Cara Menghentikan Aplikasi Menggunakan Data Seluler di Android

  • Bagikan
Cara Menghentikan Aplikasi Menggunakan Data Seluler di Android

Dengan tersedianya wi-fi di rumah, kantor, dan tempat umum, Anda pasti tidak memerlukan data seluler hampir setiap sepanjang waktu. Tetapi, jika wi-fi gagal ataupun gangguan, pasti Anda akan menggunakan lebih banyak data seluler.

Sebagian besar, paket data seluler yang Anda miliki terbatas tetapi banyak dari aplikasi mungkin mencoba menggunakan semua batas data yang Anda miliki. Satu-satynya cara untuk menghentikan ini ialah dengan memblokir aplikasi tersebut dari menggunakan data seluler Android Anda.

Cara Menghentikan Aplikasi Menggunakan Data Seluler di Android

Matikan data seluler untuk aplikasi

Android memungkinkan bisa membatasi penggunaan data seluler pada aplikasi disebagian besar ponsel. Ada banyak aplikasi pihak ketiga yang dapat membantu Anda memblokir penggunaan data seluler pada ponsel Anda, tetapi kami akan memberitahu langkah-langkahnya tanpa menggunakan aplikasi lain.

  • Pertama, buka Settings telepon. Anda dapat mencari dari menu pengaturan cepat atau dari laci aplikasi.
  • Dari pengaturan, buka Sim Card And Mobile Data > Data Usage>Network Permissons
  • Di sini, Anda akan menemukan daftar aplikasi dan penggunaan datanya masing-masing. Anda dapat memfilter daftar untuk penggunaan seluler dan Wi-Fi. Pilih aplikasi yang ingin Anda blokir data selulernya dari sini.
  • Nonaktifkan data Seluler untuk aplikasi jika Anda tidak lagi ingin aplikasi menggunakan data seluler Anda. Anda juga dapat membatasi Data Latar Belakang, yang akan menghidupkan aktivitas latar belakang hanya saat Wi-Fi dihidupkan.

Batasi Data Seluler untuk Semua Aplikasi di Android

Jika Anda ingin terus memeriksa penggunaan data, Anda dapat menonaktifkannya untuk semua aplikasi. Menonaktifkan data seluler untuk semua aplikasi berarti Anda mematikan data seluler secara keseluruhan

Untuk mematikan data seluler di Android,  cari Settings Mobile Networks, dan matikan Cellular/Mobile Data.

Anda juga dapat mematikan data seluler untuk semua aplikasi di ponsel Android Anda dari panel Pengaturan Cepat. Cukup geser ke bawah dari atas layar dan matikan Data Seluler.

Jika Anda tidak ingin mematikannya Anda bisa menggunakan cara dengan membatasi paket data dengan cara Klik menu SIM Card & Mobile Data > Data Usage > Mobile Data Limit > Daily Mobile Data Limit

Baca Juga : 4 Cara Cek Nomor Telkomsel Sendiri Terbaru 2020 Paling Mudah

Tips Lainnya

Ada beberapa cara untuk mengoptimalkan penggunaan data seluler oleh aplikasi. Banyak aplikasi seperti YouTube dan Netflix menawarkan opsi streaming data rendah dan membatasi unduhan tanpa Wi-Fi.

Berikut adalah beberapa opsi yang dapat Anda pilih untuk mengurangi penggunaan data seluler:

Batasi Autoplay di Aplikasi Streaming

video dapat menghabiskan banyak data. Banyak aplikasi media sosial memutar video secara otomatis saat Anda menjelajahi beberapa aplikasi yang memuat video. Misalnya, Anda bisa mematikan fitur autoplay di Facebook untuk menghemat konsumsi data yang tidak perlu. Di dalam menu, Buka Settings & Privacy > Settings > Media..

Sekarang Anda dapat memilih opsi yang dapat mengurangi ukuran media dan menonaktifkan pemutaran otomatis video. Demikian juga, Anda dapat menonaktifkan putar otomatis Twitter dan Instagram dari aplikasi masing-masing.

Baca Juga : 6 Cara Mengembalikan Jaringan 4G Yang Hilang Di HP Android

Jelajahi dalam Mode Ringan

Banyak browser seperti Chrome dan Opera memiliki opsi penyimpanan data. Mereka dapat membantu Anda menghemat lebih dari setengah konsumsi data seluler harian Anda. Anda dapat mengaktifkan Mode Ringan di Chrome. Ini akan memungkinkan halaman web dimuat dengan konten minimal dan gambar berkualitas rendah.

Streaming dalam Kualitas Rendah

Banyak aplikasi streaming seperti Spotify memungkinkan Anda menghemat data seluler. Semua aplikasi tersebut memiliki mode penghemat data untuk menampilkan musik dalam kualitas rendah. Misalnya, Anda dapat mengaktifkan Kualitas Audio di bawah pengaturan “Penghemat Data” di pengaturan Spotify. Demikian juga, banyak aplikasi streaming musik lainnya memiliki opsi penghemat data serupa yang dapat Anda gunakan untuk mengurangi penggunaan data seluler.

Gunakan Aplikasi Versi Lite

Jika Anda mengetahui sebuah aplikasi menggunakan banyak data seluler, Anda dapat berhenti menggunakannya atau mencari alternatif yang efisien. Banyak aplikasi populer memiliki versi ringan yang memuat lebih cepat dan memperlambat penggunaan data.

Jika Anda adalah pengguna Facebook dan melihat aplikasi menggunakan banyak data, Anda dapat menginstal aplikasi Facebook Lite sebagai gantinya. Anda akan mendapatkan sebagian besar fitur saat penggunaan data dipangka.

Paket data seluler mahal dan tidak tersedia dengan mulus. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengontrol penggunaan data oleh aplikasi yang Anda gunakan.

Dengan metode yang disebutkan di atas, Anda dapat mengontrol aplikasi mana yang dapat menggunakan data seluler Anda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *