Cara Menghapus Kelas di Google Classroom

Pembuatan kelas sebaiknya dibuat guru entah itu guru mata pelajaran atau wali kelas, sehingga bisa melakukan kontrol penuh terhadap kelas baik dari memasukkan siswa, mengeluarkan atau bahkan menghapus kelas itu sendiri. 

Cara Menghapus Kelas di Google Classroom

Google Classroom  tidak membatasi jumlah kelas yang dibuat, guru bisa membuat kelas berapapun, namun tentunya kelas harus dibuat seefisien mungkin yang sekiranya tidak membingungkan baik guru maupun siswa. Jika ada kelas yang tidak dibutuhkan maka bisa diarsipkan atau dihapus.
Namun yang perlu diperhatikan bahwa kelas yang sudah dihapus itu tidak bisa dikembalikan lagi, jika menginginkannya Anda harus membuat ulang. Jadi Anda harus benar benar yakin kelas tersebut memang sudah tidak akan digunakan kembali. Jika belum yakin atau akan digunakan suatu saat maka sebaiknya diarsipkan saja.

Cara Menghapus Kelas di Google Classroom

Yang bisa menghapus kelas adalah yang membuat kelas, kemaren banyak sekali pertanyaan seputar melihat kode kelas. Mengapa di Google Classroom saya tidak bisa kode kelas dan sebagainya. Nah sama dengan ini yang bisa melakukannya hanyalah yang membuat kelas itu sendiri. Bagaimana caranya ? simak panduannya di bawah :

Login Ke Google Classroom

Langkah awal menghapus kelas sama dengan mengarsipkan kelas, jadi sebelum kelas dihapus maka kelas harus diarsipkan terlebih dahulu.
  • Silahkan login ke Google Classroom menggunakan akun Google
  • Kemudian pilih kelas yang sudah dibuat
  • klik titik tiga vertikal yang ada disamping kanan atas kelas
  • Kemudian pilih Archive


Menghapus Kelas Dari Archive

Setelah kelas diarsip maka silahkan ikuti panduan selanjutnya :
  • Klik strip tiga disamping tulisan Google Classroom
  • Lalu pilih Archived Classses


  • Lalu pilih kelas yang akan dihapus
  • Lalu klik titik tiga vertikal disebelah kanan atas kelas
  • dan pilih \” Delete \”


  • Maka akan muncul konfirmasi dan jika yakin klik \” Delete \”, maka kelas akan dihapus selamanya atau secara permanen

Menghapus Akun Google Classroom

Berbeda dengan menghapus kelas ya, menghapus akun google classroom artinya Anda akan menghapus Google classroom secara keseluruhan. Pada dasarnya untuk menghapus akun google classroom sama saja dengan menghapus akun Google dan menghapus akun google sama saja menghapus seluruh layanannya seperti email. Youtube, Google Drive dan masih banyak yang lainnya. 

Akhir Kata

Demikianlah ulasan kami tentang cara menghapus kelas di google classroom. Jadi pastikan kelas sudah tepat karena ketetika sudah menekan delete kelas sudah tidak bisa dikembalikan lagi dan semua data didalamnya akan hilang. Semoga bermanfaat !

Check Also

Cara Melaporkan Masalah Ke Pusat Bantuan Snack Video

Cara Melaporkan Masalah Ke Pusat Bantuan Snack Video

Snack Video saat ini sangat populer, banyak orang mendownload di perangkat mereka karena aplikasi ini …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *