Cara Membersihkan Printer Dengan Benar Agar Tidak Cepat Rusak

Cara Membersihkan Printer Dengan Benar Agar Tidak Cepat Rusak - Printer adalah salah satu alat cetak yang kerap bermasalah jika tidak merawatnya dengan baik. Kerusakan tersebut muncul pada kartrid dan toner. Pemeliharaan dan perawatan rutin terhadap printer sangat penting untuk dilakukan, untuk dapat memastikan printer dalam kualitas cetak yang tetap prima. Sebaliknya, printer yang tidak terwat dengan baik akan cepat mengalami kerusakan. Dan hal tersebut tentu akan berdampak pada penurunan kualitas hasil cetakan.

Cara Membersihkan Printer Dengan Benar Agar Tidak Cepat Rusak


Saat ini, printer merupakan alat cetak yang sangat dibutuhkan, baik bagi mereka yang sudah bekerja ataupaun yang masih dalam dunia pendidikan. Salah satu penyebab mengapa printer cepat rusak adalah printer yang kotor dan cara pembersihannya tidaklah tepat. Ya, printer kotor akan selalu bermasalah, seperti contoh hasil cetakan yang tidak terlalu jelas dan terdapat garis - garis yang akan merusak dokumen.

Oleh sebab itu, kami di sini akan membagikan beberapa tips cara untuk membersihkan printer dengan benar. Namun, sebelum itu anda harus mengetahui terlebih dahulu jenis printer tersebut, apakah printer inkjet (infus) atau printer laser. Karena setiap jenis printer mebutuhkan metodologi pembersihan yang berbeda - beda. Pada dasarnya, printer laser mempunyai sistem cetak yang hampir sama denga  printer inkjet (infus). Hanya saja, printer laser menggunakan sinar laser untuk mencetak  dengan menggunakan tinta kering atau toner dari kartrid.

Nah, jika printer laser menghasilkan hasil cetak yang tak maksimal, seperti menghasilkan cetakan bergaris atau hasil cetakan yang tidak terlalu jelas, hal tersebut diesebabkan kartrid perlu dibersihkan. Dan berikut cara membersihkan kartrid yang baik dan benar

Cara Membersihkan Printer Dengan Benar Agar Tidak Cepat Rusak


Cara Membersihkan Printer Laser



  1. Petama, anda harus terlebih dahulu melepas kabel dan kertas dari printer dan letakkan kartrid di atas kertas.
  2. Setelah itu, bersihkan bagian dalam printer dengan menggunakan kain bersih. Karena printer laser menggunakan tinta kering sehingga dapat memudahkan untuk membersihkannya.
  3. Sedangkan untuk membersihkan dibagian roller, anda harus menggunakan kapas dan alkohol dengan hati - hati. Setelah pembersihan roller bagian dalam telah dibersihkan, anda juga harus membersihkan bagian luar agar terbebas dari debu dan kotoran lainnya.
  4. Setelah semuanya selesai, pasang kembali bagian - bagian printer dan menyambungkannya dengan PC. Dan juga lakukan tes cetak beberapa kali, hal tersebut bertujuan agar sisa - sisa kotoran pada kartrid terlepas dan menghilang.

Cara Membersihkan Printer Inkjet


Cara Membersihkan Printer Inkjet

  1. Terlebih dahulu, cabut printer dari sumber listrik, untuk menghilangkan resiko tersengatnya listrik selama proses pembersihan.
  2. Hilangkan debu dengan menggunakan semprotan kaleng udara. Penyemprotan harus dilakukan secara rutin di dalam atau disekitar printer untuk menghilangkan debu dan yang paling penting mencegah penumpuka debu.
  3. Bersihkan interior dengan menggunakan kain yang lembut dan bersih. Selain kain, gunakan juga alkohol yang dituangkan pada kain untuk membersihkan lapisan interior dan pisau karet pada kartrid tinta. Yang harus diingat jangan lakukan pembersihan dengan menggunakan cairan langsung ke dalam mesin tanpa menggunakan kain. Jika hal tersebut dilakukan maka akan mempercepat kerusakan pada pinter.
  4. Bersihkan juga bagian luar printer dengan menggunakan kain lembut yang basah
  5. Bersihkan printhead. Printhead merupakan bagian yang menyemprotkan tinta ke atas. Untuk membersihkan bagian ini, anda dapat menggunakan program di komputer. Caranya, control panel kemudian printing preferences. Setelah pemilahan printer, komputer akan memandu anda melalui proses pembersihan printhead. Selanjutnya, printer akan mencetak halaman uji guna untuk membandingkan dengan gambar pada layar.
  6. Jika printer memiliki pilihan membersihan diri di menu, pilihlah dan biarkan berjalan dengan sendirinya. Selain itu, anda juga harus pertimbangkan pembersihan cartridge inkjet untuk membersihkan nozel yang tersumbat.

Fungsi optimal pada printer inkjet juga dipengaruhi dengan pembersihan rol printer. Jika anda ingin membersihkan rol printer dengan benar, perhatikan langkah - langkah di bawah ini.

  1. Pertama, lepaskan kabel daya dari catu daya utama
  2. Buka casing printer dan menampakkan rol
  3. Kemudian ambillah kertas yang mungkin ada di tray input
  4. Lakukan pembersihan dengan cara satu tangan untuk mengambil kain basah pada roller, sedang tangan yang satunya gunakan untuk memutar roller terhadap kain. Lakukan cara ini dengan berulang kali hingga roller benar - benar bersih.
  5. Setelah pembersihan selesai, letakkan kembali kertas pada tray input
  6. Terakhir, pasang kembali casing printer serta masukkan kembali kabel power ke printer. Selanjutnya, lakukan percetakan pada beberapa dokumen guna untuk mengetes bahwa rol sudah bersih. Dan jika rol tidak dapat menarik kertas, dapat diambil kesimpulan jika rol belum sepenuhnya bersih.

Akhir Kata


Demikianlah tips atau cara membersihkan printer dengan benar agar tidak cepat rusak. Jika printer sudah terlanjur rusak, maka harus memperbaikinya dan hal tersebut membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Maka dari itu, rawatlah printer dengan cara membersihkannya secara rutin.
LihatTutupKomentar
Cancel