Widget Atas Posting

6 Cara Mengembalikan Notifikasi Whatsapp Yang Hilang

Notifikasi whatsapp yang hilang tentunya harus segera dikembalikan dan diaktifkan kembali pasalnya tanpa notifikasi Anda akan selalu membolak balik harus membuka chatingan karena tidak ingin terlambat membalas pesan pesan keluarga, rekan rekan, atau orang yang memiliki kepentigan dengan Anda.

6 Cara Mengembalikan Notifikasi Whatsapp Yang Hilang

Aplikasi whatsapp akan memberikan informasi pesan baru melalui notifikasi. Ini berlaku bagi seluruh aplikasi chatingan tidak hanya whatsapp saja. Karena ada banyak pesan yang perlu di ketahui dan dibalas secara realtime. Terlebih whatsapp merupakan aplikasi populer saat ini dimana semua orang mengirim pesan sudah menggunakan aplikasi ini.

Jika notifikasinya hilang tentunya ini akan membuat Anda kesal dan bingung karena akan mengecek secara manual terhadap pesan pesan yang masuk. Jika tidak ingin terjadi demikian silahkan simak panduan di bawah.

Penyebab Notifikasi Whatsapp Hilang

Sebelum pembahasan bagaimana mengatasi problem ini maka kita perlu mengetahui penyebab notifikais whatsapp tidak muncul di hp. Ada banyak kemungkinan yang bisa menyebabkan masalah tersebut :

  1. Pengaturan notifikasi aplikasi, bisa saja Anda menonaktfikan notifikasi di whatsapp
  2. Aplikasi whatsapp bermasalah, Whatsapp error atau kadaluarsa
  3. Handphone yang bermasalah

Cara  Mengembalikan Notifikasi Whatsapp Yang Hilang

Pengaturan Notifikasi

Langkah yang pertama langsung kepada masalahnya yaitu pengaturan notifikasi, dimana handphone memiliki menu untuk melakukan pengaturan notifikasi. Hampir semua handphone memiliki fitur ini. Nah untuk melihat apakah pengaturan notifikasi di whatsapp Anda salah maka silahkan ikuti langkah langkah di bawah :

  • Klik menu Settings

  • Lalu pilih menu Notifications
  • Lalu klik See All dan kemudian cari aplikasi Whatsapp

  • Tab aplikasinya,  Maka disana akan banyak sekali pengaturan notifikasi silahkan atur sesuai dengan keinginan.


Catatan : Menu notification letak dan posisinya berbeda beda, panduan ini berdasarkan pengaturan yang ada di handphone Samsung, untuk merek lain seperti vivo, oppo, Xiomi dan sebagainnya bisa saja letak posisi menunya berbeda.

Cek Do Not Distrurb Settings

Saat ini hampir semua handphone memiliki fitur Do Not Distrurb ini bermanfaat jika Anda tidak ingin diganggu siapapun saat emnggunakan handphone. Menu ini bisa ditemukan pada menu atas handpone. 

Untuk mengatifkannya Anda tinggal membuka menu pengaturan yang ada di atas handphone dan lihat apakah Anda mengaktfikannya atau tidak. Jika iya maka segera non aktifkan maka semua notikasi aplikasi akan masuk kembali.

Cek Paket Internet

Langkah yang kedua jika Anda merasa bahwa pengaturannya normal dan tidak bermasalah akan tetapi notifikasi juga belum muncul maka bisa jadi masalahnya adalah paket internet yang habis. Silahkan cek terlebih dahulu kouta internet Anda berdasarkan provider yang Anda gunakan. 

Jika Anda menggunakan Telkomsel maka untuk melihat adalah bisa melalui Dial UP di *888# atau  bisa melalui aplikasi My Telkomsel.

Signal Internet Yang Lelet / Lemot

Whatsapp bekerja di background system maka ketika ada pesan masuk whatsapp akan memberikan notifikasi tanpa harus membuka aplikasi, dan untuk memunculkan notifikasi perlu signal internet. Jika whatsapp tidak ada suara pesan masuk maka bisa jadi masalahnya karena signal internet di handphone anda lelet atau lemot.

Langkah paling cepat yang bisa Anda gunakan untuk mengembalikan kecepatannya adalah dengan mengaktifkan mode pesawat. Tapi ini tergantung kondisi sinyal disekitar Anda jika tidak bermasalah diperangkat lainnya maka dengan metode ini signal akan kembali normal.

Perbaharui Whatsapp

Bisa juga masalah tidak munculnya notifikasi whatsapp juga karena whatsapp yang belum Anda update alias kadaluarsa. Silahkan lakukan update melalui play Store. Atau bisa unisatall aplikasi Whatsapp lalu install kembali. 

Restart Handphone

Jika beberapa masalah diatas juga belum bisa mengatasi persoalan ini Anda bisa merestart handphone. Biasanya notifikasi pesan whatsapp tidak masuk disebabkan karena masalah yang ada di handphone. Biasanya masalah yang disebabkan karena masalah handphone akan selesai setelah Anda merestart hanpphone Anda.

Akhir Kata

 Demikianlah ulasan dan beberapa alternatif untuk mengembalikan notifikasi Whatsapp yang hilang, Insya Allah dari beberapa alternatif diatas pasti ada salah satunya yang bisa menyelesaikan masalah ini. Semoga piostingan ini bermanfaat !