam madu, maka madu tersebut adalah palsu dan sudah tercampur dengan bahan lainnya.

5. Dengan Cara Di Bakar


cara membedakan madu asli dan palsu dengan cara dibakar

Ciri madu asli juga dapat anda lihat dengan menggunakan korek api. Caranya, lumuri ujung korek api dengan madu, kemudian gesekkan korek api tersebut untuk dinyalakan. Apabila korek api tersebut menyala atau bisa dibakar, maka madu tersebut asli. Namun, jika korek api tersebut tidak menyala, maka madu tersebut palsu.


6. Membekukan Madu


Melihat Keaslian Madu Dengan DIbekukan

Untuk mengecek keaslian keaslian madu, anda juga dapat membekukan madu dengan cara memasukkan madu ke dalam kulkas atau freezer. Bila madu yang sudah dimasukkan ke dalam freezer tidak membeku setelah beberapa lama di dalamnya, maka madu tersebut asli. Namun jika sebaliknya. madu tersebut ternyata membeku, maka madu tersebut sudah tercampuri dengan bahan lain atau palsu.

7. Menggunakan alk*h*l


Selanjutnya adalah dengan menggunakan alk*h*l. Caranya, ambil proporsi yang sama antara madu dengan alkohol, kemudian tuangkan ke dalam gelas. Jika madu tersebut murni maka akan membentuk gumpalan. Sementara madu palsu atau yang sudah tercampuri dengan bahan lain, maka akan encer dan akan ditemukan cairan putih seperti susu, setelah uji coba.

8. Melihat Warna


Test Keaslian Madu Dengan Melihat Warna

Warna juga sangat berpenagruh terhadap keaslian madu. Madu asli akan biasanya terdapat kotoran alami, seperti serbuk atau bekas rumah lebah yang hancur karena proses penyaringan. Sedangka madu palsu mempunyai tampilan yang cukup menarik, yakni bersih, jernih dan cair.

9. Melihat Kekentalan



Anda juga bisa melakukan pengecekan apakah madu yang anda beli asli atau tidak adalah dengan menggunakan kuku. Caranya silahkan teteskan pada di atas kuku jempol tangan anda satu tetes saja jika tetesan tersebut meleleh dan luber kesamping bisa di pastikan bahwa madu tersebut tidak asli tapi jika madu tersebut tetap kental dan tidak luber maka madu tersebut asli.

10. Test Dengan Menggunakan Roti


Test Madu Asli Atau Palsu Dengan Menggunakan Roti

Cara ini sangat sederhana tinggal anda tambahkan madu pada roti perhatikan rasanya jika rasanya masih tetap renyah maka madu tersebut adalah madu asli. Namun sebaliknya kalau roti tersebut lembek maka bisa di pastikan kalau madu tersebut adalah palsu karena kadar airnya berbeda.

Demikian cara mengetes madu asli atau palsu dengan metode sederhana. Cara ini juga bisa dilakukan untuk produk madu kemasan misal seperti madu TJ atau, madu zuriat promil. Dengan melakukan beberapa pengetesan seperti yang telah dituliskan di atas, anda dapat mengetahui kemurnian madu tersebut. Setelah anda mengetahuinya, jangan gampang terpengaruh oleh merk suatu produk sebelum mengetesnya secara langsung.
LihatTutupKomentar
Cancel