Cara Mengkosongkan Ruang Penyimpanan Yang Penuh di HP

  • Bagikan
Cara Mengkosongkan Ruang Penyimpanan Yang Penuh di HP

Dalam artikel ini akan menjelaskan tentang cara mengosongkan ruang penyimpanan yang penuh di HP. Hal ini banyak dialami mereka yang memiliki kapasitas memori yang sedikit. Sebelumnya saya sudah membuat artikel Cara Menghemat Memori Internal HP Android Agar Tidak Cepat Penuh sebagai antisipasi.

Jika penyimpanan di hp penuh maka akan berdampak pada kecepatan akses di handphone dan juga akan sulit membuka aplikasi dan masalah yang lainnya tentunya ini akan sangat menyebalkan. Rata rata penyebab penuhnya ruang penyimpanan disebabkan karena updatenya aplikasi dan juga lalu lintas pengiriman file utamanya di aplikasi chatingan seperti whatsapp.

Penyebab Ruang Penyimpanan Di HP Cepat Penuh

Mengapa penyimpanan di hp saya cepat penuh ? Inilah beberapa penyebabnya

  • Ponsel ini dilengkapi dengan sistem operasi besar yang menghabiskan sebagian besar ruang penyimpanan. Ini terutama berlaku untuk produsen ponsel yang menambahkan banyak penyesuaian ke OS Android
  • Banyak bloatware. Sebagian besar ponsel Android dilengkapi dengan bloatware, tetapi untuk beberapa ponsel yang sangat murah, jumlah bloatware di dalamnya sangat besar.
  • Banyaknya lalu lintas file yang masuk utamanya dari aplikasi chatingan seperti whatsapp, messeger dll
  • Update aplikasi yang terus menerus sehingga memakan memori yang besar

Cara Mengkosongkan Ruang Penyimpanan Yang Penuh di HP

Menghapus File dan Aplikasi Yang Tidak Penting

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah menghapus file file yang tidak digunakan dan juga menghapus aplikasi yang tidak begitu penting. Untuk file Anda bisa membuka ” Batery And Device Care > Storage > Silahkan Anda buka masing masing menu dan hapus file yang tidak penting.

Menghapus File dan Aplikasi Yang Tidak Penting

Untuk menghapus aplikasi silahkan Anda buka di menu ” Apps ” selanjutnya silahkan lihat aplikasi yang tidak penting dan dengan memilih Uninstall. Anda juga bisa menghapusnya melalui Google Playstore caranya silahkan cari aplikasinya dan klik menu ” Uninstall “.

Hentikan Update Aplikasi Secara Otomatis

Hal yang paling banyak menghabiskan ruang adalah update aplikasi namun Anda bisa mematikannya. Saya sudah membuat panduannya di artikel ini : Cara Mematikan Auto Update Aplikasi Di HP Android.

Jika perlu silahkan hapus juga update aplikasi yang sudah terinstall. Tentunya lakukan ini pada aplikasi yang dianggap kurang penting dan tidak mengalami masalah saat digunakan walau tanpa update.

Untuk menghapus update aplikasi yang sudah terinstall caranya :

  • Silahkan buka Settings > Apps
  • Pilih aplikasi yang akan di hapus updatenya
  • Pilih menu Hapus Update

Jika Anda tidak ingin mengkosongkan memori di hp tanpa menghapus aplikasi maka langkah yang bisa digunakan adalah dengan menghapus datanya kemudian Anda jalankan atau login kembali maka ruang akan sedikit lega.

Pindahkan Data Ke Micro SD

Selain memiliki memori internal Anda juga bisa memasang micro SD sebagai penyimpanan cadangan. Jika Anda melihat memori internal sudah mulai menipis maka silahkan pindah file file ke Micro Card. Ada beberapa aplikasi juga yang bisa dipindahkan maka segera pindahkan.

Untuk panduannya bisa dilihat di artikel berikut : Cara Memindahkan Data Dari Memori Internal Ke Memory Card HP Samsung

Upload File Ke Penyimpanan Online

Langkah yang paling bagus agar file Anda tidak hilang begitu saja adalah dengan menggunggahnya ke penyimpanan online. Jangan kawatir karena banyak aplikasi penyedia penyimpanan yang gratis salah satunya adalah Google Drive yang memberikan ruang kosong penyimpanan sebesar 15 GB.

Jika file Anda hanya berupa gambar maka ruang 15 GB sudah sangat cukup, jika kurang Anda bisa menambah kapasitasnya dengan membayar. Namun Anda bisa membuat akun Gmail baru dan lumayan 2 akun sudah mendapatkan penyimpanan 30 GB.

Cara untuk mengupload file ke Google Drive sangat mudah tinggal buka aplikasi Google Drive di hp lalu pilih tanda plus dan pilih upload file. Salah satu keuntungan menyimpanan file ke penyimpanan online Anda bisa mengambilnya sewaktu waktu tanpa takut kehilangan file.

Upload File Ke Penyimpanan Online

Gunakan SD Maid

untuk Mengosongkan Ruang Penyimpanan Bahkan jika Anda menggunakan pengelola file untuk menghapus semua file dan aplikasi yang menghabiskan penyimpanan pada ponsel, itu masih dapat meninggalkan jejak pada kartu SD eksternal dan penyimpanan internal.

  • Unduh SD Maid dari Play Store.
  • Buka aplikasi. Anda akan melihat berbagai opsi seperti CorpseFinder, SystemCleaner, dan AppCleaner.
  • Pilih CorpseFinder. Ini akan mulai mencari dan menghapus apa pun yang tertinggal oleh aplikasi yang sebelumnya dihapus dan masih meninggalkan jejak.
  • Jika Anda memilih AppCleaner, itu akan menghapus semua cache aplikasi Anda. Opsi Database akan mengoptimalkan semua database aplikasi.
  • Terakhir, System Cleaner akan mencari folder dan file standar yang tidak digunakan dan menghapusnya dengan aman.
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *