Cara Menghilangkan Tinta Spidol Permanen Di Baju Putih Dengan Mudah Dan Cepat

Spidol permanen memang dirancang untuk sulit dihapus. Salah satu fungsi dari spidol jenis ini adalah untuk memberikan tanda pada suatu benda atau menuliskan pada kertas yang licin untuk sebuah pengiriman barang, dengan demikian tulisan atau tanda tersebut tidak bisa hilang karena gosokan barang dan tidak bisa menempel. Namun, apa jadinya jika tinta spidol permanen mengenai baju atau pakaian lainnya, apa lagi baju tersebut berwarna putih.

Cara Menghilangkan Tinta Spidol Permanen Di Baju Putih Dengan Mudah Dan Cepat

Cara menghilangkan tinta spidol permanen di baju putih dengan mudah dan cepat, sebenarnya tidaklah susah jika kita mengetahui barang apa saja yang dapat menghilangkan noda tersebut. Tinta spidol memang sering kali menjadi masalah, karena biasanya tinta tersebut menempel pada pakaian dengan ketidak sengajaan. Nah, dengan menggunakan bahan yang tepat untuk menghapusnya, maka hal tersebut bukanlah masalah lagi.

Dikesempatan kali ini kami akan membagikan tips cara menghilangkan noda tinta spidol permanen serta bahan apa saja yang dapat anda gunakan. Dan berikut beberapa cara yang dapat anda coba bahkan pada noda spidol yang sudah kering.

Cara Menghilangkan Tinta Spidol Permanen Di Baju Putih

1. Spirtus

Spirtus merupakan bahan kimia yang terbilang ampuh untuk menghilangkan noda spidol permanen. Jika penggunaan spirtus dengan cara berlebihan mungkin akan merusak serat kain, tapi jika penggunaannya secukupnya maka tidak menjadi masalah. lantas bagaiman cara menghilangkan noda spidol dengan menggunakan spirtus? Berikut penjelasannya.
letakkan beberapa lembaran tisu di bawah baju yang terkena noda. Cara ini untuk memindahkan noda dari pakaian ke tisu.

  1. Celupkan kain atau spons bersih pada spirtus.
  2. Tekan atau gosokkan sedikit kain bersih yang sudah dicelupan pada spirtus pada pakaian yang ternoda. Dengan demikian noda akan berpindah pada tisu di bawahnya.
  3. Setelah nodanya hilang, cucilah pakaian tersebut dengan menggunakan deterjen agar noda tersebut lebih bersih sekaligus menghilangkan bau spirtus yang terkadang cukup menyengat.

2. Garam

Garam merupakan bumbu utama masakan yang dapat dibilang multifungsi. Bagaima tidak? selain dapat dijadikan sebagai obat untuk mengatasi beberapa penyakit, bahan yang satu ini juga dapat anda gunakan sebagai penghilangkan noda yang disebabkan tinta spidol permanen. Caranya, cukup anda campurkan sedikit garam pada pakain yang ternoda, lalu kucek atau juga dapat menyimpannya pada mesin cuci. Dalam proses ini tidak diperkenakan menggunakan deterjen, karena tujuannya untuk menghilangkan noda bukan untuk mencuci.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Karang Gigi Dengan Mudah

3. Air lemon

Selanjutnya adalah menggunakan perasan air lemon. Air lemon terbukti dapat menghilangkan noda yang disebabkan oleh tinta spidol permanen. Selain fungsinya yang luar biasa, aroma bahan alami ini juga dapat menyegarkan. Caranya, Sediakan lemon lalu peras airnya, selanjutnya tuangkan air perasan tersebut pada baju yang terkena noda, namun sebelumnya berikan kain dibawah noda tersebut agar nodanya dapat berpindah pada kain di bawahnya, ambil kapas atau kain bersih lalu celupkan pada perasan air lemon dan gunakan untuk menekan noda pada pakaian.

4. Hair Spray

Mungkin selama ini kita hanya mengenal fungsi Hair spray adalah untuk menguatkan tatanan rambut. Tapi ada fungsi lain dari hair spray yakni dapat menghilangkan noda yang diakibatkan oleh tinta spidol permanen. Nah, untuk menghilangkannya berikut penjelasannya.

  1. Langkah pertama letakkan kain yang terkena noda spidol di atas kaiin kering yang mudah menyerap.
  2. Lalu semprotkan hair spray pada kain yang terkena noda.
  3. Tekan bagian kain yang ternoda dengan menggunakan kapas agar noda tersebut dapat diserap oleh kain kering yang ada di bawahnya.
  4. Setelah noda berhasil dibersihkan, cucilah baju tersebut agar bersihnya lebih sempurna.

5. Susu

Cara ini mungkin terbilang cukup unik, karena bahan yang digunakan adalah susu yang biasa kita konsumsi setiap hari. Namun jenis susu yang paling ampuh untuk menghilangkan noda spidol adalah susu sapi murni. Berikut langkah – langkah yang harus anda ketahui.

Pertama tuangkan susu pada wadah yang kiranya cukup untuk merendam pakaian yang ternoda.
Rendam bagian pakaian yang terkena noda saja. Dan biarkan selama semalaman.
Pada pagi harinya cek noda tersebut, jika belum menghilang secara sempurna rendam kembali bagian tersebut selama semalam lagi. Namun jika ternyata nodanya sudah menghilang anda bisa langsung mencicinya dengan menggunakan deterjen.

Dalam perendaman kain yang memakan waktu yang tidak sebentar, anda tidak perlu khawatir akan merusak kain, karena susu tidak mempunyai efek samping untuk merusak serat kain.

Baca Juga : 7 Cara Menghilangkan Bau Sepatu Dengan Cepat Dan Mudah

6. Pasta Gigi

Fungsi utama pasta gigi adalah membersihkan gigi dari semua kotoran sekaligus memutihkannya. Hal ini disebabkan karena gigi memiliki kandungan yang dapat memutihkan gigi. Pasta gigi tidak hanya berfungsi memutihkan gigi namun juga dapat menghilangkan noda spidol permanen pada pakaian. Caranya, oleskan pasta gigi pada kain yang ternoda lalu kucek – kucek dengan lembut. Setelah itu bilas dengan air bersih.

7. Boraks

Membersihkan noda spidol dengan menggunakan boraks bukanlah sesuatu yang baru lagi, metode ini sudah banyak orang membuktikannya. Dalam penggunaan boraks, harus juga dicamprkan dengan 1 sdm susu, 1 sdt air lemon, 1 sdm cuka, dam 1 sdt boraks ke dalam satu wadah, setelah semua bahan tercampur dengan merata, oleskan pada baju yang ternoda dan diamkan selama 10 menit. Untuk proses pembersihan secara sempurna gunakan spons lembab untuk menekan pada bagian yang ternoda agar noda tersebut menyerap pada spon tersebut.

Demikianlah cara serta bahan yang dapat anda gunakan untuk menghilangkan bekas noda spidol permanen di pakaian. Dengan begitu anda tidak perlu khawatir jika pakaian terkena tinta spidol baik itu baju putih, celana jenis maupun di pianika.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.