10 Pilihan Makanan Sehat Dan Bergizi Untuk Buka Puasa

10 Pilihan Makanan Sehat Dan Bergizi Untuk Buka Puasa  - Pada saat menjalankan puasa, kondisi tubuh memang harus lebih dijaga. Pasalnya, tidak sedikit orang yang cenderung makan terlalu banyak dan berlebihan, terlebih saat berbuka puasa, ditambah lagi dengan pola tidur yang tidak teratur. Alhasil tubuh akan menjadi cepat lelah dan lemah. Oleh sebab itu, hal yang pertama yang harus anda perhatikan adalah memperhatikan makanan yang dikonsumsi saat berbuka puasa dan sahur.

10 Pilihan Makanan Sehat Dan Bergizi Untuk Buka Puasa


10 pilihan makanan sehat untuk buka puasa yang akan kami sajikan pada kesempatan kali ini, merupakan jenis makanan yang mempunyai nilai gizi yang  baik dan tidak memberikan dampak negatif setelahnya. Karena bagaimanapun kesehatan merupakan proiritas utama, apalagi saat bulan romadhan yang mengharuskan mempunyai energi yang baik untuk melakukan serangkaian ibadah dan tidak menyia - nyiakannya.

Memilih makanan berbuka puasa memang harus lebih teliti. Setelah menahan haus dari terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari membutuhkan asupan makanan yang baik saat berbuka puasa. Dengan kata lain asupan makanan yang mampu mengembalikan energi dan stamina. Dan berikut merupakan penjelasan mengenai makanan sehat untuk berbuka puasa.

1. Kurma


Kurma adalah buah yang sangat identik dengan bulan romadhan dan menjadi andalan saat berbuka puasa. Buah ini termasuk buah baik dan sehat untuk dikonsumsi buka puasa karena karena kurma mengandung kalium, magnesium, vitamin b6, serat, anti oksidan dan zat besi. Selain itu, kurma mengandung gula alami dan kaya karbohidrat, sehingga sangat cocok untuk mengembalikan stamina dan energi yang hilang saat puasa. Mengawali buka puasa sebelum mengkonsumsi makanan lainnya sangat baik untuk kondisi tubuh.

2. Air putih


Sebenarnya saat berbuka puasa lebih baik minum air putih dari pada air es. Mengapa demikian? Karena saat perut tidak terisi selama seharian, lambungpun tidak langsung menerima sesutu yang keras, termasuk salah satunya air es atau sejenisnya. Oleh sebab itu, awali berbuka puasa dengan minum air putih saja. Selain itu, mengkonsumsi air putih yang cukup akan cepat mengembalikan cairan yang tubuh yang hilang.

3. Madu


Sebagaimana kurma, madu juga mengandung gula alami dan dapat megembalikan stamina dan energi yang hilang. Madu mengandung antioksidan, vitamin, kalium, kalsium, zat besi, mangan, sulfur, dan magnesium. Madu juga dapat melancarkan metabolisme, dan dapat mengatasi gangguan pencernaan.

4. Buah - buahan


Mengkonsumsi buah - buahan sangat cocok untuk menu buka puasa. Kandungan vitamin dan mineral pada buah - buahan mampu memenuhi kebutuhan harian tubuh selama seharian berpuasa. Dalammemilih buah sebaiknya memilih buah yang mengandung banyak air, seperti jeruk, pisang, pepaya, pir, dan apel. Selain dapat mengurangi dehidrasi dengan cepat, beberapa buah tersebut dapat menjadi menu buka puasa sehat untuk orang diet.

5. Sayur - sayuran


Pada saat berpuasa, lambung akan beristirahat sehingga ukurannya akan mengecil dan enzim pencernaan dalam tubuh akan berkurang. Sayur - sayuran merupakan jenis makanan yang sangat mudah dicerna oleh tubuh. Untuk itu, kami sarankan agar mengwali makanan saat berbuka puasa dengan mengkonsumsi sayur. Dan untuk memilih sayur, usahakan sayuran hijau, karena banyak mengandung nutrisi yang sangat baik untuk tubuh.

6. Telur


Makanan pilihan yang cocok untuk berbuka untuk berbuka puasa selanjutnya adlaah telur. Telur adalah makanan yang kaya akan protein, dalam satu butir telur terkandung 6 gram protein dan 9 macam asam amino. Kelebihan lainnya adalah telur merupakan makanan yang sangat mudah dicerna.

7. Kentang rebus


Kentang rebus dapat anda jadikan sebagai menu saat berbuka puasa dan sangat cocok untuk mereka yang sedang menjalankan diet. Kentang rebus adalah makanan yang rendah akan kalori, dan juga merupakan sumber karbohidrat kompleks yang berfungsi untuk mengembalikan stamina dan energi tubuh dengan cepat.

8. Oatmeal


Sebagaiman dengan jenis makanan lainnya, Oatmeal juga merupakan makanan yang dapat melancarkan pencernaan. Mengkonsumsi oatmeal saat berbuka puasa memberikan efek mengenyangkan lebih lama. Dengan demikian anda tidak perlu mengkonsumsi makanan lainnya, karena dengan mengkonsumsi oatmela sudah dapat mengembalikan energi yang hilang.

9. Yogurt


Saat buka puasa memang maunya makanan yang manis - manis. Nah, untuk hal ini sangat baik untuk kesehatan jika mengkobinasikan yogurt dengan buah - buahan. Yogurt dipercaya dapat melancarkan pencernaan.

10. Biskuit


Menu buka puasa terakhir adalah biskuit. Namun, harus dipahami yang dimaksut biskuit di sisni adalah biskuit yang terbuat dari biji - bijian utuh, salah satunya adalah gandum. Gandum kaya akan karbohidrat kompleks dan serat, yang mana kedua kandungan tersebut mampu menambah energi dan rendah lemak.

Demikianlah tips makan saat berbuka puasa. Selain mengkonsumsi makanan yang telah kami rekomendasikan, anda juga mengetahui beberapa makanan yang sebaiknya dihindari saat berbuka puasa, salah satunya adalah makanan pedas karena tidak baik untuk pencernaan. Tetaplah menjaga kesehatan selama bulan romadhan dan semangat dalam melakukan ibadah, sampai hari kemengan (idul fitri) datang. Selamat berpuasa dan semoga sukses.
LihatTutupKomentar
Cancel