Mengapa Umat Islam Harus Membayar Zakat Mal ? Ini Alasannya

Zakat adalah sesuatu yang dapat menyucikan, yakni dapat membersihkan harta (zakat mal) dan menyucikan diri (zakat fitrah). Sebagaimana yang telah kita ketahui, zakat merupakan salah satu rukun islam yang wajib bagi kita untuk menunaikannya. Namun, untuk mengeluarkan zakat, seorang muslim harus memenuhi syarat wajib zakat. Jika di bahas serta di sebut dan jelaskan macam – macam zakat, ada dua macam zakat yaitu zakat mal dan zakat fitrah. Namun, disini kami akan menjelaskan tentang zakat mal.

Mengapa Umat Islam Harus Membayar Zakat Mal

Seorang muslim yang sudah berkecukupan, atau dalam bahasa lain mampu secara ekonomi.  Diwajibkan untuk menyisihkan sebagian hartanya untuk di zakatkan kepada orang – orang yang berhak menerimanya dan dengan aturan – aturan yang telah ditentukan oleh syarat. Baik disalurkan sendiri maupun melalui panitia zakat. Mengeluarkan zakat yang ditujukan kepada orang yang berhak menerimanya, bukanlah sesuatu yang dapat mengurangi harta kita. Melainkan hal tersebut dapat menambah serta membuat harta menjadi lebih berkah.

Mengapa Umat Islam Harus Membayar Zakat Mal ?

Mengapa umat islam harus membayar zakat mal? Ada banyak alasan untuk masalah yang satu ini. Selain yang telah kami jelaskan di atas masih banyak alasan lain, mengapa seorang muslim diwajibkan untuk membayar zakat mal. Berikut beberapa alasannya.

1. Zakat adalah salah satu penyempurna iman

Zakat adalah rangkaian tak terpisahkan dari ajaran islam. Itu mengartikan jika seseorang yang  enggan mengeluarkan zakat, maka tidak dijamin keamanan darah dan hartanya.

2. Zakat merupakan bentuk kepedulian kita terhadap sesama

Zakat hanya diwajibkan bagi orang muslim dan memenuhi syarat wajib zakat. Oleh sebab itu, sangat beruntung bagi orang yang dikarunia rizki yang begitu melimpah. Karena dengan kita mengeluarkan zakat, kita lebih peduli terhadap sesama.

3. Zakat dapat mendatangkan keberkahan

Zakat mal merupakan zakat yang dapat membersihkan harta kita. Hal tersebut akan berdampak terhadap hidup kita, yakni kehidupan yang berkah karena harta yang kita miliki adalah harta yang bersih dan suci. Pada hakikatnya zakat itu membersihkan serta menyucikan harta yang kita miliki.

4. Zakat dapat menambah harta

Secara logika memang harta yang kita keluarkan akan berkurang, bahkan ada sebagian orang berfikir jika hartanya tidak perlu dizakatkan karena alasan tersebut. Namun pada nyatanya semakin kita banyak mengeluarkan zakat, maka harta kita sealalu bertambah, bisnis semakin lancar dan berkembang. Hal itu disebabkan karena harta yang kita miliki bersih dan berkah. Oleh sebab itu, bezakatlah dengan hati yang ikhlas bukan karena pamer dan lainnya, agar apa yang kita lakukan tidak sia – sia.

Baca Juga : Penyebab Doa Tidak Dikabulkan Allah SWT

5. Mengeluarkan zakat akan jauh dari masalah

Salah satu penyebab mengapa usaha yang telah digelutinya selama beberapa tahun dan meraup keuntungan yang fantastis tiba tiba bangkrut atau dirampok adalah karena melalaikan zakat. Apa yang ada pada kita, sebagian adalah milik orang yang membutuhkan. Jadi, tunaikanlah zakat agar kehidupan dan usaha kita menjadi berkah.

Jenis Harta Yang Wajib Dikeluarkan Zakatnya 

Jenis Harta Yang Wajib Dikeluarkan Zakatnya

Nah, jenis harta apa saja yang wajib dizakatkan? Berikut adalah penjelasan jenis harta yang wajib dikeluarkan zakatnya.

1. Binatang ternak seperti, sapi, domba, unta, kerbau dan kambing
2. Hasil pertanian seperti, padi, gandum dll
3. Emas dan perak
4. Harta perniagaan.

Golongan Orang Yang Berhak Menerima Zakat

Golongan Orang Yang Berhak Menerima Zakat

1. Fakir, adalah orang yang tidak memiliki apa – apa, sehingga rang tersebut tidak mampu memenuhi kebutuhan pokok hidupnya.
2. Miskin, adalah orang yang memiliki harta, namun hartanya tidak bisa memenuhi kebutuhan dasar hidupnya.
3. Muallaf, adalah orang yang baru masuk islam, dan membutuhkan bantuan untuk menguatkan dalam tauhid dan syariah.
4. Amil, adalah orang yang bertugas mengumpulkan dan mendistribusikan zakat.
5. Gharimin, adalah orang yang berhutang demi kebutuhan hidup.
6. Hamba sahaya
7. Ibnu sabil, adalah orang yang kehabisan biaya dalam perjalanan ketaatan kepada Allah.
8. Fisabilillah, adalah orang yang berjuang di jalan Allah.

Baca Juga : Keutamaan Dan Manfaat Puasa Senin Kamis Dalam Islam

Mungkin selama ini kita bertanya – tanya mengapa kita harus mengeluarkan zakat untuk harta kita. Di zaman yang modern ini kita tidak hanya bisa mencari jawabannya lewat membaca buku atau yang lainnya, namun kita bisa memanfaatkan internet misalkan membuka situs ok google. Semoga penjelasan kami di atas bermanfaat dan Allah memudahkan kita untuk menunaikan zakat. Amin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.