11 Fitur Tersembunyi Android 11 Yang Perlu Anda Ketahui

Daftar Isi [Tampil]

11 Fitur Tersembunyi Android  11 Yang Perlu Anda Ketahui - Dikabarkan jika baru - baru ini Google meluncurkan Android 11. Namun, kali ini perilisan perdananya tidak eksklusif untuk untuk perangkat Google pixel. Android 11 bisa diunduh untuk smartphone OnePlus, Oppo X2, da Reno 3 melalui program open beta masing - masing. Hal tersebut dikutip dari laman The Verge pada Rabu (9/9/2020).


11 Fitur Tersembunyi Android  11 Yang Perlu Anda Ketahui


Google juga menginformasikan jika Android 11 akan meluncur lebih banyak mitra vendor dan smartphone lain dalam beberapa tahun ke depan. Namun tidak diungkapkan kapan pastinya Android 11 akan meluncur lebih luas lagi. 

Rilis Android 11 ini berfokus untuk lebih mempermudah untuk melakukan hal penting di ponsel, seperti perangkat yang terhubung, mengelola percakapan, privasi dan lainnya. Nah, untuk lebih lengkapnya kami akan memperkenalkan beberapa fitur Androi 11 tersembunyi yang mungkin belum kita ketahui sebelumnya.  

1. Mengelola Percakapan Lebih Mudah

Tidak sedikit dari kita yang sering berganti - ganti aplikasi saat berkomunikasi menggunakan pesan teks. Dan di android 11 anda tidak perlu lagi melakukan hal tersebut, karena percakapan dari aplikasi pesan yang anda miliki akan disediakan dalam satu ruang khusus di bagian notifikasi, dan tentunya  anda dapat mengelola percakapan dengan lebih mudah.

2. Dapat melakukan beberapa aktivitas sekaligus tanpa hambatan

Dengan fitur balon, anda dapat melakukan beberapa aktivitas sekaligus tanpa hambatan di perangkat. Dengan demikian anda dapat menanggapi percakapan penting tanpa harus bolak balik berpindah antara aplikasi yang dibuka, termasuk juga aplikasi pada aplikasi pesan.

3. Tersedianya pengaturan bawaan untuk merekam layar

Hal menarik lainnya yang dapat anda lakukan dengan hadirnya android 11 ini adalah dapat merekam serta membagikan apa yang terjadi pada smartphone. Anda tidak perlu lagi menggunakan aplikasi tambahan untuk dapat melakukan perekaman dengan menyertakan suara dari mikrofon, perangkat, atau keduanya.

4. Dapat mengakses semua perangkat cerdas di satu tempat

Hanya dengan menekan dan menahan tombol daya (power), anda sudah dapat mengakses semua perangkat cerdas dalam satu tempat. Selain itu, kontrol perangkat yang terhubung seperti smart TVdan smart speakers hanya dengan sekali ketuk tanpa harus menggunakan atau membuka aplikasi lainnya. 

5. Android Auto berfungsi secara nikabel

Sekarang Android auto berfungsi secara nikabel untuk semua ponsel yang menjalankan Android 1, asal anda memiliki kendaraan yang kompatibel. Dengan demikian anda dapat menggunakan fitur - fitur terbaik dari ponsel tanpa harus repot dengan adanya kabel yang mengganggu saat mengemudi. Seperti halnya mengaktifkan arah hanya dengan sekali ketuk, memutar media favorit, mendapatkan bantuan dari asisten Google, dan meminta smrtphone mengirimkan pesan teks melalui perintah suara. 

6. Desain kontrol media telah diperbaharui

Dengan diperbaharui desain kontrol yang jauh lebih memudahkan, anda dapat mengganti perangkat dan memutar media, sehingga dapat memindah musik dari hendphone ke speaker tanpa melewatkan satu nada pun.

7. Dapat mereset otomatis izin untuk aplikasi yang lama tidak digunakan

Biasanya jika aplikasi sudah lama tidak digunakan, tidak diperbolehkan untuk terus mengakses data. Dengan Android 11 akan mereset otomatis izin untuk aplikasi yang lama tidak digunakan dan memberitahu anda tentang ini. Dan anda bisa memberikan izin kepada aplikasi tersebut saat ingin menggunakannya.

8. Fitur izin sekali pakai

Dengan adanya fitur izin sekali pakai akan membuat anda dapat memberikan akses satu kali ke fitur sensor perangkat yang paling sensitif, seperti lokasi, mikrofon, dan kamera. Nah, jika suatu waktu anda membutuhkan akses ke sensor perangkat, suatu aplikasi harus meminta izin ulang kepada anda.

9. Mmebekali perangkat dengan perlindungan privasi

Hal ini berlaku bagi anda yang menggunakan Android Enterprise. Untuk pengguna, Android 11 membekali perangkat milik perusahaan yang anda gunakan dengan perlindungan privasi seperti yang tersedia diperangkat pribadi. 

10. Menggunakan modul update sistem tambahan Google Play

Dengan modul Update sistem tambahan Google Play, akan lebih banyak perbaikan kemanan dan  privasi yang akan terkirimkan ke ponsel anda dari Google Play, dengan cara seperti proses update aplikasi. Setelah perbaikan tersedia, anda akan mendapatkannya tanpa harus menunggu update OS yang menyeluruh.

11. Mendapatkan sejumlah alat tambahan untuk mengatur dan mengelola ponsel

Untuk anda yang menggunakan pixel2 atau yang lebih baru, anda akan mendapatkan sejumlah alat tambahan untuk mengatur dan mengelola ponsel, seperti saran aplikasi berdasarkan rutinitas sehari - hari. 

Baca Juga :