Cara Backup Kontak Di HP Android Ke Akun Google Agar Tidak Hilang

Cara Backup Kontak Di HP Android Ke Akun Google Agar Tidak Hilang - Kontak di handphone adalah merupakan salah satu data berharga yang perlu Anda backup agar suatu saat ketika mengganti handphone atau hilang Anda bisa masih memiliki kontak teman teman Anda. Banyak orang yang tidak melakukan antisipasi ini mereka mengira akan selamanya menggunakan handphone tersebut.

Cara Backup Kontak Di HP Android Ke Akun Google Agar Tidak Hilang


Salah tempat yang paling direkomendasikan adalah penyimpanan online salah satunya Google yang merupakan tempat paling aman untuk menyimpan file penting Anda. 

Google menyediakan aplikasi contacts. Sebenarnya setiap nomer yang disimpan dalam akun Google semuanya tersimpan diaplikasi contacts ini namun terkadang Anda menyimpannya di sim card. Nah kontak yang ada sim card inilah yang mudah hilang jika anda berganti HP atau sim card rusak.

Sebenarnya tidak hanya aplikasi kontak aja yang bisa untuk menyimpan data beberapa alternatifnya yang bisa Anda gunakan adalah email, Google drive, dan penyimpanan lainnya. 

Namun syaratnya harus mengexport terlebih dahulu dalam format vcf.  Ketika Anda membutuhkan kontak tersebut pada suatu saat tinggal Anda downlod dan import saja.

Cara Backup Kontak Di HP Android Ke Akun Google Agar Tidak Hilang


Cara Export Kontak Di Handphone Android


Berikut adalah langkah langkahnya :


Cara Export Kontak Di Handphone Android


1. Silahkan klik menu Contacts di handphone
2. Klik strip tiga diatas daftar contact
3. Klik opsi Manage Contact
4. Pilih Import dan Export Contcts
5. Klik menu Export lalu pilih penyimpanan yang diinginkan untuk menyimpan hasil export kontak lalu klik Export maka akan ada konfirmasi lalu klik Allow dan file export akan tersimpan

Cara Export Kontak Di Handphone Android



Menyimpan Export Kontak Ke Akun Google


1. Silahkan buka www.google.com
2. Lalu pilih menu kotak yang berisi semua aplikasi Google
3. Pilih Aplikasi Contacts dan klik OK

Menyimpan Export Kontak Ke Akun Google

4. Pilih strip tiga di atas disebelah tulisn Contacts
5. Pilih opsi Import kemudian pilih File

Menyimpan Export Kontak Ke Akun Google

6. Pilih menu Files, klik strip tiga dan pilih  MICROSD
7. Dan bagian bawah ada file Contacts.vcf klik menu tersebut
8. Maka akan muncul tampilan sebelumnya dan klik Impor maka export kontak tadi akan masuk ke akun google.


Akhir Kata


Jika anda memilih untuk menyimpan di Email tinggal anda buka email dan buat email baru dengan mengirim ke akun email anda sendiri lalu attachment atau lampirkan kontak yang sudah di export tadi maka suatu saat anda bisa mencari email tersebut tadi.

Itulah panduan untuk backup kontak di hp Android Anda ini harus dilakukan segera agar semua kontak anda terselamatkan. Kami menyarankan untuk menyimpan di berbagai aplikasi, tidak hanya di akun google saja karena jika suatu saat lupa email dan password tempat anda menyimpan kontak saat ini masih ada alternatif untuk menyelamatkan kontak penting Anda.
LihatTutupKomentar
Cancel