Cara Screenshot Panjang Di HP Samsung Dengan Mudah

Cara Screenshot Panjang Di HP Samsung - Samsung bisa dibilang sebagai vendor smartphone nomor satu di dunia, tak terkecuali Indonesia. Diketahui jika Samsung tidak hanya bermain di kelas atas, melainkan juga bermain di kelas menengah maupun bawah. 

Cara Screenshot Panjang Di HP Samsung


Selain canggih, Samsung juga merupakan salah satu smartphone yang mempunyai fitur dan desain yang cukup menarik. Walaupun harganya lebih tinggi dari jenis smartphone lainnya, tapi pengguna akan puas dengan kelebihan yang dimiliki oleh Samsung. 

Bagi anda yang baru menggunakan smartphone Samsung, seringkali dibingungkan bagaiman cara menscreenshot panjang di smartphone Samsung. Dengan scrool screenshot memungkinkan pengguna menangkap layar dengan lebih panjang sehingga tidak terpaku pada satu tampilan saja. Fitur ini juga sangat memudahkan bagi pengguna jika ingin mengabadikan informasi dalam web atau dokumen yang panjang ke dalam satu gambar satu saja. 

Nah, berikut adalah tutorial screenshot panjang untuk smartphone Samsung. Screenshot panjang ini tidak tersedia disemua versi HP Samsung namun hanya di seri Galaxy saja seperti Samsung Galaxy A51, A50s, A71, A20s, dan sebagainya.

Dengan Smart Capture


Screenshot Panjang Dengan Smart Capture


1. Pertama, anda dapat membuka terlebih dahulu menu atau aplikasi setting
2. Pada halaman setting, anda dapat memilih menu Advanced Featurs
3. Kemudian, anda dapat mengaktifkan Smart Capture
4. Selanjutnya, anda dapat menentukan area web atau dokumen yang anda screenshot
5. Kemudian, tekan tombol power dan home secara bersamaan dalam beberapa detik
6. Nantikan sampai layar berkedip dan suara shutter terdengar yang menandakan jika smartphone telah mengambil screenshot. Dan setelah itu, nantikan hasil screenshot dengan menampilkan beberapa menu, seperti Capture More, Share, dan Crop.
7. Apabila anda sedang mengakses dokumen atau web dengan halaman yang panjang, maka dapat memilih menu Capture More.
8. Setelah anda memilih Capture More, maka smartphone akan akan melakukan scroll halaman web atau dokumen ke bawah secara otomatis hingga mendapatkan semua informasi yang diinginkan.
9. Jika bukan menu Capture More, maka namanya telah menjadi Scroll Capture
10. Hasil sari screenshot panjang dapat anda lihat di aplikasi galeri. 

Dengan Aplikasi Install Longshot



Screenshot panjang Dengan Aplikasi Install Longshot


Seperti yang disampaikan bahwa tidak semua tipe HP Samsung memiliki fitur untuk mengambil screenshot panjang maka jalan satu satunya adalah dengan bantuan aplikasi pihak ketiga yaitu aplikasi Longshot. Aplikasi bisa digunakan untuk semua jenis HP.

Aplikasi ini gratis bisa mengambil long screenshot baik itu website, chatingan dan sebagainya. Cara menggunakannyapun sangat mudah 

1 Silahkan Anda download aplikasi Longshot
2. Silahkan buka Aplikasinya dan klik icon Capture Screenshot


3. Klik Enable pada permisi melakukan capture aplikasi lainnya
4. Kemudian kembali dan klik Continu maka akan muncul menu Start, Cancel dan Done. Untuk melakukan screenshot panjang silahkan klik Start.



Kemudian Anda tinggal membuka website yang ingin Anda capture. Setelah selesai tinggal Anda klik menu Done.Selanjutnya Anda bisa mengedit, dan membuang bagian bagian yang tidak perlu dengan mengklik Adjust.



Akhir Kata


Demikianlah langkah - langkah untuk melakukan screenshot panjang pada smartphone Samsung. Cara tersebut sangat mempermudah untuk penggunanya untuk menyimpan dokumen atau mengirimnya. 
LihatTutupKomentar
Cancel