Widget Atas Posting

Cara Menghapus Penyimpanan Whatsapp Tanpa Menghapus Chat

Cara Menghapus Penyimpanan Whatsapp - Whatsapp merupakan aplikasi yang paling populer digunakan saat ini, Hampir setiap hari menerima chat entah itu chatingan pribadi maupun grup. Yang dirikim bukanlah hanya teks saja namun juga berupa gambar dan video.  Jika Anda tidak rajin membersihkan file file yang tidak dibutuhkan maka akan banyak memakan memory internal.

Cara Menghapus Penyimpanan Whatsapp Tanpa Menghapus Chat

Nah pada tutorial ini kami akan membagikan bagaimana cara menghapus file yang ada di dalam penyimpanan Whatsapp. Dengan langkah ini ukuran whatsapp yang membesar akan bisa ditekan. 

Cara Menghapus Penyimpanan Whatsapp Tanpa Menghapus Chat

  • Pertama silahkan Anda buka Whatsapp
  • Kemudian klik Settings


  • Pilih Storage And Data

  • Pilih Manage Storage


Silahkan pilih file yang sekiranya tidak dibutuhkan, Whatsapp telah memberikan menu file mana saja yang besar yang lebih dari 5 MB, Silahkan Anda tab dan semua file besar yang ada di memori internal Anda akan muncul.




Di bawah Anda juga akan melihat chatingan baik pribadi maupun grup dan sekaligus ukurannya. Anda bisa memilih mana saja chat dengan kapasitas yang besar dan silahkan dibuka lalu akan muncul berbagai file yang pernah dikirim ke Anda. 

Pilih file yang tidak penting dan kemudian hapus. Lakukan pada chatingan yang lainnya sampai benar benar file yang tidak digunakan di Whatsapp terhapus.

Catatan : Harap berhati hati dalam memilih file karena file yang terhapus akan sulit dikembalikan karena terhapus secara permanen.

Cara Agar Memory Whatsapp Tidak Penuh

Tidak hanya melakukan penghapusan namun Anda harus melakukan pengaturan agar memori di internal whatsapp tidak membengkak dan membuat memory penuh. Salah satu caranya adalah melakukan settingan agar semua media yang terkirim baik itu gambar dan video tidak tersimpan otomatis. 

Secara default settingan dari whatsapp adalah semua media yang dikirim lewat whsatapp akan terdownload otomatis. Nah berikut cara melakukan settingan tersebut.

  • Silahkan buka aplikasi whatsapp
  • Pilih Settings
  • Pilih Storage And Data
  • Pada menu yang ada silahkan buka menu When Using Mobile Data, hilangkan centang pada Photo, Audio, Video dan Dokument. Ini artinya ketika menggunakan paket data maka semua file file yang dikirim tersebut tidak terdownload otomatis


  • Demikian juga pada menu When Connected On Wifi, Silahkan hilangkan centangnya juga

Menghapus Chache Whatsapp


Penggunaan aplikasi apapun akan meninggalkan jejak dan ini juga akan memakan banyak memory. Apakah chache ini bisa di hapus ? Tentu bisa berikut caranya :

  1. Silahkan buka Settings pada handphone
  2. Pilih menu Apps ( Untuk handphone Samsung )
  3. Cari aplikasi Whatsapp selanjutnya buka dan pilih menu Storage
  4. Dibagian bawah ada menu Clear Cache dan klik maka Cache akan bersih menjadi 0



Akhir Kata


Nah itulah panduan lengkap jika tidak ingin whatsapp Anda membuat penuh memori ineternal memory handphone Anda, dan ini tanpa menghapus chatingan whatsapp, tapi ketika Anda ingin membuka file yag dikirim dan sudah di hapus dari penyimpanan internal Whatsapp maka tidak bisa dibuka walaupun masih ada di chatingan.