9 Tips Aman Bagi Ibu Hamil Yang Suka Bepergian Agar Kandungan Tetap Baik – Baik Saja

Loading...

Lebih banyak meghabiskan waktu di rumah, memang baik untuk ibu hamil. Namun keadaan tersebut terkadang membosankan. Ibu hamil juga membutuhkan suasana baru, misalkan dengan mengunjungi tempat wisata yang tidak terlalu jauh atau dengan mengunjungi sanak saudara. Hal tersebut bertujuan agar tidak stres karena akan menjalani proses melahirkan.

9 Tips Aman Bagi Ibu Hamil Yang Suka Bepergian Agar Kandungan Tetap Baik - baik Saja

Jadi bolehkah orang yang sedang hamil melakukan perjalanan ?  Ya boleh boleh saja, asalkan memperhatikan beberapa kondisi terutama keadaan kandungan anda. Sebaiknya traveling bagi hamil dilakukan ketika usia andungan menginjak 4 bulan atau 5 bulan. Karena kandungan trimester pertama sangat rawan dengan keguguran. Dan hindari untuk melakukan traveling di usia kehamilan sudah tua, atau beberapa waktu sebelum prediksi persalinan anda.

Kehawatiran saat melakukan perjalanan saat hamil memang sesuatu yang sangat wajar, karena pada kondisi tersebut tidak boleh terlalu capek baik fisik maupun psikis.  Namun hal tersebut dapat anda hindari dengan beberapa tips yang akan kami sajikan. nah, berikut beberapa tips agar aman dalam melakukan perjalanan jauh yang wajib anda ketahui.

1. Lakukan Pemeriksaan Terhadap Kandungan

Sebelum ibu hamil melakukan suatu perjalanan, pastikan memeriksakan kandungan terlebih dahulu pada dokter. dengan melakukan pemeriksaan terlebih dahulu, anda dapat mengetahui kesehatan kandungan dan dapat mengantisipasi kemungkinan hal buruk yang akan terjadi.

Loading...

2. Memilih Waktu Yang Tepat

Saat ingin melakukan perjalanan jauh, pastikan usia kehamilan sudah memasuki 14 sampai 28 minggu. Bepergian dengan kondisi kandungan yang masih muda, sangat dikhawatirkan terjadinya keguguran. dan pastikan ditempat tujuan terdapat dokter kandungan, hal tersebut bertujuan untuk berjaga – jaga jika ada hal buruk yang terjadi.

3. Siapkan Makanan dan Minuman

Bagi ibu hamil dilarang melakukan perjalanan dengan perut kosong, kerena akan sangat membahayakan dirinya dan juga calon bayinya. Oleh sebab itu, siapkan beberapa makanan kecil dan minuman untuk menemani perjalananmu. dan yang paling penting, pilihlah makanan dan minuman yang sudah terjamin kesehatannya.

4. Utamakan Kenyamanan

Kenyamanan sangat dibutuhkan bagi ibu hamil saat melakukan perjalanan. perjalanan harus diplaining senyaman mungkin, mengingat ibu hamil mudah capek dan mutnya sering berubah – rubah. kenyamanan dapat disiapkan misalkan dengan cara  mempersiapkan pakaian yang nyaman seperti alas kaki, baju hangat dan tempat duduk.

Loading...

5. Hilangkan Rasa Tegang 

Didalam melakukan perjalanan ibu hamil diharuskan berada pada kondisi yang tenang dan rileks. oleh sebab itu, buang jauh – jauh pikiran yang kiranya dapat mengganggu perjalanan anda dan gantilah dengan sesuatu yang indah. dengan demikian perjalanan anda akan terasa sangat menyenangkan dan sesuai dengan yang anda harapkan.

6. Hindari Bepergian Sendiri

Bagi ibu hamil perjalanan tidak boleh dilakukan oleh seorang diri, karena hal itu akan sangat membahayakan si ibu dan calon bayinya. Pastikan suami atau kerabat terdekat menemai perjalanan anda.

7. Hindari Mengangkat Barang Yang Terlalu Berat

Dalam melakukan perjalanan biasanya bekal untuk selama perjalanan tersebut. jadi, tidak heran jika terkadang ada banyak barang yang harus dibawah. untuk keamanan, pastikan ibu hamil tidak mengangkat atau membawa barang yang terlalu berat.

8. Pastikan Anda Sudah Mengetahui Nomor Rumah Sakit 

Mengetahui nomor rumah sakit pada tempat tujuan anda, sangat penting karena dapat menghilangkan kepanikan pada saat sesuatu buruk terjadi.

9. Pastikan Kartu Kesehatanmu Masih Valid

Memastikan kartu kesehatanmu akan sangat mambantu anda dalam melakukan registrasi pada rumah sakit ditempat anda tujuh. jadi, anda sudah tidak repot – repot lagi memikirkan tentang biaya.

Demikian beberapa tips agar aman dalam melakukan perjalanan saat dalam kondisi hamil. Selain melakukan beberapa tips diatas, anda juga dilarang melakukan perjalanan pada saat usia kehamilan diatas 8 bulan, karena pada kondisi tersebut akan mengakibatkan resiko yang cukup besar. dan semoga memberikan manfaat.

Loading...

Check Also

Cara Melaporkan Masalah Ke Pusat Bantuan Snack Video

Cara Melaporkan Masalah Ke Pusat Bantuan Snack Video

Loading... Snack Video saat ini sangat populer, banyak orang mendownload di perangkat mereka karena aplikasi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *