Tips Hemat Kuota Internet di Smartphone Oppo dan Samsung

Daftar Isi [Tampil]

Tips Hemat Kuota Internet di Smartphone Oppo dan Samsung - Akibat pendemi covid-19 mengakibatkan konsumsi akses internet meningkat pesat. Hal ini disebabkan karena kita akan lebih banyak menghabiskan waktu di dalam rumah. Baik untuk bekerja maupun sekolah dan dilakukan secara online. Dan kuota data menjadi salah satu kebutuhan pokok. 


Tips Hemat Kuota Internet di Smartphone Oppo dan Samsung


Disamping itu, tontonan berbayar yang dapat diakses melalui perangkat mobile, lebih banyak diminati dibanding menikmati tontonan melalui televisi secara gratis. Sedangkan hal tersebut membutuhkan kuota yang tidak sedikit. Berdasarkan survei Sosial Demografi Dampak covid-19 2020, terjadi peningkatan pengguna internet setelah penerapan kebijakan Work form home (WFH).

"Hemat" mungkin merupaka salah satu kata yang pas untuk saat ini. Ditengah kebutuhan internet yang cukup melambung, sementara pendapat yang begitu minim. Dan jika tidak dikendalikan pola konsumsi internet akan cukup menguras dompet. Untunglah, saat kondisi seperti ini sejumlah operator telekomunikasi di tanah air telah menyediakan data internet dengan tarif terjangkau. Hal tersebut tentu sangat meringankan beban masyarakat ditengah pandemi covid-19 ini, terlebih bagi aktivitas pembelajaran jarak jauh (PJJ). 

Seakan tidak cukup dengan tersedianya internet dengan tarif terjangkau, pengguna juga perlu mengendalikan penggunaan kuota internet di smartphone. Dan salah satu yang dapat anda lakukan adalah dengan mengaktifkan fitur penghemat kuota yang ada di smartphone. Namun, tidak semua smartphone mempunyai fitur ini. Nah, berikut adalah smartphone yang menyediakan fitur untuk penghematan internet. 

Hemat Kuota di HP Oppo

Di handphone Oppo memiliki fitur penghemat kouta, misal bagi pengguna Reno4 F, anda dapat memulai dari Setting (Pengaturan), kemudian memilih opsi kartu SIM dan data seluler (SIM Card & Mobile Data). Dan pada bagian bawah terdapat pilihan pengguna data (Data Usage). Setelah masuk pengguna dapat melakukan limitasi pemakaian data seluler di bagian data Mobile Data Limite. 

Nah, lewat fitur ini, pengguan dapat melakukan penyesuaian terhadapat limit data bulanan (set monthly data limit). Tak itu, pengguna juga dapat mengaktifkan fitur notifikasi (set monthly data warning), yaang berfungsi untuk memberitahukan jika pemakaian data hampir mencapai limit yang diberikan. Selain itu, pengguna juga diberikan mode hemat daya yang melalui Data Saving. 

Dengan mengaktifkan fitur ini, aplikasi yang bekerja pada latar belakang (background) seperti email, Instant Messaging, serta aplikasi jejaring sosial tidak lagi menggunakan kuota data. Dan aplikasi yang aktif di depan (foreground) dapat diatur untuk melakukan penghematan data.

Menariknya, ketika fitur ini aktif, maka akan muncul ikon Data Saving di status bar pada bagian atas layar. Pengguna juga tidak bisa menggunakan fungsi network tethering atau berbagi koneksi internet Wi - Fi dari smartphone. 

Hemat Kuoata Di Smartphone Samsung

Fitur penghematan kuota juga dapat diterapkan bagi anda pengguna Samsung. Caranya, masuk ke Setting kemudian pilih opsi Data Saver. Setelah diaktifkan, Smartphone akan secara otomatis memangkas pengguna kuota dengan cara melarang aplikasi mengakses kuota internet di background. 

Cara lainnya adalah dengan mengaktifkan fitur lainnya yang masih ada pada Setting. Kemudian pihak Data Usage dan Pilih opsi Billing Cycle and Data Warning. Nah, untuk membatasi data, anda dapat memilih opsi Set Data Limit. Anda dapat memilih sendiri, beberapa batasan kuota yang dikeluarkan. 

Anda juga mendapatkan notifikasi tiap kali pengguna kuoata jika telah melampaui batas dengan mengaktifkan Data Warning kemudian memberikan pemberitahuan jika pengguna kuoata sudah mencapai batasan. 

Demikianlah beberapa tips untuk menghemat kuota internet. Yang mana saat ini internet menjadi kebutuhan pokok. Mengendalikan penggunaan kuota internet akan sangat menghemat pada pengeluaran. 

Baca Juga :