Indah Mempesona, Ini 10 Wisata Terfavorit Yang Ada Di Sumedang

Apa yang anda pikirkan jika tiba hari libur? Ya, tentu saat itu anda membayangkan menghabiskan hari libur bersama keluarga dan teman – teman. Nah, di artikel kali ini kami akan membahas tempat wisata yang memiliki sejuta pesona dan panorama yang menakjubkan yang pasti akan membuat pengunjungnya ketagihan, dimana lagi? kalau bukan kabupaten sumedang.

Sumedang adalah salah satu kabupaten di jawa barat dan sebagian besar merupakan kawasan pegunungan yang memiliki udara yang sejuk dan pemandangan yang begitu elok di pandang. Sumedang tidak hanya terkenal dengan spot objek wisatanya yang keren, namun juga terdapat situs bersejarah, situs budaya, dan spot foto yang kekinian.

Tak hanya itu saja, sumedang juga terkenal akan kelezatan kulinernya salah satunya adalah tahu sumedang. Mungkin selama ini kita banyak mengenal tempat wisata di kabupaten ini dan lebih mengenal tempat wisata yang ada di bandung, semarang, jogja dan kota besar lainnya. Namun tempat wisata yang  berjarak 45 km dari kota bandung ini tidak kalah kerennya lho, di sana anda akan dimanjakan dengan pemandangan yang sangat memanjakan mata.

Indah mempesona, berikut 10 wisata terfavorit yang ada di sumedang yang lagi hits dan menarik untuk anda kunjungi.

10 Wisata Terfavorit Yang Ada Di Sumedang

1. Kampung Toga

Iradio FM

Kampung toga berjarak sekitar 2 km dari pusat kota. di tempat wisata ini akan disajikan suasana alam yang asri nan indah. Tak hanya itu saja, di sini anda juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang tentunya akan menambah kesuruan liburan anda. Berbagai kegiatan menarik, seperti bersepeda gunung, paralayang, outbond, dan gantole akan anda dapatkan di tempat ini. Kampong toga terletak di ketinggian 650 DPL. Nah, kapan lagi dapat berlibur di tempat seperti ini.

Baca Juga : 6 Tempat Wisata Di Probolinggo Yang Lagi Hits

2. Wisata Air Gajah Depa

Wisata Air Gajah Depa

Sebelumnya anda hanya menemukan wisata air di Sumedang hanya di Cipanteneun, namun kini anda di daerah Cimalaka yaitu wisata Air Gajah Depa. Wisata ini merupakan salah satu wisata modern yang sangat cocok bagi anda yang ingin berlibur dengan keluarga. Anda dan keluarga akan disuguhkan dengan berbagai wahana wisata dan fasilitas.salah satunya yang paling seru yaitu Family Slide dimana anda berseluncur bersama keluarga sambil berenang. Kolam renangnya tidak hanya menyediakan untuk orang dewasa saja namun ada juga yang tersedia untuk anak anak.

Selain Family slide ada juga Spiral slide dan masih banyak wahana lain seperti Spill bucjet, water ball, water roller, water capsule, dan hand boat  yang membuat hiburan anda menjadi hiburan yang tidak terlupakan. Namun bagi anda yang tidak suka dengan basah basahan banyak kok wahana lainnya trampolin, istana boneka, dan kereta mini  yang tidak kalah serunya. Jika anda ingin berkunjung anda sudah bisa datang pada jam 08.00 pagi karena tempat wisata ini sudah buka. Siapkan uang 20-25 ribu untuk biaya tiket masuk.

3.  Danau Situ Celembang

anau Situ Celembang

Wisata Situ Celembang memiliki pemandangan yang aduhai, terlebih jika anda berkunjung pertama kali kesini maka anda akan terkesima dengan keindahannya. Tempat wisata ini adalah merupakan sebuah danau dengan airnya yang biru dan bening layaknya kristal. Akhir akhir ini tempat wisata ini selalu ramai dikunjungi orang lantaran karena banyaknya foto disosial media yang menunjukkan keindahannya sehingga orang banyak yang penasaran dengan keindahannya.

Banyak yang menyangka air bening yang ada di danau ini adalah buatan padahal tidak air ini ada secara alami dan belum terkontaminasi dengan apapun. Namun sayangnya kita tidak perbolehkan untuk mandi karena kawatir akan merusak beningnya air yang ada di danau ini. Jadi anda hanya bisa bersampan ria mengitari keindahan danau ini. Untuk dapat menikmati keindahan di tempat anda hanya perlu merogoh kocek 2000 saja. Tempat wisata ini berada di Desa Hariang, Kecamatan Buahdua Kabupaten Sumedang.

4. Wisata Kampung Ciherang

Wisata Kampung Ciherang

Tempat ini merupakan salah satu tempat wisata yang favorit yang ada di Sumedang, pengunjung berlalu lalang menikmati indahnya panorama alam yang ada ditempat ini. Banyaknya pepohonan pinus membuat udara ditempat ini sejuk, sangat cocok menjadi tempat nongkrong dan berlama lama bersama keluarga atau sahabat. Memiliki areal yang luas wisata Kampung Ciherang juga cocok buat kegiatan diluar ruangan seperti gathering family, aoutbound dan lain sebagainya.

Ditempat ini banyak sekali fasilitas untuk ber swafoto, seperti sayap kupu kupu, diatas pohon, sarang burung raksasa dan masih banyak yang lainnya. Sedangkan untuk wahana permainannya juga tidak seru, ada flying fox, arung jeram, skybike, panahan dan masih banyak yang lainnya. Untuk biaya masuknya yaitu untuk orang dewa 20.000 pada hari biasa, sedangkan untuk hari libur naik menjadi 25.000. Tempat wisata ini ada di Desa Cijambu, Kecamatan Tanjung Sari Kabupaten Sumedang.

5. Curug Ciputrawangi Sumedang

Curug Ciputrawangi Sumedang

Curug adalah sitilah Jawa dalam bahasa indonesia adalah air terjun, Curug Ciputrawangi lokasinya berada di Narimbang, Conggeang, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Curug ini ada di gunung Tampomas jadi untuk menikmati air terjun ini anda harus mendaki ke gunung Tampomas. . Hasil yang dibagikan para traveller menunjukkan betapa indah curug ini jada sayang jika anda ke Sumedang sayang sekali jika anda tidak sempat berkunjung ke tempat ini. Lelah mendaki gunung Tampomas akan terbayarkan setelah anda bertemu dengan curug ini. Pastinya anda juga akan tertarik untuk mandi karena airnya yang sejuk dan segar.

Namun kami menyarankan untuk tidak datang dan mendaki sendirian, karena alam di sekitar curug ini masih alami hal ini terbukti dengan banyaknya pohon besar yang ada disekitar kawatir jika anda berangkat sendirian akan bertemu dengan hewan buas. Selain itu hendaknya berhati hati saat berkunjung kesini dimusim hujan karena jalanan menuju lokasi sangalah licin.

6. Pemandian Air Panas Cileungsing

Pemandian Air Panas Cileungsing

Jika anda ingin menikmati air panas di Sumedang juga ada lo, salah satunya di pemandian air panas yang ada di desa Cilangkap yang dikenal dengan pemandian Cileungsing. Pemandian ini sangat ramai di kunjungi utamanya masyarakat yang ada di sekitar pemandian. Mereka datang tidak hanya sekedar berwisata namun ada juga yang datang untuk berobat karena kandungan yang ada di air panas ini dipercaya bisa menyembuhkan penyakit kulit dan rematik. Debit air panas Cileungsing ini paling banyak di banding dengan sumber air panas yang lainnya dan airnyapun sangat panas.

Lokasi dari pemandian air panas ini yaitu ada di  Cilangkap, Buahdua, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Jika anda masih bingung anda bisa menggunakan google maps. Fasilitas yang disediakan juga lumayan lengkap dari mulai mushalla, MCK, tempat parkir dan masih banyak yang lainnya.

Baca Juga : 10 Wisata Tanggerang Selatan Yang Menarik Untuk Dikunjungi

7. Kampung Karuhun

Kampung Karuhun

Jarak antara alun alun Sumdang ke tempat wisata berkisar 7 KM saja atau bisa ditempuh 30 hingga 45 menit . Anda bisa menemukannya dengan mudah peta kampung karuhun dengan google map atau anda bisa langsung ke Jl. Pagar Betis, Citengah, Sumedang Selatan,  Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Tempat wisata ini menyuguhkan kesegaran berada di tempat pegunungan yang asli dengan nuansa alam yang sangat kental. Airnya yang jernih dan gemiricik akan membuat suasana semakin sahdu.

Sedangkan wahana wisata yang tersedia banyak sekali diantaranya River Tubing, Land Adventure, Bungee Trampolin, Zip Bike, Flying Fox, Kemah Exclusive, Kolam Berenang, jembatan cinta dan masih banyak yang lainnya. Buat anda yang muslim juga tersedia Mushalla dan jika and alapar di tempat ini juga tersedia makan. Jadi lengkap banget kan? Untuk tiket masuknya untuk orang dewasa kisaran 20.000 dan untuk anak anak 15.000. Jika and butuh menginap disekitar wisata juga banyak tersedia villa yang bisa anda sewa.

8. Mata Air Sirah Cipelang

@luqmanrpratama

Wisata Mata Air Sirah Cipelang ini berada di Desa Cipamekar, Kecamatan Conggeang, Kabupaten Sumedang. Tempat wisata ini menawarkan kesejukan air sumber dari alam pegunungan Tampomas, airnya sangat jernih dan menyegarkan. Di bawah pepohonan yang rindah anda bisa berenang sepuasanya hanya dengan 5.000 saja. Kejernihan airnya bisa menjadi spot foto underwater yang sangat menakjubkan. Anda bisa berfoto bersama ikan ikan yang ada ditempat pemandian ini. Tempat pemandian ini juga menjadi tempat pemandian umum warga yang ada disekitar jadi jagalah prilaku sopan dan juga jagalah kebersihan saat berkunjung ke tempat ini.

9. Arung Jeram Pangcalikan

Arung Jeram Pangcalikan

Jika anda suka dengan tempat wisata yang menantang tempat wisata yang ada di Sumedang ini bisa menjadi pilihan anda. Tempat wisata ini ada di Citepok, sepanjang sungai Cipelers kontur arus sangat menantang, tentunya jika bermain arung jeram disini akan sangat seru. Jika anda ingin menguji andrenalin anda silahkan berkunjung ke sini pada saat musim hujan karena pada musim kemarau debit airnya berkurang. Namun walaupun airnya sedikit air yang ada di sungai ini sangat jernih disebuty-sebut sebagai Green Canyon-nya Sumedang.

10. Wisata Alam Pangjugjugan

Wisata Alam Pangjugjugan

Nuansa wisata alam memang sangat diminati saat ini, nah jika anda mencari tempat wisata yang menyajikan intraksi dengan alam yang menarik maka Wisata Alam Panjugjugan adalah pilihan yang tepat. Disini anda tidak hanya melihat pemandangan yang indah namun anda juga bisa belajar banyak tentang pertanian dan peternakan. Anda bisa ikut memanen hasil pertanian. Namun wahana wisata disini tidak hanya ini saja, masih banyak yang lainnya seperti Flaying Fox, Naik perahu mengelilingi situ, permainan tradisional, terapi ikan, becak mini, Playground dan masih banyak yang lainnya. Jika anda lapar setelah menikmati suasana anda bisa menikmati kuliner sunda yang sudah tersedia di sana.

Gimana benar benar serasa seru kan berkunjung ke 10 tempat favorit di atas. Pastikan rencanakan liburanmu dengan baik agar liburanmu benar benar berkesan.

Check Also

Cara Melaporkan Masalah Ke Pusat Bantuan Snack Video

Cara Melaporkan Masalah Ke Pusat Bantuan Snack Video

Snack Video saat ini sangat populer, banyak orang mendownload di perangkat mereka karena aplikasi ini …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *