Cara Setting IP Di Handphone Android Secara Statis

Cara Setting IP Di Handphone Android Secara Statis - Saat ini tidak hanya komputer atau laptop saja yang bisa dihubungkan ke dalam jaringan tapi handphone juga sudah dibekali dengan jaringan wireless yang bisa teerhubung ke dalam jaringan kapan saja dan dimana saja. 

Cara Setting IP Di Handphone Android Secara Statis


Sebelumnya kami telah mengulas bagaimana cara menghubungkan handphone ke dalam jaringan Lan Lokal. Sebenarnya di dalamnya telah diulas bagaimana setting IP di handphone agar bisa terkoneksi ke dalam sebuah jaringan lokal atau jenis jaringan lainnya yang memberikan ip tertentu.

Lebih spesifiknya di handphone disediakan 2 konfigurasi IP yaitu DHCP dan Statis. Untuk DHCP anda sudah tidak perlu melakukukan konfigurasi IP pada handphone Anda karena sudah diberikan secara otomatis dari server. 

Biasanya settingan jaringan DHCP ini banyak terdapat pada jaringan wifi umum yang digunakan dirumah rumah. Dan untuk yang statis banyak dilakukan untuk jariaangan lokal. Misal yang lagi banyak dilakukan saat ini adalah ujian online. Karena alasan keterbatasan perangkat komputer maka handphone digunakan walaupun secara tampilan kurang begitu lebar namun tentunya ini lebih praktis.

Nah jika saat ini Anda lagi akan menghubungkan handphone Anda ke dalam jaringan dan perlu mengatur IP statisnya maka silahkan ikuti panduan dibawah ini.

Cara Setting IP Di Handphone Android Secara Statis


1. Koneksikan dulu wifi Anda ke dalam jaringan
2. Buka settings pada handphone 
3. Pilih Connection, pilih Wifi, dan kemudian tab jaringan wifi yang terkoneksi maka akan muncul konfigurasi. Untuk Android 10 silahkan klik icon yang ada disamping jaringan.


4. Selanjutnya klik Advanced


5. Pada IP settings silahkan pilih opsi Static


6. Kemudian silahkan masukkan IP Address, Gatheway, dan DNSnya.
7. Setelah selesai silahkan klik Save

Setelah klik save maka wifi akan kembali terkoneksi ke dalam jaringan secara otomatis. Bagaimana mudah bukan ? Untuk IPS disesuaikan dengan IP yang ada pada server. Misal 192.168.1.1 demikian juga settingan DNSnya disesuaikan dengan jaringan. Semoga panduan ini bisa membantu Anda.
LihatTutupKomentar
Cancel