Tanpa Loading ! Ini Cara Transfer Data Dari HP Ke Laptop Lewat Wifi

  • Bagikan
Tanpa Loading ! Ini Cara Transfer Data Dari HP Ke Laptop Lewat Wifi

Saat ini tranfer data dari hp ke laptop atau sebaliknya hampir dilakukan setiap hari utamanya bagi Anda yang memiliki aktifitas tinggi di kedua perangkat tersebut. Tentunya Anda harus mencari cara yang mudah dan cepat agar kerjaan bisa menjadi efisien.

Ada banyak metode yang dilakukan tapi kebanyakan masih manual menggunakan kabel. Ini tidak disarankan karena jika terlalu sering Anda memasang dan melepas colokan charger HP bisa cepat rusak. Selain itu pengisian daya dari komputer secara terus menerus juga tidak baik bagi HP.

Cara lainnya adalah dengan bluetooth. Ini memang sedikit lebih praktis dibanding dengan menggunakan media kabel. Terlebih saat ini pernagkat bluetooth sudah banyak tersedia di laptop. Untuk PC bisa menambah perangkat bluetooth External. Tapi sayangnya tranfer data dari hp ke laptop dengan bluetooth agak lambat.

Nah kamu juga bisa menggunakan daya transfer yang cepat yaitu lewat wifi. yaitu dengan memanfaatkan menu jaringan. Syaratnya menggunakan metode ini harus menggunakan wifi yang sama. Tranferpun sangat cepat bahkan tanpa loading.

Baca Juga : Cara Menyambungkan HP Ke TV Sharp Aquos Tanpa Kabel

Cara Transfer Data Dari HP Ke Laptop Lewat Wifi

Setting Sharing File Di Laptop

  • Silahkan share dulu folder di laptop yang akan dibagikan lewat jaringan dengan cara klik kanan pilih properties
  • Selanjutnya klik tab Sharing dan pada menu Network File And Folder Sharing klik menu Share
  • Selanjutnya di tampilan Network Acces pilih Everyone lalu klik Add dan selanjutnya klik Share dan selanjutnya pilih Yes
  • Turn On Network And File Sharing For All Public Network dan klik Done

Selanjutnya silahkan buat folder baru untuk menyimpan file dari HP nantinya. Silahkan lakukan sharing pada folder ini dengan mengikuti langkah langkah diatas. Namun pada bagian memilih network Acces pilih everyone lalu klik Add, dan pada Permission Level silahkan pilih Read And Write.

Baca Juga : Cara Logout Akun Google Di HP OPPO Simpel Banget

Melihat IP Adress Di Laptop / Komputer

Langkah selanjutnya adalah melihat IP Adress dari laptop yang kita gunakan caranya adalah untuk lebih cepatnya dengan menggunakan Command Prompt ( CMD ) dengan cara tekan Windows + R.

Ketika sudah muncul command Prompt silahkan ketik ipconfig silahkan lihat di bagian IPv4 Address

Settings Sharing Via LAN di Handphone

Langkah selanjutnya tinggal melakukan settingan di HP. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mendownload aplikasi Pengelola Berkas ( File Manager Plus ) yang bisa Anda download disini. Untuk langkah langkah settingnya berikut panduannya :

  • Jalankan aplikasi File Manager Plusnya lalu pilih menu Remote
  • Kemudian klik Tambah Lokasi Remote > Jaringan Lokal selanjutnya jaringan nama komputer yang terhubung ke jaringan akan terdeteksi
  • Selanjutnya klik nama tersebut dan centang Anonim
  • Lalu selanjutnya pilih file yang akan dikirim ke Laptop dan copy
  • kemudian kembali ke beranda dan pilih nama laptop lalu buka folder dari HP dan pilih Rekatkan file file tersebut dan datapun sudah tersimpan di dalam laptop.

Baca Juga : 5 Cara Mempercepat Internet di HP Android Untuk Semua Jaringan

Demikianlah cara tranfer data dari hp ke laptop lewat, walaupun ini terkesan lama namun ini hanya perlu sekali setting saja. Selanjutnya tingan memindah mindah saja tanpa perlu setting lagi.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *