Cara Cek Baterai Laptop Dengan CMD (Command Prompt) Windows 7, 8 dan 10

Cara Cek Baterai Laptop Dengan CMD (Command Prompt) Windows 7, 8 dan 10 - Baterai PC habis saat sedang kerja, internet, main gim, dan jelajah pastinya akan membuat kita sangat kesal. Seperti perangkat elektronik lainnya yang menggunakan baterai, laptop juga tidak lepas dari masalah low battery. Dalam kondisi normal, baterai laptop biasanya akan akan mempu bertahan hingga 6-8 jam.

Cara Cek Baterai Laptop Dengan CMD (Command Prompt) Windows 7, 8 dan 10


Diketahui setiap baterai memiliki masa pakai yang dari waktu ke waktu akan berkurang dan pada akhirnya akan berhenti berfungsi secara efisien. Sebelum kondisi tersebut terjadi, kita harus mengetahui bagaiamana cara memeriksa baterai laptop. 

Namun, sebelum kita membahas lebih lanjut bagaimana cara mengecek kesehatan baterai laptop, kita terlebih dahulu akan membahas tentang apa itu siklus baterai. Pada dasarnya siklus bateri adalah jumlah berpa kali anda men-charge daya bateri laptop saat membelinya. 

Setiap pengisian baterai penuh (dari 0% sampai 100%) dihitung sebagai satu siklus penuh. Nah, semakin tinggi jumlah siklus baterai yang dimiliki, semakin tua baterai anda dan semakin cepat mencapai batas sebelum akhirnya berfungsi normal. 

Cara Cek Baterai Laptop Dengan CMD (Command Prompt)

Windows 7


Nah, untuk mengecek baterai laptop windows, anda dapat mengecek kesehatan baterai dengan mengikuti beberapa langkah di bawah ini.

1. Klik tombol start dan ketik perintah 'cmd' dan jalankan program ini dengan Run As Administrator dengan klik kanan

Cara cek baterai di windows 7

2. Ketika kalimat powercfg -energy dan tekan enter. Tunggu hingga proses selesai.
3. Setelah itu, silahkan buka hasil laporannya di C:/ WINDOWS / system 32 di laman File Expolorer dan cari batteray-report.html. Klik dua kali di file itu untuk membukanya. 

Cara cek baterai di windows 7


4. Scroll ke bawah hingga bagian Batteray Information untuk melihat data Design Capacity, Full Charge Capacity dan Cycle Count.


5. Terus ke bawah untuk menemukan Batteray Life Estimates untuk mengetahui berapa lama laptop anda mampu bertahan dalam sekali charge, dengan kondisi baterai saat ini.


Windows 8 Dan Windows 10


Nah untuk windows 8 hanya berbeda printah saja langkah mulai dari awal hingga akhir sama dengan windows 7. Untuk codenya sendiri diganti dari powercfg -energy ke powercfg /batteryreport seperti di bawah ini :

Cara cek baterai di windows 8 dan 10


Silahkan cek hasilnya di lokasi yang sama dengan windows 7 tadi. Maka disana Anda akan melihat informasi batrai Anda.


Pada informasi installed batteries ada dua istilah yang mungkin anda bingung memahaminya yaitu Design Capacity dan Full Charge Capacity. Untuk Design Capacity itu artinya kondisi laptop anda saat pertama kali dibuat, dan sedangkan full charge capasity adalah kapasitas maksimal full ketika di cas. 

Mangapa terjadi penurunan ? itu artinya kondisi laptop anda sudah mengalami penurunan dan semakin turun daya full charger capacitynya maka usia baterai akan semakin sedikit.

Akhir Kata


Semoga informasi tentang cara cek baterai laptop dengan CMD (Command Prompt) bermanfaat. Cara ini lebih kami sarankan daripada menggunakan aplikasi kenapa ? kenapa karena CMD ini adalah bawaan windows yang jelas akan lebih mengetahui tentang kondisi sebuah baterai laptop yang ada.

LihatTutupKomentar
Cancel