Cara Bergabung Ke Dalam Kelas Google Classroom Sebagai Siswa

Cara Bergabung Ke Dalam Kelas Google Classroom Sebagai Siswa – Setelah Anda berhasil membuat kelas di Google Classroom maka Anda bisa melihat kode kelas dan kemudian membagikannya ke siswa agar mereka bisa bergabung ke dalam kelas Anda. Atau Anda bisa memberikan link kelas kepada mereka. 

Cara Bergabung Ke Dalam Kelas Google Classroom Sebagai Siswa

Namun ada cara lainnya yang bisa dilakukan oleh guru yaitu dengan invite atau mengundang siswa namun sayaratnya guru harus memiliki alamat email siswa masing masing. Cara ini bisa dilakukan jika Anda tidak memiliki group untuk membagikan kode dan link kelas kepada mereka.

Dalam artikel ini kita akan ulas bagaimana cara siswa bergabung ke dalam kelas dengan dua langkah diatas yaitu dengan menggunakan kode dan juga invite dari guru. 

Cara Bergabung Ke Dalam Kelas Google Classroom Sebagai Siswa 

Dengan Kode Kelas

Langkah pertama yang akan kami ulas adalah cara join ke dalam kelas dengan menggunakan kode kelas. Setelah siswa menerima kode kelasnya maka dia tinggal bergabung dengan cara :

  • Buka Aplikasi Google Classroom yang ada di hp
  • Lalu silahkan klik menu join di tanda plus yang ada dibawah tampilan awal
  • Kemudian klik Join, selanjutnya tinggal memasukkan kode yang diminta. Ketika kode benar maka secara otomatis akan masuk ke dalam kelas

Ini untuk yang menggunakan HP sedangkan untuk yang menggunakan komputer atau laptop klik yaitu dengan mengklik icon plus yang ada diatas, kemudian Anda klik klik Join.

Dengan Menu Invite ( Dilakukan Oleh Guru )

Untuk yang invite ini bisa dilakukan oleh guru yang membuat kelas. Jika Anda memiliki daftar email siswa Anda maka langkah untuk mengundang siswa masuk ke dalam kelas adalah :
  • Silahkan buka aplikasi Google Classroom di HP
  • Lalu pilih kelas dimana Anda akan mengundang seluruh siswa untuk bergabung
  • Kemudian klik People, 
  • Pada menu student silahkan klik icon User Plus ( + ). Kemudian masukkan email jika email yang dimasukkan benar maka akan muncul Add recipient lalu klik icon invite yang ada di atas.
  • Maka udangan bergabung ke dalam Google classroom akan terkirim ke email yang diberikan
  • Selanjutnya Anda tinggal Anda klik Join

Akhir Kata

Denukianlah langkah langkah cara bergabung ke dalam kelas Google Classroom sebagai siswa. Mudah bukan ? Semoga dengan menggunakan Google Classroom pembelajaran onlinemu semakin menyenangkan. Jangan lupa untuk membagkan artikel ini kepada yang lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.