Cara Mengetahui Kode Kelas Di Google Classroom Di HP Android dan PC

Daftar Isi [Tampil]

Cara Mengetahui Kode Kelas Di Google Classroom - Mengetahui kode kelas adalah salah satu hal yang terpenting jika Anda menggunkan Google Classroom dalam pembelajaran secara online, karena siswa Anda bisa bergabung ke dalam kelas yang Anda dengan kode tersebut. 


Cara Mengetahui Kode Kelas Di Google Classroom Di HP Android dan PC


Masing masing kelas yang Anda buat nantinya akan memiliki kode tersendiri. Anda bisa mengirim kode tersebut ke siswa Anda atau juga bisa memberikan link kelas. Ketika siswa mengklik link tersebut maka siswa akan langsung bergabung ke dalam kelas tanpa harus memasukkan kode lagi.

Tergantung Anda mana yang paling mudah. Jika Anda memilih memberikan kode maka silahkan simak panduan di bawah ini ya. Kami telah mempersiapkan 2 panduan untuk Anda yang menggunakan HP dan juga yang menggunakan PC atau komputer.

Cara Mengetahui Kode Kelas Di Google Classroom Di HP

HP menjadi ujung tombak dalam pembelajaran online saat ini karena tidak semua siswa memiliki komputer oleh karena dalam panduan pertama kami akan memberikan panduan melihat kode kelas di Google Classroom lewat HP.


  • Silahkan buka aplikasi Google Classroom. Klik bagian Classes untuk melihat seluruh kelas. 
  • Kemudian pilih kelas yang akan kita lihat kodenya
  • Lalu klik menu Roda Gear lalu pada bagian General Anda akan melihat kode kelas
  • Untuk mencopy tinggal Anda klik saja pada kodenya maka akan tercopy otomatis selanjutnya tinggal Anda bagikan ke siswa Anda

Cara Mengetahui Kode Kelas Di Google Classroom Di PC

Menggunakan PC memang lebih nyaman dengan tampilan yang lebar. Nah jika Anda menggunakan komputer dalam mengelola kelas Anda maka simak langkah langkah di bawah :


  • Silahkan buka google classroom dengan mengklik alamat : https://classroom.google.com/
  • Kemudian daftar silahkan pilih kelas yang akan dilihat kodenya
  • Pada header kelas Anda sudah bisa melihat kode kelas. Silahkan klik kotak kecil yang ada disamping maka kode akan muncul dalam tampilan besar lalu tinggal Anda copy dan bagikan
  • Anda juga bisa menemukan kode kelas di menu settings di bagian kanan atas kelas yang Anda buka
  • Digabian General Anda bisa melihat kode kelas dan kemudian tinggal Anda copy dan bagikan kepada siswa
Jika belum jelas bisa melihat video di bawah ini 

Cara Bergabung Ke Dalam Kelas di Google Classroom

Jika siswa Anda sudah menerima kodenya maka mereka tinggal masuk ke dalam kelas dengan Class Code tersebut dengan cara mengklik menu tanda plus ( + ) yang ada dibagian atas lalu pilih Join lalu tinggal masukkan kodenya.

Apakah Bisa Melihat Kode Kelas Sebagai Siswa ?

Siswa tidak bisa secara langsung melihat kode kelas. Kode kelas hanya bisa dilihat mereka yang membuat kelas. Siswa hanya cukup menerima kode dari guru saja untuk bergabung ke dalam kelas. Lalu bagaimana jika mereka lupa kode kelas yang diberikan ? kode tersebut bisa dimintakan kembali kepada guru yang bersangkutan. Guru tersebut bisa melihat kodenya berdasarkan langkah diatas.

Tidak Bisa Masuk Ke Dalam Kelas

Ada beberapa kemungkinan jika tidak bisa bergabung ke dalam kelas.
  1. Silahkan cek terlebih dahulu koneksi internet di handphone apakah memiliki sambungan internet ataupun tidak
  2. Bisa saja terjadi masalah dengan aplikasi yang digunakan. Silahkan perbaharui aplikasinya dengan melakukan update lewat Google Play Store
  3. Jika memang belum bisa masuk juga maka silahkan unistall aplikasi Google Classroom kemdian install kembali

Akhir Kata

Dari uraian diatas tentang  cara mengetahui kode kelas di Google Classroom di HP Android dan PC bisa ditarik kesimpulan bahwa panduan ini sangat penting jika Anda melakukan pembelajaran lewat online karena siswa bisa bergabung dengan kode ini. Semoga panduan ini dapat bermanfaat bagi Anda semua dan semoga wabah ini segera selesai dan pembelajaran bisa dilakukan secara tatap muka kembali.

Baca Juga :