Cara Memperkecil Ukuran Foto Di HP Android Menggunakan Aplikasi

Daftar Isi [Tampil]

Cara Memperkecil Ukuran Foto Di HP Android Tanpa Mengurangi Kualitas - Saat ini handphone sudah dilengkapi dengan kamera yang canggih sehingga foto yang dihasilkannyapun memiliki resolusi yang tinggi yaitu dalam ukuran MB. 

Cara Memperkecil Ukuran Foto Di HP Android Menggunakan Aplikasi


Gambar dengan resolusi yang tinggi tentunya akan menghasilkan gambar yang bagus namun akan memberikan masalah saat Anda ingin membagikan di sosial media karena setiap gambar yang diupload di sosial media akan di konversi terlebih dahulu sesuai dengan ukuran standar dan ini akan membutuhkan waktu yang lama.

Tidak hanya itu membagikan gambar dengan resolusi tingga akan menghabiskan banyak ruang di memori dan juga menghabiskan banyak kouta data saat dibagikan. Sehingga Anda perlu mengetahui bagaimana memperkecil ukuran foto sebelum membagikannya.

Di zaman teknologi saat ini semua pendataan harus dikirim secara online dan biasanya memberikan persyaratan dengan ukuran foto tertentu, tentunya jika foto di handphone Anda melebihi kapasitas maka Anda harus mengecilkan sesuai dengan ukurannya. Nah pada artikel ini kami akan memberikan panduannya untuk Anda.

Cara Memperkecil Ukuran Foto Di HP Android Dengan Aplikasi

Ada 3 aplikasi terbaik yang bisa Anda gunakan untuk membantu mengurangi ukuran foto di handphone Android Anda. Dengan menggunakan aplikasi tentunya akan mempercepat proses. Namiun yang harus menjadi perhatian adalah foto yang sudah diperkecil tidak mengurangi kualitas gambar atau foto aslinya. 

Dengan Menggunakan Photo Compress 2.0




Aplikasi pertama yang bisa menjadi pilihan adalah aplikasi Photo Compress 2.0. Aplikasi ini memberikan 3 pilihan hasil compress yaitu rendah, sedang dan tinggi. Jadi saat memperkecil size foto tonggal memilih salah satu kualitas kemudian tinggal menekan tombol kompress. 

Lebih asiknya lagi ukuran hasil kompress sudah ditampilkan sebelum Anda mengkompressnya. Ini sangat membantu jika Anda menginginkan ukuran dengan batasan tertentu. Hasil kompresi dari aplikasi inipun sangat bagus dan kualitasnyapun tidak terlalu beda dengan gambar aslinya.

Aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur fitur tambahan yang sangat membantu yaitu seperti crop dan lain sebagainya. Selain gratis aplikasi ini juga tersedia dalam versi pro dan tentunya fiturnya akan lebih banyak.

Dengan Menggunakan Photo & Picture Resizer: Resize, Reduce, Batch




Aplikasi terbaik lainnya yang bisa menjadi pilihan adalah Photo & Picture Resizer: Resize, Reduce, Batch. Aplikasi ini bisa mengubah ukuran foto dengan sangat cepat hasilnyapun tetap berkualitas dengan tetap mempertahankan kualitas foto atau gambar aslinya. Setelah selasai melakukan kompresi gambarpun akan langsung masuk ke dalam Gallery.

Cara menggunakan aplikasi inipun sangat simpel hanya dengan beberapa langkah saja gambar sudah akan diperkecil. Ada akan diberikan pilihan kualitas gambar jadi Anda cukup mengambil gambar, pilih kualitas dan komperess. 

Aplikasi bagus ini bisa Anda nikmati dengan gratis, dari hasil klaim aplikasi ini ukuran 4MB akan menyusut menjadi 400kb sedangkan resolusi yang disediakan adalah 1920x1080, 2048x1152 (lebar 2048 piksel dan tinggi 1152 piksel) atau Kustom.

Dengan Menggunakan Photo Compress & Resize




Aplikasi foto compress foto terbaik lainnya adalah Photo Compress & Resize. Aplikasi ini juga membantu Anda mengurangi ukuran gambar dengan cepat. Dalam memperkecil foto aplikasi ini menggunakan teknologi smart lossy compression yaitu dengan mengurangi jumlah pada warna gambar secara selektif sehingga hasilnya hampir tidak bisa dibedakan kualitasnya namun secara ukuran sudah berubah.

Foto hasil kompress juga akan langsung tersimpan dalam memory handphone secara otomatis dalam folder LitPhoto. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan menu crop atau menotong gambar dan juga menu purar foto hingga 90 derajat searah jarum jam. Cukup dengan menggunakan jari jari Anda untuk menggunakan fitur fitur ini dan selanjutnya Anda bisa langsung membagikan hasilnya ke berbagai media sosial.

Akhir Kata

Demikianlah ulasan  tentang cara memperkecil ukuran foto di HP tentunya dengan menggunakan aplikasi lebih cepat, memang kelemahannya akan memakan sedikit ruang di memory karena harus menginstall aplikasi. dan terkadang juga terganggu dengan iklan di aplikasi. Jika Anda tidak ingin menginstall aplikasi karena terbatasnya memory maka bisa menggunakan cara online

Baca Juga :