8 Tips Menghadapi Wawancara Agar Diterima Kerja

Wawancara biasanya menjadi akhir dari sebuah serangkaian proses test dalam melamar pekerjaan, terkadang proses terahir inilah yang paling menentukan, ini menjadi pintu akhir yang menentukan. Jika pelamar sudah ditahap ini tentulah ada rasa gembira namun bukan berarti anda telah diterima bahkan ini hal yang paling menentukan. Terkadang banyak peserta yang gagal di tahap ini oleh karenanya agar anda diterima anda perlu membaca tips yang akan kami berikan.

8 Tips Menghadapi Wawancara Agar Diterima Kerja

Untuk anda pemula/Fresh Graduate yang akan menghadapi interview kerja pertama kali sebaiknya anda harus mempersiapkan diri sejak jauh hari agar bisa memberikan kesan yang baik. Sebagus apapun CV anda, selengkap apapun administrasi, pengalaman bekerja anda jika anda gagal di tahap ini tentulah perjuangan anda akan sia sia untuk meraih pekerjaan yang anda impikan.

Apalagi jika anda akan melakukannya di PT (perseroan terbatas) atau di instansi pemerintah seperti PNS (Pegawai Negeri Sipil) dengan pendaftar sekala besar mungkin anda akan bersaing dengan ratusan bahkan ribuan pelamar lain dalam test ini yang tidak kalah hebat dari anda. Anda tidak perlu takut menghadapinya karena anda tidak kalah potensi dengan mereka dengan syarat anda benar benar mempersiapkannya dengan baik, yakinlah dengan kemampuan anda.

Baca Juga : 10 Tips Yang Bikin Kamu Sukses Di Usia Muda

Banyak diantara pertanyaan wawancara yang lebih ke arah psikologi bahkan beberapa perusahaan bekerjasama dengan beberapa psikolog untuk mendapatkan karyawan yang terbaik. Beberapa pertanyaannya biasanya yang sering ditanyakan diantaranya, bagaimana anda menggambarkan diri anda?, apa kelebihan dan kekurangan anda?, bagaimana cara anda menghadapi masalah? dan sebagainya. Pertanyaan seperti ini lebih sulit di jawab dari pertanyaan matematika sekalipun padahal pertanyaan inilah yang menentukan. 

10 Tips Menghadapi Wawancara Agar Diterima

1. Latihan Dan Persiapkan

Walaupun anda sudah melewati banyak test wawancara janganlah pernah mengentengkan pasalnya setiap perusahaan memiliki kriteria tersendiri dalam melakukan test ini. Jika perlu carilah kisi kisi pernyataan apa saja yang biasanya akan ditanyakan kemudian latihlah dalam menjawabnya dengan jawaban yang spesifik tapi ringkas dan tidak bertele tele. Berusahalah untuk memberikan kesan yang baik di 5 menit pertama, karena dalam penelitian menunjukkan bahwa dalam lima menit pertama rata rata perusahaan sudah bisa mengambil keputusan apakah anda akan diterima atau tidak

2. Jangan Datang Terlambat

Jika anda datang terlambat saat test wawancara, mungkin nama anda akan langsung dicoret mengapa demikian ? datang terlambat secara tidak langsung menunjukkan kalau diri anda bukanlah orang yang disiplin. Padahal kriteria utama karyawan yang kebanyakan dinginkan salah satunya adalah orang yang disiplin. Datanglah 15-10 menit sebelum wawancara yakinkan perusaahaan yang anda lamar bahwa anda adalah orang orang yang tepat yang memiliki dedikasi tinggi.

3. Jangan Menjelekkan Perusahaan Yang Lama

Saat wawancara tentunya pertanyaan \”Mengapa anda berhenti dari perusahaan lama anda\” akan selalu muncul, dan berhati hatilah, terkadang banyak yang terkecoh di bagian ini dan secara polos mereka menjawab dengan menjelek jelekkan perusahaan yang lama padahal jika ini akan dilakukan maka hasilnya akan buruk karena semua perusahaan tidak akan ada yang mau memiliki karyawan ketika resign nantinya akan menjelek jelekkan perusahaannya.

4. Tulislah CV Dengan Sebenar Benarnya

Jujur ini juga menjadi point penting dalam merekrut karyawan biasanya para pewawancara akan melihat CV anda apakah benar dengan kemampuan yang anda miliki. Tulislah identitas, kemampuan, bakat dan prestasi anda dengan sebenar benarnya tanpa harus melebih lebihkan. Perusahaan tidak akan melihat seberapa lengkap CV anda namun mereka akan melihat kejujuran anda.

5. Perhatikan Pakaian Anda

Tampilan luar juga menjadi penilaian, jika anda datang dengan pakaian lusuh dan tidak disetrika maka penguji akan melihat anda bukanlah orang yang tepat pasalnya penampilan seperti ini akan menujukkan bahwa anda bukan yang senang dengan kerapian dan tidak serius. Tampillah dengan pakaian yang rapi dan wangi, ini menunjukkan bahawa anda benar benar sungguh sungguh dan serius menghadapi wawancara ini.

Baca Juga : 5 Dampak Buruk Akibat Salah Mengurus Penggajian Karyawan

6. Bahasa Tubuh Yang Baik

Penguji juga akan melihat bahasa tubuh anda, dari genstur tubuh mulai dari cara duduk, cara menjawab dan sebagainya, banyak diantara pewawancara yang sudah mahami karakter seseorang dari cara duduk, bagaimana dia menjawab dan sebagainya. Cobalah untuk duduk dengan tegap dengan wajah yang antusias tidak menguap dan tataplah mata penguji anda dengan tenang.

7. Matikan Handphone Anda

Sebelum anda melakukan wawancara sebaiknya anda matikan handphone anda karena jika sampai handphone anda berdering saat interview berlangsung ini sama saja dengan tindakan bunuh diri karena pewancacara akan menganggap anda tidak menghargai wawancara dan hasilnya dijamin anda tidak akan diterima di perusahan tersebut.

8. Tutuplah Dengan Hal Postif

Pembukaan dan penutupan merupakan dua hal yang paling menjadi pertimbangan ketika orang akan mengambil keputusan. Pada test interview juga demikian tutuplah akhir sesi wawancara dengan hal yang postif seperti ucapan terima kasih dan katakanlah bahwa anda benar benar menyukai pekerjaan itu dan berharap bisa menjadi bagian dari perusahaan itu. Banyak orang yang malu mengatakan ini tapi hal hal positif seperti ini perlu anda katakan sehingga bisa menjadi pertimbangan.

Kesimpulan

Dari semua pembahasan diatas kuncinya adalah persiapan, apapun yang dipersiapkan dengan matang akan menghasilkan yang diinginkan, dalam pepatah mengatakan bahwa hasil tidak akan menghianati usaha. Persiapkan diri anda sebaik mungkin dari mulai hal yang terkecil hingga yang terbesar. Jika anda sudah mempersiapkan dengan matang maka gugup saat wawancara akan bisa diminalisir, semoga 8 tips ini bisa membantu anda dan semoga diterima !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.