Menerapkan Protokol Kesehatan Vaksin Sementara Ditengah Pandemi

  • Bagikan

Sudah hampir 10 bulan covid 19 mewabah di Indonesia, hingga saat ini belum ada tanda tanda pandemi ini akan berakhir malah justru grafiknya terus naik. Saat artikel ini dimuat pertanggal 2 Oktober 2020 telah mencapai 291.182 kasus dan kasus perharinya tembus hingga 4000-an kasus. 

Menerapkan Protokol Kesehatan Vaksin Sementara Ditengah Pandemi

Lamanya wabah ini membuat masyarakat sudah mulai lelah dan sudah mulai mengabaikan anjuran pemerintah untuk tetap tinggal dirumah. Merekapun hanya bisa pasrah dan tetap melakukan aktifitas sebagaimana biasanya karena jika tidak begitu apa yang akan diberikan kepada keluarga mereka. Jadi wajarlah jika belakangan ini justru corona semakin \” mengggila \”

Pemerintahpun tidak bisa berbuat banyak untuk mencegah mereka melakukan aktfitas diluar rumah karena bantuan yang diberikan tidak bisa mencukupi kebutuhan masyarakat. Akhirnya pemerintahpun mulai menerapkan kehidupan New Normal dengan harapan masyarakat tetap produktif walau ditengah wabah. Tentunya penerapan tatanan kehidupan baru ( New Normal ) dengan tetap menerapkan protokol kesehatan agar bisa menekan penyebaran virus ini.

Menerapkan Protokol Kesehatan Vaksin Sementara Ditengah Pandemi

Pencegahan penularan virus corona harus dimulai dari diri sendiri dengan disiplin menegakan protokol kesehatan. Langkah ini merupakan vaksin paling ampuh dan yang terbaik saat ini sebelum vaksin yang sebenarnya ditemukan. Jika seluruh masayarakat komitmen untuk menegakkan protokol kesehatan maka angka kasus bisa ditekan dan bahkan kita bisa menang melawan corona.

Sebagaimana yang disampaikan berkali kali oleh tenaga kesehatan ada 3 hal penerapan protokol kesehatan yang harus dijalankan secara disiplin oleh masyarakat pertama menggunakan masker, rajin mencuci tangan dan menjaga jarak. Jika tiga hal ini bisa diterapkan disemua masyarakat bukan hal yang mustahil penularan covid 19 bisa dicegah.

Selain itu pemahaman tentang perkembangan virus dan penangannya juga perlu dilakukan dengan membaca literatur literatur kesehatan salah satunya Halodoc salah satu situs kesehatan paling populer dan terpercaya saat ini. Situs ini selalu memberikan informasi terkini tentang perkembangan virus corona cara mencegah dan penangannya. Tentunya ditengah tengah kondisi saat ini penting untuk mengakses informasi dari sumber yang terpercaya.

Vaksin Adalah Harapan

Pemerintah dengan berbagai upaya sesegera mungkin menemukan vaksin covid 19 bahkan pemerintah mengklaim akan menghadirkan vaksin dipenghujung tahun 2020. Tentunya ini bisa menjadi angin segar dan berharap benar benar terealisasi dengan segara. Karena jika berlarut larut dampak yang ditimbulkan tentunya akan semakin parah dalam berbagai bidang.

Sinergi lembaga lembaga kesehatan dengan pemerintah dalam menemukan vaksin tentunya patut diapresiasi agar penemuan ini bisa terealisasi dengan cepat. Dalam beberapa infomasi yang kami himpun beberapa vaksin covid 19 telah dilakukan uji klinis salah satunya vaksin surabaya

Tentunya kita harus lebih bersabar karena menemukan vaksin tidaknya semudah membalik telapak tangan. Vaksin yang ditemukan harus dilakukan uji klinis berkali kali untuk memastikan benar benar aman bagi tubuh manusia. Biayapun yang dibutuhkan tidaklah sedikit, oleh karenanya butuh kesadaran mayarakat untuk mendukung semua rencana pemerintah agar vaksin ini segera di temukan dan didistribusikan kepada masayarakat.

Akhir Kata

Lamanya wabah ini memang membuat lelah siapun utamanya mereka yang berdiri digarda terdepan yaitu para petugas kesehatan. Kita sebagai masyarakat harus mengapresiasi dan mendukung mereka dengan tidak menambah beban mereka menjadi korban covid 19. 

Disiplin menerapkan protokol kesehatan pada diri kita masing masing masing bisa menjadi vaksin sementara sebelum vaksin sebenarnya ditemukan. Gunakan masker, rajin cuci tangan dan jaga jarak harus menjadi kebiasaan saat ini. 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *