Tips Cara Mendidik Anak Pada Usia Dini Dengan Menggunakan Metode Islami Agar Menjadi Anak Yang Shaleh

Tips Cara Mendidik Anak Pada Usia Dini Dengan Menggunakan Metode Islami Agar Menjadi Anak Yang Shaleh – Anak kecil ibarat kertas putih yang masih suci bersih tanpa noda apa pun. Jadi, tergantung kita sebagai orang tua yang ingin mengisi kertas yang masih bersih itu dengan isi yang bagaimana. Oleh sebab itu orang tua dituntut untuk cerdas dalam mendidik si buah hati. Pendidikan seperti apa yang mereka butuhkan agar menjadikannya anak yang sholeh ?

Tips Cara Mendidik Anak Pada Usia Dini Dengan Menggunakan Metode Islami Agar Menjadi Anak Yang Shaleh


Cara Mendidik Anak Sholeh Sejak Dini

Peran orang tua sangatlah penting bagi pembentukan karakter si kecil. sebelum anak sekolah hampir 24 jam waktu si kecil dihabiskan bersama keluarga. Ini menjadi pondasi awal untuk mendidiknya menjadi anak yang shaleh. Keadaan rumah pada saat itu sangat mempengaruhi terhadap karakter anak kelak dikemudian hari.

Tidak sedikit dari para orang tua yang tidak sabar dalam mendidik anak, bahkan mereka melakukan kekerasan dan meluapkan emosinya terhadap si kecil. pada hal yang demikian sangat dilarang dalam ajaran islam. Islam merupakan agama rohmatallil ‘alamin, yang artinya memberikan kasih sayang terhadap semua mahkhluk di dunia ini.

Ketika anak masih berusia 1 tahun lebih berilah contoh terhadap anak untuk melakukan hal yang positif. Misalkan, ajaklah anak untuk melakukan sholat, belikan peralatan sholat agar ia lebih bersemangat, dan juga selalu berprilaku baik dan menggunakan bahasa yang sopan, agar si kecil dapat mencontoh apa yang orang tua lakukan.

Dan ketika usia anak sudah beranjak 2 tahun atau lebih, sang buah hati sudah mulai berbicara, maka ajarkanlah kalimat – kalimat baik agar menjadi kebiasaan. Contoh, ajarkan dua kalimat syahadat, dan apabila terlalu panjang ajarkan kalimat lailahaillallah. Ajarkan juga cara berbicara yang sopan terhadap sesama baik itu pada orang tua, teman dan lingkungannya.

Baca Juga : Tips Mencari Sekolah Yang Terbaik Biar Gak Menyesal Dikemudian Hari

Setelah anak berusia 4 sampai 5 tahun, tentu anda sebagai orang tua akan sangat bangga terhadap tumbuh kembang anak yang sehat dan mulai masuk sekolah (PAUD) namun, pada saat itu tugas kita sebagai orang tua bertambah besar juga. Ketika anak sudah mulai sekolah anak akan mendapatkan banyak pelajaran yang positif dari sekolahnya, tapi dibalik itu anak juga akan gampang terpengaruh terhadap karakter teman – teman sekolahnya.

Dan kita tidak dapat memastikan karakter – karakter anak tersebut baik atau buruk. Oleh, karenanya peran orang tua di rumah sangatlah penting untuk mengarahkan pada sang buah hati mana prilaku dan ucapan yang dapat dicontoh atau tidak. Dan pada usia tersebut anak sudah mulai bandel, namun jangan sekali – kali membentak sang anak apalagi sampai mengatakan hal – hal yang sangat ekstrim seperti bodoh, nakal, kurang ajar dll. Karena yang demikian itu akan sangat mengganggu psikologi sang anak.

Selanjutnya ketika anak berusia 5 – 6 tahun, didiklah anak dengan penuh kasih sayang dan ajarkanlah terhadapnya untuk menjadi pribadi yang baik, tangguh dan mandiri. Mulai lah mengajari anak untuk makan sendiri, mandi sendiri, cara memakai baju sendiri dll. Selain itu, ajarkan juga bagaimana cara memaafkan dan cara berbagi terhadap sesama. Semakin tua usia anak, maka semakin beratlah peran kita sebagai orang tua, namun kerja keras itu akan terbayar pada saat anak menginjak dewasa dan karakter sudah terbentuk.

Nah, demikianlah tips cara mendidik anak usia dini. Mulailah kita mengajarkan agama sejak dini agar kelak dewasa anak kita tidak tergolong pada anak – anak yang haus akan ajaran agama. Dan tidak terjerumus terhadap pada sesuatu yang haram seperti narkoba, minuman keras, pembunuhan dll. Akhir kata sebagai artikel yang telah kami tulis memberikan manfaat terhadap semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *