Hindari Tagihan Bengkak, Segera Kirim Foto Meteran PLN Melalui Whatsapp Besok Terakhir

Beberapa bulan terahir banyak pelanggan PLN yang tidak mendapatkan subsidi bantuan mengeluhkan biaya PLN yang membengkak. Banyak masyarakat yang sepikulasi jika biaya listrik gratis adalah subsidi silang yang dilakukan PLN.

Namun PT PLN menepis tudingan masyarakat, Executive Vice President Corporate Communication & CSR PLN I Made Suprateka mengatakan bahwa tudingan masyarakat tersebut tidaklah mendasar, PLN tidak pernah menaikkan biaya listrik sejak 2017 silam. Kalaupun ada kenaikan penggunaan masing masing meteran tidak bisa dilimpahkan kepada pelanggan yang lainnya.

Hindari Tagihan Bengkak, Segera Kirim Foto Meteran PLN Melalui Whatsapp Besok Terakhir


Yang perlu diketahui bahwa sejak pandemi pencacatan stand meteran pelanggan pascabayar sudah tidak dilakukan secara manual dengan mendatangi rumah rumah. tapi sudah dilakukan secara online dengan meminta mayarakat mengirimkan foto stand meteran melalui Whatsapp.

Hal ini dilakukan sebagai bentuk physical distancing untuk menghindari penyebaran virus corona. Dikutip dari halaman situs resmi PLN (26/5/2020), untuk pelaporan bulan Mei, pengiriman foto dilakukan selama 4 hari, yakni dari 24 Mei sampai 27 Mei 2020. Artinya, besok jadi batas hari terakhir pelaporan foto stand meter listrik lewat WhatsApp.

Laporan nantinya yang akan dikirimkan oleh masyarakat via wa tersebut akan menjadi dasar perhitungan tagihan listri dalam tiap bulannya.

Bagaimana Jika Pelanggan Tidak Mengirimkan Foto Stand Meter ?


Jika pelanggan tidak mengirimkan angka stand meteran yang tertera pada waktu yang sudah ditentukan tersebut maka yang akan digunakan adalah angka stand hasil dari baca petugas PLN.

Namun jika dapat didatangi oleh petugas PLN dan pelanggan tidak mengirim foto stand meteran maka pemakaian listrik yang digunakan adalah pemakaian listrik dengan merata ratakan penggunaan selama 3 bulan terahir.

Tapi jika perhitungan rata rata 3 bulan kesalahan dan tidak sesuai dengan tagihan sebenarnya maka akan dilakukan perbaikan pada bulan berikutnya.


View this post on Instagram

Hai Electrizen, Apakah sudah Baca Meter Mandiri hari ini? Catat tanggalnya di 24 s.d. 27 setiap bulannya. Yuk cek pada grafis diatas bagaimana cara menggunakan layanan Baca Meter Mandiri PLN. PLN telah menyiapkan layanan baca meter mandiri melalui aplikasi WhatsApp Messenger PLN 123 dengan nomor 08122 123 123. Pelaporan baca meter mandiri oleh pelanggan yang valid, yaitu pengiriman foto angka stand meter akan dijadikan prioritas utama dasar perhitungan rekening listrik. Jika pelanggan tidak dapat mengirimkan angka stand & foto pada tanggal baca mandiri yang disediakan bagi pelanggan pada tanggal 24 s.d. 27, maka angka stand yg akan digunakan adalah hasil dari baca petugas PLN. Tetapi jika pelanggan tidak dapat mengirimkan foto angka stand meter ataupun tidak dapat didatangi oleh petugas PLN, maka pemakaian listrik akan diperhitungkan rata-rata 3 bulan terakhir. Selanjutnya, akan ada penyesuaian tagihan rekening listrik ketika nanti petugas PLN telah kembali dapat melaksanakan pembacaan meter ke rumah pelanggan saat kondisi kembali normal. Apabila Pengiriman angka stand & foto kWh meter oleh pelanggan diluar dari tanggal yang telah ditetapkan, yaitu tanggal 24 s.d. 27, maka tidak akan dijadikan angka tagihan listrik. Hubungi layanan Contact Center PLN 123 untuk menyampaikan informasi atau keluhan atas layanan kami. #PLNSiagaIdulFitri #CovidSafeBUMN #ListrikUntukSemua #PowerBeyondGenerations
A post shared by PLN (@pln_id) on

Lalu bagaimana Jika Pengiriman Terlambat ?


Untuk pelanggan yang terlambat mengirimkan foto di luar waktu yang ditentukan yaitu 24 - 27 Mei 2020 maka tidak akan dijadikan acuan perhitungan tagihan listrik pada tanggal tersebut. Oleh karena itu segera kirimkan foto stand meter listrik secepatnya sebelum waktunya berakhir.

Cara Mengirimkan Foto Meteran Listrik PLN

  • Hubungi PLN melalui WA di nomor 08122 123 123 
  • Ketik "Halo" Ketik 2 untuk melakukan baca meter mandiri 
  • Baca informasi yang muncul 
  • Masukan ID pelanggan 
  • Jika ID pelanggan dan hari baca sudah sesuai, silakan ketik angka stand kWh meter 
  • Ambil dan kirimkan foto kWh meter (angka stand harus terlihat jelas) Selesai. 
  • PLN akan melakukan verifikasi data yang telah dikirimkan pelanggan.
Oleh karena itu segeralah untuk mengirimkan foto tagihan meteran listrik anda melalui whatsapp sebagaimana yang tertera pada langkah diatas agar tagihan listrik anda tidak bengkak. 
LihatTutupKomentar
Cancel