7 Keutamaan Puasa Enam Hari Di Bulan Syawal Bagi Yang Melaksanakannya

7 Keutamaan Puasa Enam Hari Di Bulan Syawal - Setelah menjalankan satu bulan penuh puasa romadhan, tiba saatnya umat islam merayakan hari kemenangan yakni hari raya idul fitri yang jatuh pada tanggal 1 syawal.

Lebaran adalah momen untuk meluapkan kegembiraan dan kemenagan kita selama sebulan melaksanakan puasa. Namun dalam Islam, kita tidak diajarkan untuk berlebih - lebihan dan merayakan hari kemenangna dengan sewajarnya saja.

7 Keutamaan Puasa Enam Hari Di Bulan Syawal Bagi Yang Melaksanakannya


Setelah merayakan hari raya idul fitri, umat islam dianjurkan untuk melaksanakan puasa sunnah enam hari di bulan syawal. Puasa 6 hari syawal merupakan penyempurna ibadah puasa yang telah kita kerjakan.

Dalam melakasanakan puasa 6 hari di bulan syawal, tidak harus melakukannya secara berturut - turut. Akan tetapi kita tetap bisa melakukannya meski tidak berurutan, yang terpenting masih mengerjakannya di bulan syawal.

Keutamaan puasa enam hari di bulan syawal sangat penting untuk kita ketahui, karena dengan demikian kita lebih termotivasi untuk melakukannya.

Hukum puasa bulan syawal adalah sunnah  sama seperti puasa arafah, puasa senin kamis, puasa di bulan sya'ban, puasa tanggal 10 muharram, puasa ayyamul bidh dan puasa sunnah lainnya.

Akan tetapi disemua puasa sunnah tersebut mempunyai keutamaan masing - masing. Nah, disini kami akan membahas keutamaan apa saja yang akan kita dapatkan jika melaksanakan puasa enam hari di bulan syawal.

Lantas apa saja keutamaan tersebut? Yuk kita simak penjelasan di bawah ini.

1. Seperti Berpuasa Selama Satu Tahun


Hikmah puasa bulan syawal adalah seperti berpuasa selama satu tahun, sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW.

"Barang siapa yang berpuasa romadhan kemudian berpuasa enam hari di bulan syawal, maka dia berpuasa seperti setahun penuh". (HR. Muslim)



2. Mendapatkan Ganjaran 10 Kali Lipat


Keutamaan puasa dibulan syawal tidak hanya seperti berpuasa selama satu tahun penuh, namun juga diberikan ganjaran pahala sepuluh kali lipat. Hal tersebut dijelaskan dari hadits yang diriwayatkan oleh Abu Ayyub.

"Barang siapa mengerjakan puasa enam hari bulan syawal selepas idul fitri berarti ia telah menyempurnakn puasa setahun penuh. Dan setiap kebaikan diganjar sepuluh kali lipat".

3. Tanda Diterimanya Puasa Dibulan Romadhan


Dapat melakukan puasa enam hari dibulan syawal dengan baik, seolah menjadi tanda diterimanya puasa di bulan romadhan. Karena jika Allah menerima amalan seorang hamba, maka Allah akan menunjuki amalan selanjutnya. Dan jika Allah menerima amalan puasa dibulan romadhan, maka akan menunjuki amalan lainnya, salah satunya adalah puasa enam hari dibulan syawal.
Ibnu rajab juga menjelaskan tentang keutamaan puasa bulan syawal yang merupakan tanda diterimanya puasa bulan romadhan.

"Balasan dari amalan kebaikan adalah amalan kebaikan selanjutnya. Barang siapa melakukan kebaikan lalu dia melakukan kebaikan lainnya, maka itu adalah tanda diterimanya amalan yang pertama. Begitu pula barang siapa yang melaksanakan kebaikan lalu malah dilanjutkan dengan amal kejelekan, maka ini adalah tanda tertolaknya atau tidak diterimanya amal kebaikan yang telah dilakukan".

4. Menyempurnakan Ibadah


Puasa sunah enam hari dibulan syawal merupakan ibadah puasa yang ada kaitannya dengan puasa bulan romadhan. Puasa di bulan syawal akan menyempurnakan kekurangan - kekurangan yang ada pada bulan romadhan.

5. Mendapatkan Pertolongan Dari Rosulullah


Bepuasa 6 hari dibulan syawal merupakan suatu amalan yang diajarkan oleh Rosulullah. Dan orang yag melakukan puasa sunnah dibulan syawal akan mendapatkan syafaat dari Rosulullah di surga.

6. Merupakan Tanda Meningkatnya Iman


Pengertian bulan syawal adalah bulan peningkatan. Sesuai dengan namanya, siapa orang yang berhasil melakukan puasa 6 hari dibulan syawal, maka merupakan tanda bahwa iman orang tersebut telah meningkat.

7. Tanda Ikhlas


Seseorang yang dapat melakukan amalan sunnah, meruapakan suatu pertanda bahwa orang tersebut melakukannya dengan ikhlas. Karena didalam amalan sunnah tidak ada tuntunan dalam melakukannya. Beda dengan amal yang diwajibkan, kita seolah terbayang - bayang akan dosa apabila kita tidak melakukannya.

Idealnya puasa syawal enam hari dilakukan setelah hari raya idul fitri, yakni tanggal 2 syawal. Namun, jika seseorang tersebut mempunyai hutang puasa dibulan romadhan, maka oranf tersebut dianjurkan untuk mengqadha puasanya terlebih dahulu baru dilanjutkan dengan puasa sunah.

Demikianlah beberapa keutamaan yang akan kita dapatkan jika kita mampu melakukan ibadah puasa enam hari bulan syawal. Dan semoga Allah memberi kita kemampuan untuk menjalankan sunnahnya.
LihatTutupKomentar
Cancel