Cara Menghemat Memori Internal HP Android Agar Tidak Cepat Penuh

Cara Menghemat Memori Internal HP Android Agar Tidak Cepat Penuh - Melihat spesifikasi memori internal saat membeli HP termasuk hal yang penting, terlebih jika Anda banyak menggunakan aplikasi tentunya akan cepat habis. Anda akan merasa jengkel saat ingin install aplikasi ternyata memorinya tidak cukup.

Cara Menghemat Memori Internal HP Android Agar Tidak Cepat Penuh


Tidak hanya itu, handphone dengan memori yang thampir habis bisa lemot dan tetunya akan semakin membuat Anda ingin berganti HP, namun apalah daya jika belum ada uang untuk menggantinya dengan yang baru tentulah itu tidak akan terwujud.

Jika masalah ini yang terjadi kami akan memberikan beberapa tips yang memiliki handphone memori internal pas pasan agar tetap hemat. Denga tips ini memori Anda akan tetap cukup dan tidak perlu berganti handphone sementara waktu.

Cara Menghemat Memori Internal HP Android Agar Tidak Cepat Penuh


1. Rajin Bersihkan Cache Dan File Yang Tidak Digunakan


Membersihkan file cache di Android

Apa itu cache adalah riwayat atau history dan penyimpanan pengaturan, akun dan sebagainya. Walaupun tidak besar tapi cachne ini menggunakan memori internal namun jika Anada rajin dalam membersihkannya maka akan membuka sedikit ruang untuk install aplikasi kecil atau menyimpan file handphone Anda.

Saat ini handphone sudah banyak dibekali dengan aplikasi membersih cache jadi Anda tinggal memanfaatkan aplikasi bawaan tersebut untuk membershkan cache di handphone Anda. Salah satu aplikasi pembersih cache yang terkenal adalah CCleaner.

Selanjutnya yang perlu Anda bersihkan adalah file file yang tidak digunakan, biasanya dari aplikasi perpesanan seperti whatsapp yang selalu menyimpan file kiriman baik gambar, video maupun audio ke memori internal secara langsung. 

Untuk mengurangi kapasitas silahkan hapus gambar dan video yang tersimpan yang sudah tidak digunakan dan tidak mau di tonton. Dengan begitu konsumsi memori internalnya akan semakin sedikit.

2. Install Aplikasi Versi Lite




Beberapa aplikasi yang banyak mengkonsumsi ruang yang besar di hanphone adalah aplikasi Media Sosial salah satunya Facebook. Di Google Play Aplikasi Facebook memiliki 2 versi yaitu versi biasa dan versi Lite.

Saya sendiri pernah mengalami handphone kapastitas memorinya lumayan besar yaitu 34 MB. Namun setelah menginstall beberapa aplikasi kapasitaspun hampir habis. Ternyata ketika dilihat kapasitas penggunaan memori ternyata Facebook memakan alokasi memori terbesar yaitu kisaran 600 MB.

Namun ketika mencoba menggunakan versi Lite ternyata kapasitas memori internalnya turun drastis dan bisa menginstall banyak aplikasi kembali. Jika aplikasi yang ingin kita install tidak memiliki versi Lite pilih aplikasi yang sejenis yang lebih ringan.

3. Disable Aplikasi Yang Tidak Digunakan.



Saat membeli hanphone pertama kali tentunya akan banyak sekali menumakan aplikasi bawaan handphone. Namun belum tentu Anda menggunakan aplikasi tersebut. Nah biar memori tidak cepat penuh maka silahkan disable aplikasinya. Misal aplikasi Hangout, Maps, Dan masih banyak yang lainnya. Aplikasi ini hanya dibutuhkan sewaktu waktu saja. Gunakan aplikasi wajib saja seperti whatsapp, Facebook dan sebagainya,

Jika Aplikasi ini dibutukan oleh Anda maka tinggal aktifkan kembali dengan mengklik aplikasi dan pilih menu Enable. Namun fitur Disable tidak tersedia di untuk aaplikasi yang bukan bawaan handphone.

Cara untuk disable aplikasi adalah sebagai berikut :
  1. Buka menu Settings pada handphone
  2. Pilih Aplications
  3. Pilih aplikasi yang ingin di disable
  4. Klik menu Disable

4. Memindahkan File Ke Memori External




Biasanya handphone pasti dilengkapi dengan penyimpanan eksternal yang lebih besar daripada memori internal. Nah file atau aplikasi yang berada di internal memori handpone Anda silahkan pindahkan ke memori eksternal. Tidak semua aplikasi bisa dipindahkan biasannya aplikasi bawaan handphone sedangkan aplikasi tambahan bisa dipindahkan ke memori eksternal.

5. Hapus Aplikasi Yang Memiliki Fungsi Yang Sama


Kebanyakan pengguna handphone suka melengkapi berbagi aplikasi handpone mereka dengan beragam aplikasi termasuk yang sama misal browser. Jika memori handphone Anda pas pasan maka tidak perlu untuk menginstall web browser yang bermacam cukup gunakan satu saja misalkan Goole Crome saja. Jika browser bawaan yang tidak bisa dihapus maka disable saja.

Langkah untuk menghapus aplikasi di Android adalah sebagai berikut :
  1. Pilih Settings di handphone
  2. Klik menu aplications
  3. Pilih aplikasi yang akan di hapus
  4. Klik Unistall

6. Hapus Pesan Di Aplikasi Dan SMS


Aplikasi perpesanan merupakan aplikasi yang paling banyak digunakan di hanphone. Setiap hari Anda akan selalu mengirim kepada siapun. Jika ini terus dilakukan dan tidak pernah menghapusnya maka Anda akan melihat kapasitas aplikasi tersebut akan terus membesar. Cobalah lihat aplikasi Whatsapp bandingkan ketika baru pertama install dengan sekarang tentunya akan jauh perbandingan.

Walaupun bisa tidak begitu banyak menelan kapasitas memori tapi paling tidak bisa mengurangi beban kerja dari memori internal dengan melakukan clear chat yang sudah kadaluarsa. Begitu juga dengan sms silahkan hapus sms yang sudah lama di handphone Anda.

Akhir Kata


Sebesar apapun kapasitas memori internal Anda jika tidak pernah memperhatikan dan mengabaikan saja dengan berbagai file yang menumpuk maka lama kelamaan juga akan menguras kapasitasnya. Cara diatas tidak hanya buat Anda yang memiliki handphone dengan memori kecil namun juga memori besar agar handphone tetap dalam kondisi baik walau digunakan bertahun tahun.
LihatTutupKomentar
Cancel