Beberapa kebiasaan Buruk Yang Bisa bikin kamu pikun Meski Di Usia Muda

Beberapa kebiasaan Buruk Yang Bisa bikin kamu pikun Meski Di Usia Muda

Pikun diakibatkan kerena adanya kerusakan pada beberapa sel otak, sehingga kemampuan untuk berkomunikasi antara sel dalam otak akan terganggu. Ada beberapa penyebab yang dapat merusak sel otak, yaitu kebiasaan kebiasaan buruk yang sering kamu lakukan dalam keseharian.

Jika berbicara tentang kesibukan, hampir dari semua anak muda mempunyai kesibukan sesuai dengan profesi mereka masing – masing. Namun, diusia yang sangat produktif ini jangan sampai kita terlena akan segudang aktivitas, yang mana akan membahayakan diri kita sendiri terutama pada masa tua nanti. Orang yang mempunyai kesibukan yang cukup tinggi dan lupa untuk istirahat, merupakan hal utama yang dapat memicu terjadinya pikun pada usia muda. Dan untuk mengetahui lebih luas apa saja kebiasaan yang dapat memunculkan pikun diusia muda, yuk simak penjelasan dibawah ini.

Inilah Beberapa kebiasaan Yang Bisa bikin kamu pikun Meski Diusia Muda

1. Kurang tidur

Rasanya tidak berlebihan jika kita luangkan waktu untuk tidur, terutama pada malam hari. Sebagaimana anggota tubuh lainnya, otak juga memerlukan istirahat. Otak yang terlalu diforsir akan mengakibatkan sel dalam otak cepat rusak dan berakibat pada kepikunan. Jadi, gunakan waktu istirahat dengan sebaik mungkin.

2. Merokok

Ada banyak hal negative yang diakibatkan karena merokok, diantaranya gangguan pada paru – paru, stroke, batuk, kulit tidak sehat, turunnya daya ingat dll. Zat yang terkandung dalam rokok mengakibatkan penyusutan dalam otak, sehingga dapat mengakibatkan penyakit Alzheimer.

3. Stres

Bukan hidup namanya jika tidak dibumbui dengan berbagai masalah, Semua masalah akan terasa berat jika kita tidak bijak dalam menyelesaikannya. Untuk menghindari kepikunan pada usia muda kita dituntut untuk menghindari stres. Jadi, selesaikan masalah dengan pikiran dingin dan tanpa harus merasa stres.

Baca Juga : Atasi Radang Tenggorokan Secara Alami Dan Aman Dengan Menggunakan Jeruk Nipis

4. Kurangnya olah raga

Olah raga bukan hanya untuk menyehatkan tubuh, namun juga berfungsi untuk melatih sel – sel otak agar tetap berfungsi dengan semestinya. Rutinlah berolah laga minimal 30 menit dalam setiap harinya, dan waktu yang paling dianjurkan adalah pada waktu pagi. 

5. Malas Membaca

Untuk mengisi waktu kosong anda, gunakan untuk membaca hal – hal yang positiv. Membaca dipercaya dapat merangsang sel saraf otak, sehingga sel otak dapat bekerja dengan aktif.

6. Kurangi konsumsi gula

Perlu anda ketahui jika kelebihan gula dalam tubuh akan berakibat kerusakan pada insulin di otak dan akibatnya sisitem kerja otak akan mengalami penurunan. Sebaiknya, konsumsilah gula dengan kadar yang normal agar kesehatan sel otak tetap terjaga.

7. Terapi otak

Untuk mepertajam daya ingat otak juga memerlukan terapi. Terapi dapat dilakukan dengan cara mengingat aktivitas atau kejadian dari kita bangun pagi sampai menjelang tidur malam. Namun, caranya harus mengingatnya dengan cara mundur. Misalkan sebelum tidur kita melakukan apa, dan sebelumnya kita juga melakukan apa sampai aktivitas kita pada saat bangun tidur (pagi).

8. Makan terlalu banyak

Banyak yang lupa ketika melihat makanan banyak, serasa ingin melahap semua makanan itu, sampai akhirnya perut tidak mampu lagi menampungnya, dengan alasan mubadzir. Pada hal yang demikian itu dapat mengakibatkan mengerasnya pembuluh darah dalam otak yang disebabkan penimbunan lemak pada dinding pembuluh darah. Dan pada akhirnya sisitem kerja otak akan menurun.

Baca Juga : Cara Mudah Dan Cepat Menurunkan Demam Pada Anak Tanpa Harus Meminum Obat

9. Makanan yang tidak sehat

Terakhir adalah sebisa mungkin mengurangi makanan yang tidak sehat, terutama makanan cepat saji. Untuk selalu menjaga kesehatan sel otak konsumsilah makanan yang sehat dan begizi, seperti sayur, buah – buahan, ikan, telor dll.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *