Cara Keluar Dari Kelas Di Google Classroom Sebagai Siswa

  • Bagikan

Cara Keluar Dari Kelas Di Google Classroom Sebagai Siswa – Google classroom masih menjadi sarana media pembelajaran daring ( dalam jaringan ) yang paling diminati, selain simpel aplikasi ini juga gratis. Guru dan siswa tidak perlu lama untuk bisa menggunakan aplikasi ini. Namun jika Anda pemula kami telah mengulas beberapa panduan Google Classroom diantaranya Cara Mengetahui Kode Kelas dan yang lainnya.

Cara Keluar Dari Kelas Di Google Classroom Sebagai Siswa

Salah satu yang penting yang harus dipelajari adalah cara keluar dari kelas di Google Classroom. Utamanya siswa harus tahu cara ini. Namun guru juga perlu tahu ? karena guru juga bisa mengeluarkan siswa dari kelas. Misal ada siswa yang tergabung dengan 2 akun, atau misal siswa salah masuk kelas dan sebagainnya. Jika siswanya tidak tahu bagaimana keluar maka guru bisa mengeluarkannya. 

Namun sesuai dengan judul kami akan memberikan panduannya sebagai siswa. Caranya cukup mudah hanya beberapa langkah saja. Berikut panduan selengkapnya :

Cara Keluar Dari Kelas Di Google Classroom Sebagai Siswa

Dengan Menu Unenroll

Untuk keluar dari google classroom maka menu yang digunakan adalah unenroll. Apa maksudnya ? Secara harfiah artinya adalah batalkan pendaftaran artinya batal untuk masuk di dalam kelas tersebut alias keluar. Untuk Anda yang menggunakan HP maka panduan keluar dari Google Calssroom adalah sebagai berikut :

  • Buka aplikasi Google Classroom di HP
  • Pilih kelasnya dimana Anda akan keluar
  • Lalu klik 3 pojok kanan atas kelas kemudian pilih Unenroll
  • Lalu Anda akan keluar.
Cara Keluar Dari Kelas Di Google Classroom Sebagai Siswa

Sedangkan untuk penggunakan komputer atau laptop caranya sama saja di menu classes silahkan pilih kelas lalu klik titik tiga vertikal lalu pilih unenroll.

Namun kami menyarankan kepada siswa untuk menjaga budi pekerti yang baik dengan guru maka sebelum keluar hendaknya bisa menjelaskan alasan kepada Anda harus keluar. Alasan tersebut bisa Anda utarakan langsung dengan guru Anda dengan komunikasi pribadi atau bisa posting alasan di Stream.

Cara Mengeluarkan Siswa Dari Kelas Sebagai Guru

Nah jika Anda bertindak sebagai guru misal ada siswa yang salah masuk kelas atau siswa tersebut masuk dengan dua akun maka cara menghapus siswa tersebut dari kelas adalah sebagai berikut :

  • Buka aplikasi Google Classroom
  • Kemudian buka kelas dimana ada siswa yang ingin Anda keluarkan
  • Lalu pilih menu People
  • Pilih siswa yang akan hapus lalu klik titik tiga disamping kanan dan pilih opsi Remove maka siswa sudah akan keluar.
Cara Mengeluarkan Siswa Dari Kelas Sebagai Guru

Cara Logout Dari Google Classroom

Jika Anda menginginkan tidak hanya keluar dari kelas saja namun ingin keluar atau logout dari Google Classroom maka bisa Anda remove akun Anda dari handphone Anda. Maka secara otomatis Anda akan keluar karena akun google itu memberlakukan 1 akun untuk semua produknya termasuk Google Classroom. Adapun cara logout adalah sebagai berikut :
  • Silahkan buka Aplikasi Google Classroom
  • Tab Icon Akun yang ada di atas
  • Lalu klik menu Manage Account On This Device
  • Lalu pilih akun yang digunakan login Google Classroom lalu klik Remove Account


Akhir Kata

Demikianlah ulasan kami tentang cara keluar dari Google Classroom sebagai siswa. Semoga panduan ini bisa bermanfaat silahkan lihat panduan lengkap tentang Google Classroom di blog ini karena kami akan membahasnya tuntas Insya Allah.
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *