Manfaat Pare Untuk Kesehatan Serta Cara Memasak Yang Benar Agar tidak Pahit Dan Enak

Pare memang tergolong sayuran yang memiliki rasa yang cukup unik yaitu pahit. namun, karena rasanya yang pahit tersebut pare mempunyai sensasi rasa tersendiri. bentuk dari pare juga sangat mudah untuk dikenal, yaitu memiliki permukaan kulit yang berbiku – biku dan memiliki warna hijau. Masalah manfaat untuk kesehatan jangan ditanya, walaupun rasanya yang kurang sedap tapi memiliki hasiat segudang. Diantaranya vitamin A, vitamin C, vitamin B1, karbohidrat, protein dan serat yang tentunya sangat baik untuk kesehatan. nah, berikut beberapa khasiat pare bagi kesehatan.

Manfaat Pare Untuk Kesehatan Serta Cara Memasak Yang Benar Agar tidak Pahit Dan Enak

1. Mengobati Diabetes

Pare mengandung Phytonutrient dan Polipeptida-P yang berfungsi untuk menurunkan kadar gula dalam darah. dengan anda rutin mengkonsumsi sayuran ini, maka anda akan terbebasa dari diabetes.

2. Anti Kanker

Pare mengandung zat antioksidan dan menyimpan zat lektin yang berfungsi untuk  menangkal radikal bebas dan menghambat sintesis protein dan DNA pada limfosit leukimia. Karena kandungan tersebut pare dapat mencegah sel kanker untuk berkembang biak dalam tubuh.

3. Menghindari Penyakit Jantung

pare mengandung nutrisi yang dapat menurunkan kadar gula dalam darah dan menyumbang dinding arteri. oleh sebab itu, pare sangat baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan jantung.

4. Menurunkan Berat Badan

Jika anda ingin menurunkan berat badan, sepertinya mengkonsumsi pare menjadi solusi yang paling tepat. Pare mampu meningkatkan metabolisme dalam tubuh dan sistem pencernaan. selain itu pare juga mengandung rendah kalori sehingga anda tidak perlu khawatir akan tertimbunnya lemak yang berlebih.

5. Meringankan Asma

Asma sering terjadi pada seseorang ketika dilanda rasa capek, cuaca yang cukup dingin. dan keadaan tersebut sangat mengganggu aktivitas dalam setiap harinya. Namun hal tersebut dapat dihindari dengan cara rutin mengkonsumsi sayuran pare, karena pare mengandung zat anti histamin, antivirus, dan anti inflamasi, yang mana berbagai kandungan tersebut sangat bermanfaat untuk menghindari asma.

6. Menghilangkan Jerawat

selain berfungsi untuk kesehatan, pare juga berfungsi untuk merawat kecantikan kulit wajah. sebagaimana yang telah kita ketahui bahwa jerawat merupakan momok yang sangat menakutkan, karena dapat mengganggu penampilan dan menurunkan rasa percayaa diri. Namun anda tidak perlu khawatir, karena hal tersebut dapat anda hindari dengan menjadikan pare sebagai masker wajah.

Caranya : bersihkan pare terlebih dahulu, lalu pisahkan antara daging dan bijinya, selanjutnya haluskan daging pare dengan cara diblender, kemudian oleskan kepada kulit wajah secara merata.

Karena rasanya yang pahit dan agak letih, sehingga banyak orang enggan mengkonsumsi sayuran yang permukaannya dipenuhi tonjolan ini sekalipun pare mengandung banyak manfaat sebagaimana yang telah kami jelaskan diatas. Namun anda tidak perlu hawatir karena rasa pahit dalam pare dapat dihilangkan jika dimasak dengan cara yang benar dan tepat. Berikut rahasia memasak pare agar tidak pahit dan enak.

  1. Pertama cuci bersih dulu pare yang akan dimasak
  2. Selanjutnya belah pare sehingga menjadi dua bagian
  3. Buang bijinya dan juga selaput putih yang menempel pada daging pare
  4. Iris tipis pare tersebut dan taburi irisan tersebut dengan garam
  5. Remas – remas irisan pare yang sudah ditaburi garam sampai layu
  6. Kemudian bilas dengan air mengalir dan masak sesuai dengan keinginan.

Untuk menghilangkan rasa pahit pada pare tidak hanya diremas dengan garam saja, namun anda juga dapat meremasnya dengan gula atau merebus pare dengan beberapa lembar daun biji secara berabarengan.

Demikianlah penjelasan kami tentang sayuran pare, jadi jangan abaikan sayuran yang satu ini karena khasiatnya sangat luar biasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *