10 Aplikasi Scaner di HP Android Terbaik Dan Gratis

Daftar Isi [Tampil]

10 Aplikasi Scaner di HP Android Terbaik Dan Gratis - Bagi anda pekerja kantor ataupun mahasiswa pastinya sangat membutuhkan mesin scanner untuk mendigitalisasi dokumen penting, sperti Ijazah, kartu keluarga, dan draft perjanjian yang harus ditandatangani. Namun apa jadinya jika anda tidak memiliki perangkatnya, pastilah hal tersebut akan sangat merepotkan bukan? 


10 Aplikasi Scaner di HP Android Terbaik Dan Gratis


Tapi anda tidak perlu khawatir, karena sekarang terdapat beberapa apliksai scanner dokumen di HP. Dan itu merupakan salah satu apliksai esensial yang harus anda unduh untuk mempermudah urusan anda. Dengan anda memiliki aplikasi tersebut di ponsel androidmu, maka mendigitalisasi dokumen bukanlah perkara yang sulit. 

Dalam hal ini ada banyak jenis aplikasi scan HP yang dapat anda unduh dan pasang, namun tidak semua aplikasi tersebut memberikan hasil yang maksimal. Oleh sebab itu, kami di sini akan mengenalkan beberapa aplikasi terbaik yang memiliki algoritma tersendiri yang akan membuat hasil scan lebih tajam untuk dokumen PDF maupun lainnya. 

Tidak hanya terbaik tapi kami juga memilihkan aplikasi scanner yang gratis. Berikut deretan aplikasi scan HP yang terbaik yang dapat anda andalkan untuk scanning dokumen penting.

1. Easy Scanner



Easy Scanner adalah salah satu aplikasi scan yang memiliki ukuran sekitar 25 MB dan telah digunakan kurang lebih 500 ribu pengguna android. Aplikasi ini berfungsi untuk memindai dokumen ke dalam bentuk JPG dan PDF dengan hasil yang memuaskan. 

Karena aplikasi ini termasuk aplikasi ringan, maka sering terjadi hang jika terlalu banyak memindai dokumen. oleh sebab itu, gunakan aplikasi ini sesuai standart kenerjanya agar tidak mengurangi kualitasnya. 

2. Adobe Scan



Selanjutnya adalah aplikasi Adobe Scan. Dalam aplikasi ini, anda anda bisa menandai semua data penting seperti memindai dokumen dan kwitansi. Aplikasi ini merupakan aplikasi memindai dokumen yang terbilang masih baru. 

Aplikasi Adobe Scan mampu memindai berbagai jenis dokumen. Namun, jika anda tidak terlalu akrab dengan aplikasi ini, maka akan merasa toolsyang tersedia kurang ramah, karena Adibe Scan termasuk aplikasi berat. 

3. ScanPro App 



Aplikasi ScanPro - PDF Dokumen Scanner adalah aplikasi yang memiliki ukuran 23 MB dan telah didownload lebih dari 1 juta pengguna Android. Aplikasi ini dirancang oleh Doo GmBH. 

Selain merupakan salah satu aplikasi scanner gambar dan dokumen yang hasilnya berupa JPG dan PDF, aplikasi ini juga dapat mengedit tulisan langsung di dokumen. Karena ukuran aplikasi ini termasuk ringan, maka anda bisa langsung melakukan editing. Namun, terkadang aplikasi ini muncul bug, karena belum mendukung format gambar. 

4. Office Lens 



Aplikasi Office Lens merupakan aplikasi yang menawarkan kualitas hasil yang baik untuk hal seperti, papan tulis, kartu nama, sketsa, catatan, kwitansi dan sebagainya. Bisa dibilang aplikasi ini sangat cocok digunakan untuk keperluan bisnis dan sekolah. 

Aplikasi dari microsoft ini juga terdesedia bahasa Ingggris, China, Jerman, dan Spanyol. Namun, dibalik beberapa kelebihan yang dimiliki oleh aplikasi ini, juga terdapat kekurangannya yakni memuliki ukuran yang cukup besar sehingga tidak cocok jika digunakan oleh smartphone kelas menengah ke bawah.

5. Camera Scanner Image Scanner



Berbanding terbalik dengan aplikasi sebelumnya, jika aplikasi Office Lens merupakan aplikasi yang memiliki ukuran yang cukup besar, sedangkan Aplikasi Camera Scanner Image Scanner adalah aplikasi ringan. 

Aplikasi ini memiliki ukuran sekitar 10 MB dan sudah didownload oleh 1 juta pengguna Android. Aplikasi ini merupakan ciptaan AccountStudio. Camera Scanner image Scanner merupakan aplikasi yang berfungsi untuk memindai dokumen secara cepat menjadi format file JPG dan PDF. 

6. Simple Scan



Aplikasi Simple Scan menawarkan beberapa mode pemrosesan gambar yang dapat anda pilih dan hasil akhirnya lebih jelas. Aplikasi ini termasuk aplikasi pemindai dokumen PDF sederhana, dan menghasilkan file yang berformat JPEG atau PDF. 

Meski memiliki banyak fitur yang tersedia, namun tetap aplikasi termasuk sederahna untuk digunakan. Saat ini, aplikasi ini hanya mampu menyimpan file dalam format JPG dan PDF.

7. CamScanner



Aplikasi CamScanner merupakan aplikasi yang memiliki ukuran sekitar 37 MB dan sudah didwnload lebih dari 100 juta pengguna Android. Aplikasi diciptakan oleh INSTIG Information Co. Aplikasi ini berfungsi untuk memindai dokumen menjadi gambar atau file PDF. 

Ada banyak fitur yang disediakan aplikasi ini, yang paling penting adalah hasil dari scaner yang berkualitas karena aplikasi bisa meningkatkan secara otomatis. Selain itu aplikasi ini juga memiliki fitur OCR ( Pengenalalan Karakter Optik ) yang bisa memindahi gambar menjadi teks. Hasil scanner juga bisa dibagikan keberbagai sosial media.

8. Turbo Scan



Aplikasi Turbo Scan memiliki fitur dasar untuk sebuah scanner dan termasuk aplikasi yang ringan. Aplikasi ini dapat memproses pemindah yang sangat cepat serta dapat menyimpan dokumen ke PDF, JPEG atau PNG. 

Aplikasi ini mempunyai kelebihan dibanding aplikasi lainnya, yakni proses scanning yang tergolong cepat dan memiliki fitur lengkap meski terkadang muncul bug. 

9. Tiny Scanner - PDF Scanner App



Sama sepertti aplikasi Turbo Scan, aplikasi Tiny Scanner juga termasuk aplikasi ringan. Aplikasi ini mempunyai ukuran sekitar 17 MB dan sudah didownload lebih dari 10 juta pengguna Android. aplikasi ini dirancang oleh Appxy. 

Fungsi dari aplikasi ini adalah mengubah format menjadi PDF dan JPEG. Cara scan gambar untuk menjafi file PDF dapat dilakukan dengan mudah yakni hanya dengan memotret saja.

10. Genius Scan



Aplikasi Genius Scan menawarkan fitur untuk memperbaiki fitur pemindaian dokume seperti catatan sekolah dan lainnya. Genius Scan merupakan salah satu aplikasi yang cukup populer, karena aplikasi ini mendukung fitur utama untuk pemindaian dokumen, konversi, dan pembagian. 

Beberapa aplikasi yang telah kami rekomendasikan dapat anda manfaatkan untuk mempermudah keperluan anda dan alur kerja anda lebih cepat dan juga terarah. Dan dengan beberapa aplikasi tersebut, anda tidak memerlukan lagi mesin scanner. 

Baca Juga :