Cara Membuat Thumbnail Youtube, Ukuran dan Cara Memasangnya

Cara Membuat Thumbnail Youtube, Ukuran dan Cara Memasangnya – Thumbnail youtube merupakan salah faktor satu hal yang menarik untuk menonton sebuah video. Saat pertama kali orang membuka youtube maka thumbanail adalah yang pertama kali akan dilihat. Oleh karenanya jika Anda seorang konten creator di youtube maka harus mempelajari bagaimana cara membuat thumbnail youtube dari mulai ukuran hingga bagaimana cara memasangnya di video Anda.

Cara Membuat Thumbnail Youtube, Ukuran dan Cara Memasangnya

Apa Itu Thumbnail Youtube ?

Bagi Youtuber pemula tentunya masih banyak yang bingung sebenarnya apa sih thumbnail youtube ? Mungkin Anda akan banyak mendengar kata ini dari mereka yang mengajarkan tentang optimasi sebuah video youtube. 

Thumbnail adalah sebuah tampilan awal atau pratinjau video yang biasanya menggambarkan apa isi video tersebut. Thumbnail menjadi kesan pertama bagi pemirsa itulah mengapa dalam membuat thumbnail harus dibuat semenarik mungkin dengan ukuran yang pas. Jika Anda ingin video Anda banyak nonton maka Anda harus benar benar memperhatikan ini. ( Baca Juga : Cara Menghapus History Pencarian Youtube Di HP Android )

Ukuran Thumbnail Video Youtube

Hal pertama yang harus Anda ketahui dalam membuat thumbnail video youtube yang prosefessional maka yang perlu Anda ketahui adalah ukuran. Sesuai dengan pedoman Youtube gambar mini atau thumbnail video adalah 1280 x 720 Pixel. Ukuran ini memang sudah saya praktekkan dan ukurannya sangat pas. Sedangkan untuk aspek rasionya adalah 16 : 9

Salah satu hal juga perlu Anda perhatikan dalam membuat thumbnail adalah  tulisan harus jelas terbaca dan gambarpun juga harus jelas karena emirsa banyak yang mengakses video dari handphone. Jangan lupa juga bahwa juga video yang disematkan di website dan blog dan tentunya thumbnail akan kelihatan lebih besar.

Selain itu format gambar juga harus menjadi perhatian, usahakan disimpan dalam format JPG atau PNG, GIF atau BMP dengan kualitas gambar tidak lebih kecil dari 2MB. ( Baca Juga : 2 Cara Agar Youtube Tetap Menyala Saat Membuka Aplikasi Lain )

Cara Memasang Thumbnail di Youtube

Nah setelah Anda membuat thumbnailnya maka saatnya untuk memasang thumbnailnya di video yang Anda upload. Adapun langkah langkah memasangnya adalah sebagai berikut :

  • Masuk ke Video Creator, Silahkan upload video dengan mengklik Icon video Plus lalu pilih Upload Video
Cara Memasang Thumbnail di Youtube
  • Tepat di bawah deskripsi maka Anda akan menemukan menu Thumnail lalu silahkan klik 
  • Maka nantinya thumbnail ini akan muncul pada preview video di samping
  • Maka setelah video terupload maka thumbnail akan muncul pada tampilan awal video

Cara Mengganti Thumbnail Video Youtube

Jika dalam perjalannya ternyata video Anda viewnya tidak kunjung banyak maka bisa jadi Anda harus menggantinya dari segi thumbnail. Lalu bagaimana cara menggantinya ? berikut langkah langkahnya :
  • Silahkan pilih menu Video di Video Creator
  • Kemudian pilih video yang akan Anda ganti thumbnailnya, lalu arahkan kursor ke samping video
Cara Mengganti Thumbnail Video Youtube
  • klik detail dengan icon pensil, kemudian pada menu thumbnail klik titik tiga pada thumbnail lalu pilih opsi ubah
Cara Mengganti Thumbnail Video Youtube

  • Selanjutnya tinggal klik Simpan

Akhir Kata

Demikianlah uraian kami tentang panduan cara membuat thumbnail youtube. Jika Anda berniat menjadi seorang youtube Anda perlu memahami bagaimana membuat thumbnail video semanarik mungkin dan tentunya juga selaras dengan kualitas video. Semoga panduan ini bermanfaat bagi Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *