7 Fitur Baru iOS 14 Yang Sudah Ada Di Android Sejak Lama

Melalui ajang tahunan Worldwide Developers Conference (WWDC) 2020, pada Selasa (23/6/2020), Apple resemi memperkenalkan sistem operasi generasi terbarunya, yakni iOS 14.Agenda tersebut digelar secar virtual untuk pertama kalinya dalam sejarah. Hal ini disebabkan karena pandemi virus Covid-19 masih terus berlangsung. 

7 Fitur Baru iOS 14 Yang Sudah Ada Di Android Sejak Lama


 Secara otomatis kehadiran iOS membawa sejumlah fitur - fitur baru dan peningkatan sebelumnya tidak dimiliki oleh iOS 13. Diantara peningkatan yang hadir dalam iOS 14, juga terdapat fitur - fitur yang sebelumnya telah hadir pada sistem operasi Android. Dan berikut adalah daftar beberapa  fitur tersebut.

7 Fitur Baru iOS 14 Yang Sudah Ada Di Android Sejak Lama


1. Widgets 


Fitur Widget telah hadir pada Google Android sajak tahun 2018. Dengan fitur ini pengguna iOS dapat melihat ramalan cuaca, jam alarm dan berbagai menu lainnya melalui layar home screen.Dan untuk kali pertamanya Apple memutuskan untuk mengikuti jejak Android, dengan menghadirkan Widget pada layar home screen iPhone. widget dapat ditemukan dengan mengusap layar kiri pada home screen.

2. Translate


Bagi pengguna Android dan Google, pastinya sudah tidak asing lagi dengan fitur Translate. Ya Translate telah hadir selama 14 tahun, dan aplikasi tersebut mampu menerjemahkan obrolan dalam delepan bahasa secara real-time. 

Nah, untuk pengguna iOS 14, sekarang sudah dapat menikmati kemudahan tersebut, bahkan fitur Translaslate mampu memnerjemahkan 11 bahas secara real-time.

3. App Library


Fungsi App Library adalah untuk mengelompokkan aplikasi ke dalam berbagai kategori tertentu secara otomatis, seperti recently added untuk aplikasi baru yang di instal, entertainment, sosial media, dan lain sebagainya. Dengan fitur ini, pengguna iOS 14 dapat menyembunyikan aplikasi yang terpampang pada layar home screen. Fitur juga dapat dibilang mirip dengan App Drawer, yang sebelumnya telah dimiliki Android. 

4. App Clips


App Clips berfungsi untuk memudahkan penggunanya dalam melakukan transaksi pembayaran. Fitur ini juga dilengkapi dengan fitur NFC dan QR Code, sehingga pengguna dapat memanfaatnya untuk melakukan kegiatan, misalnya membayar parkir. 

Kode pada Apps Clips dapat dibagikan melalui aplikasi perpesanan messages dan browser safari serta telah kompatibel pada Apple pay. 


5. Picture in Picture (PIP)


Bagi pengguna Android, mungkin sudah lama mengenal fitur Picture in Picture, karena fitur ini bukanlah hal yang baru. Dan sekarang fitur ini juga hadir pada iOS 14. Fitur ini memungkinkan pengguna meninton video, termasuk video chat dalam layar kecil sembari membuka aplikasi lain di ponsel. 

6. Wind Down Mode


Fitur Wind down Mode berfungsi membantu pengguna ketika akan tidur. Dengan fitur ini pengguna dapat mengatur waktu tidur sekaligus waktu bangunnya, dan memasang mode Not Do Disturb pada ponsel anda.


7. Apple Maps Cycling Directions


Apple Maps Cycling Directions menyajikan berbagai informasi yang bermanfaat seperti tingkat ketinggian dataran rute, kondisi kepadatan lalu lintas serta ketersediaan tangga disepanjang rute yang diambil. Jadi, selain menyediakan rute bagi pengendara sepeda motor, kendaraan bermobil dan pejalan kaki, maps ini turut menyediaken rute khusus untuk para pengendara sepeda. 
LihatTutupKomentar
Cancel