Widget Atas Posting

Cara Mengaktfikan Notifikasi Google Classroom Di Aplikasi Dan Email

Cara Mengaktfikan Notifikasi Google Classroom - Google classroom merupakan platform yang mewadahi guru dan siswa agar bisa melakukan proses pembelajaran secara online. Sejak pandemi covid 19 aplikasi ini mencuat dan menjadi pilihan hampir disemua jenjang pendidikan untuk mengelola kelas dan memberikan materi pelajaran dari jarak jauh.


Cara Mengaktfikan Notifikasi Google Classroom Di Aplikasi Dan Email


Agar pembelajaran bisa efektif google selaku pemilik aplikasi ini memberikan fitur notifikasi sehingga bisa memberikan pemberitahuan kepada guru atau siswa ketika ada aktfitas di dalam kelas misalkan seperti guru memberikan materi, siswa menjawab soal dan sebagainya. 


Tapi notifikasi ini muncul bagi pengguna handphone dan untuk pengguna Google Classroom via komputer bisa mengecek melalui email. Lalu bagaimana jika notifikasi google classroom hilang dan tidak muncul di hp? Nah kami akan menjawabnya denga tutorial ini bagaimana memunculkan kembali. tidak hanya di aplikasinya namun juga notifikasi emailnya. Baca Juga : Cara Mengganti Nama Di Google Classroom Di HP Dan Laptop


Cara Mengaktfikan Notifikasi Google Classroom


  • Pertama silahkan download aplikasi Google classroom kemudian silahkan login menggunakan akun google Anda
  • Kemudian klik Strip tiga atas sebelah kiri dan kemudian pilih Settings
  • Kemudian silahkan pilih menu Class Notification


  • Kemudian aktfikan notifikasinya masing masing kelas yang diinginkan dari warna abu abu menjadi biru

Mengaktfikan Notifikai Email Google Classroom


Sebagaimana yang sudah dijelaskan bahwa notfikasi Google Classroom tidak hanya memberikan notifikasi di aplikasinya saja tapi juga di email nah jika aplikasi ini tidak memberikan pemberitahuan via email dan Anda ingin mengaktifkannya maka silahkan lakukan cara berikut : 
  • Silahkan login ke google classroom
  • Kemudian klik strip tiga di sebelah kiri atas
  • Pilih Settings
  • Kemudian pada bagian aktfikan Send Email Notification



Jika semua panduan dilakukan sesuai dengan yang kami berikan maka insya Allah notofikasi google classroom hilang akan muncul kembali. Jika Anda ingin memonaktfikan notifikasinya maka tinggal Anda matikan pada menu menu yang telah kami jelaskan. Baca Juga : Cara Melihat Nilai Di Google Classroom Di HP dan Laptop

Akhir Kata


Demikianlah ulasan bagaimana cara mengembalikan notifikasi google classroom baik pengguna aplikasi maupun membukanya langsung dari browser. Semoga panduan ini bermanfaat.