Cara Mengatasi Printer Epson L360 Tidak Keluar Tinta Hitam dan Warna

Salah satu permasalahan yang sering terjadi pada printer salah satunya adalah tidak keluar tinta baik hitam maupun warna, hal itu umum terjadi termasuk printer epson L360. Tentunya hal ini sangat mengganggu saat kita butuh mau mencetak sebuah dokumen. Masalah seperti ini memang sulit kita ketahui masalahnya dari mana apakah dari tabung atau dari selang karena tidak ada indikator yang menginformasikan masalah ini berbeda dengan error lainnya.

Cara Mengatasi Printer Epson L360 Tidak Keluar Tinta Hitam dan Warna

Error seperti ini tidak hanya terjadi pada printer lama namun juga pada printer baru. Untuk memperbaiki masalah seperti ini ada banyak solusi yang bisa dilakukan tergantung dengan tidak tidak keluar seperti apa apakah tidak keluar sama sekali baik hitam maupun warnanya atau hanya bergaris saja? namun janganlah anda buru buru membawanya ketukang service karena masalah ini termasuk dalam kategori masalah yang ringan untuk printer Epson L360.

Penyebab Epson L360 Tidak Keluar Tinta Hitam dan Warna

Lalu apa sebenarnya yang menyebabkan masalah ini terjadi? Sebagai langkah pencegahan anda harus memahami akar masalahnya sehingga anda bisa menghindarinya. Yang biasa menjadi penyebabnya adalah :

1. Printer Jarang Dipakai

Printer sering dipakai malah bagus, masalah tinta kering dan tinta tidak keluar kemungkinan terjadi kecil karena tinta akan terus mengalir dengan lancar ke catridge. Malaha justru sebaliknya jika jarang dipakai tinta yang komposisinya tidak 100 persen air maka bisa saja akan membeku dan akhirnya akan menyumbat saluran. Oleh karenanya kami menyarankan untuk menghidupkan printer anda setiap hari lakukan print walaupun dengan kertas kosong hal ini mencegah agar tinta tidak beku.

2. Kehabisan Tinta

Selalu perhatikan tinta pada printer anda karena jika kehabisan bisa menimbulkan masalah ini dan untuk masalah yang diakibatkan kehabisan tinta head cartridge anda bisa rusak, untuk menggantinya pada printer epson tidak bisa satu satu harus satu set. Sebelum ini terjadi kontrol tank tinta epson.

3. Printer Berdebu

Printer yang ada ditempat terbuka akan lebih mudah mengalami masalah penyumbatan pada tinta, debu debu bisa saja menghambat dari aliran tinta maupun dari cartridge. Jika permasalah ini lumaya sulit untuk melakukan perbaikan. Agar masalah ini bisa terhindar bersihkan secara rutin printer anda termasuk dalam menggunakan kertas usahakan kertas yang dipakai steril dari debu.

4. Salah Dalam Penggunaan Tinta

Berbagai merk tinta inkjet sangat banyak sekali, anda perlu hati hati dalam membelinya karena membeli tinta yang salah bisa menjadi penyebab rusaknya head atau cartridge anda. Jangan tergiur dengan harga yang murah, pastikan tinta yang anda gunakan adalah tinta asli dari merek espson atau merek tinta yang sudah terkenal dan sudah terbukti aman anda gunakan. Harga tinta asli merek epson.

Cara Mengatasi Printer Epson L360 Tidak Keluar Tinta Hitam dan Warna

Beberapa hari yang lalu kami telah mencoba membantu masalah printer ini di kendedeskomputer dengan masalah tinta tidak keluar sama sekali untuk semua warna. Dan Alhamdulillah setelah menggunakan cara ini masalah teratasi. Anda tidak perlu membongkar apapun anda hanya cukup memanfaatkan fitur yang sudah disediakan oleh Epson sendiri. Silahkan anda ikuti langkah berikut :
Cara ini sebenarnya cleaning saja saja, yang perlu anda ketahui cleaning pada printer Epson L360 ada dua yaitu 
1. Dari fitur yang disediakan pada driver printer epson L360. Cara ini sudah kami gunakan dan tidak bisa mengatasi masalah ini padahal sudah kami lakukan berkali kali. Namun bisa saja masalah printer anda bisa anda atasi dengan masalah ini, cara melakukan ini adalah :
Tekan keybord Ctrl + P pada tampilan printer klik Properties > Maintenance > Head Cleaning
lalu klik Start.
Cara Cleaning Printer Epson L360
Cara Cleaning Printer Epson L360
2. Cara yang kedua adalah cleaning dari tombol merah caranya adalah dengan menekan beberapa detik hingga cartridge berbegrak dengan indikator power berkedip. Tunggu sampai indikator power sampai tidak berkedip. Setelah itu anda bisa mengecek dengan malakukan cetak. Jika hasilnya masih kurang bagus lakukan cleaning hingga hasilnya bagus.
Nah itulah cara mengatasi printer epson L360 yang tidak keluar sama sekali atau bergaris. Semoga ini bisa membantu masalah anda, jika ini bisa memberikan solusi pada masalah anda silahkan share agar banyak yang mengambil manfaat kepada yang lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.